Bunga tasbih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Kana
Bunga tasbih berwarna kuning (Canna lily)
Bunga tasbih berwarna kuning (Canna lily)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Zingiberals
Famili: Cannaceae
Genus: Canna


Bunga tasbih adalah tanaman yang tergolong tanaman luar dengan nama latin Canna lily. Tanaman ini biasanya tumbuh di hutan dan pegunungan walau tak jarang dijadikan tanaman hias di pekarangan dan taman kota, karena memiliki bunga yang mempesona. Dan teryata dibalik pesona aneka warnanya bunga kana memiliki daya penyembuhan yang luarrr biasa. Bunga kana atau bunga tasbeh berasal dari daerah tropis benua Amerika. Tumbuhan ini mampu hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Tumbuhan ini tumbuh besar, tegak, dengan tinggi mencapai dua meter. Tanaman ini memiliki rimpang tebal menyerupai ubi. Daunnya besar dan lebar, menyirip jelas. Warnanya hijau atau merah tengguli. Bunganya besar dengan warna-warna cerah, seperti merah, merah muda, dan kuning yang tersusun dalam bentuk tandan.

Untuk memperbanyak Kana, cukup mencabut gerombolan Kana (mereka tumbuhnya suka bergerombol), kemudian pisahkan bonggolnya dan bisa langsung tanam ditempat yang baru. Biasanya rendam dulu dua atau tiga hari di ember yang diisi air hingga mencapai batasan di atas umbinya (rhizomes), baru dipindahkan . Bunga Kana menyukai sinar matahari dan tanah yang lembap kearah basah. Di Indonesia, Kana ditanam sebagai tanaman air di dalam kolam. Kana di Australia tahan terhadap udara panas yang kadang kadang cukup ekstrim, tetapi tidak menyukai udara dingin sama sekali. Juga siput (snail) adalah musuh utama Kana karena mereka suka memakan daunnya. Keindahan bunga Canna ini telah membawa kepada banyak jenis kacukan atau hybrids dan kultivar yang amat susah hendak menentukan nama atau spesiesnya.

Manfaat[sunting | sunting sumber]

Tanaman ini di Australia dikenal sebagai penghasil tepung. Rasa rimpang yang manis dan bersifat sejuk menjadikan umbinya sebagai penyejuk, pereda demam, peluruh kencing, penenang dan menurunkan tekanan darah. Sedangkan bunganya bersifat hemostatis. Sedangkan daunnya mengandung tannin dan sulfur. Dan menurut Yellia Mangan seorang herbalis di Jakarta rimpang bunga tasbeh ini lebih baik dari pada daun sirih untuk menghilangkan keputihan.

Nama lokal[sunting | sunting sumber]

  1. hosbe (Batak)
  2. ganyong hutan (Melayu)
  3. ganyong wana, g. alas, sebe, sebeh, tasbeh, ganyol leuweung (Sunda)
  4. kembang gedang, puspa midra, p. nyidra (Jawa)
  5. tasbhi (Madura)
  6. milu-milu (Bali)
  7. kela, kontas, tuis im tasic, totombe, wuro (Minahasa)
  8. bunga tasebe (Makasar & Bugis)
  9. tasupe (Ternate)

Prana luar[sunting | sunting sumber]