Bunga tongkol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
1. Daun dan Perbungaan Arum maculatum, 2. Batang bawah tanah, 3. Bagian bawah spathe dipotong terbuka, 4. Lonjakan buah - menunjukkan bunga betina, bunga jantan, dan bunga mandul secara berurutan (dari bawah) membentuk cincin rambut yang ditanggung pada bunga tongkol.
Diagram bunga tongkol

Dalam botani, bunga tongkol atau spadiks adalah jenis perbungaan yang memiliki bunga kecil yang ditanggung pada batang berdaging. Bunga tongkol merupakan ciri khas dari famili Araceae, yaitu arum atau aroid. Bunga tongkol biasanya dikelilingi oleh daun pelindung melengkung seperti daun yang dikenal sebagai seludang . Misalnya, "bunga" dari Anthurium spp. adalah tongkol khas dengan seludang besar berwarna-warni.

Pada jenis perbungaan ini, ibu tangkainya ebal, panjang dan berdaging, memiliki bunga uniseksual sessile kecil yang ditutupi dengan satu atau lebih daun pelindung besar berwarna hijau atau berwarna-warni (spathe). Perbungaan spadix ditemukan di talas-talasan, aroids, jagung dan palem (palem memiliki bunga tongkol majemuk).

Aroid berumah satu memiliki bunga jantan dan betina berkelamin tunggal pada individu yang sama dan bunga tongkol biasanya tersusun dengan bunga betina di bagian bawah dan bunga jantan di bagian atas. Biasanya, kepala putik tidak lagi reseptif ketika serbuk sari dilepaskan yang mencegah pembuahan sendiri.

Dalam perbungaan bunga tongkol majemuk, sumbu bercabang. Biasanya seluruh perbungaan ditutupi tudung kaku berbentuk perahu, misalnya kelapa (enau).

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]