Kastel Hochosterwitz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Burg Hochosterwitz)
Hochosterwitz
Sankt Georgen, Kärnten, Austria

Pemandangan kastil
Jenis Kastil batu
Dibangun c. 860
Pembangun Dinasti Osterwitz
Tinggi 664m.
Kondisi
saat ini
Direstorasi
Pemilik
saat ini
Keluarga bangsawan Khevenhüller
Dibuka
untuk umum
April–Oktober

Kastil Hochosterwitz (Jerman: Burg Hochosterwitz, bahasa Slovenia: Grad Ostrovica) adalah sebuah kastil abad pertengahan yang terletak di Austria. Kastel ini terletak di atas sebuah batu Dolomit setinggi 172 m di dekat Sankt Georgen am Längsee di sebelah timur kota Sankt Veit an der Glan di Kärnten.

Hochosterwitz terletak di ketinggian 664 m di atas permukaan laut.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tempat ini telah menjadi situs permukiman semenjak Zaman Perunggu dan keberadaan batu ini sendiri pertama kali disebutkan dalam sebuah dokumen dari tahun 860 yang dikeluarkan oleh Ludwig si Jerman, Raja Francia Timur, yang menyumbangkan beberapa harta bendanya di bekas wilayah Karantania kepada Uskup Agung Salzburg. Batu ini lalu dinamai ‘Astarwiza’[2] yang merupakan nama Slavia. Tempat ini dikuasai oleh Salzburg hingga abad ke-11 ketika Uskup Agung Gebhard dari Salzburg memutuskan untuk menyerahkan kastel ini kepada keturunan Graf Siegfried dari Sponheim sebagai balas jasa atas dukungan mereka selama Kontroversi Penahbisan. Setelah cucu Siegfried yang bernama Heinrich IV menjadi Adipati Kärnten pada tahun 1122, penguasa Sponheim dapat melepaskan diri dari cengkeraman Salzburg.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • de Fabianis, Valeria, ed. (2013). Castles of the World. New York: Metro Books.  ISBN 978-1-4351-4845-1
  • Kohla, Franz X; Gobert Moro (1976). Carinthian castle information (dalam bahasa German). Klagenfurt. 
  • Khevenhüller-Metsch, Georg (2001). Max Khevenhüller-Metsch, ed. Castle Hochosterwitz. Klagenfurt: Carinthian Bogendruck. 
  • Moro, Gobert (1966). "The Province of Carinthia, historical survey". Handbook of the historical places of Austria. Stuttgart.