Satelit Mars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bulan Mars)
Langsung ke: navigasi, cari
Foto Phobos diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter pada 23 Maret 2008.
Foto Deimos diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter pada 21 Februari 2009

Mars memiliki 2 satelit alami kecil, Phobos dan Deimos, yang pada awalnya dikira sebagai asteroid

Kedua satelit ditemukan pada tahun 1877 oleh Asaph Hall, kedua satelit ini dinamakan sesuai dengan karakter Phobos (kepanikan/ ketakutan) dan Deimos (teror) ,yang pada Mitologi Yunani, menemani ayah mereka Ares, dewa perang, ke peperangan. Ares diketahui sebagai Mars dalam peradaban Romawi Kuno.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penemuan satelit Mars, Phobos dan Deimos, terjadi di 1877 ketika ahli astronomi asal Amerika Serikat bernama Asaph Hall, Sr. mengidentifikasi setelah pencarian lama, walaupun keberadaannya pernah di spekulasi sebelumnya.

Spekulasi Awal[sunting | sunting sumber]

Kemungkinan tentang adanya satelit Mars telah dispekulasi sebelum penemuan oleh Hall. Ahli astronomi Johannes Kepler (1571 - 1630) bahkan telah memprediksi nomor mereka dengan tepat, walaupun dengan logika yang salah : dia menulis bahwa jika Jupiter memiliki empat satelit yang diketahui dan Bumi memiliki satu, itu secara alamiah bahwa Mars seharusnya memiliki dua.

Mungkin diinspirasi oleh Kepler, sindiran Jonathan Swift, Perjalanan Gulliver (1726) merujuk ke dua satelit di dalam bagian ke 3, bab ke 3 ("Perjalanan ke Laputa"), dimana para ahli ilmuan dari Laputa dideskripsikan menemukan dua satelit Mars yang mengorbit pada jarak 3 dan 5 diameter Mars, dan dengan periode 10 dan 21,5 jam. Ini terkait dengan jarak orbit dan periode nyata dari Phobos dan Deimos masing- masing dengan 1,4 dan 3,5 diameter Mars ,dan 7,6 dan 30,3 jam. Prediksi Swift dinyatakan sebagai kebetulan karena tidak ada teleskop di kehidupan Swift yang mampu menemukan satelit. Cerita pendek Voltaire pada tahun 1750 Micromégas, tentang kunjungan alien ke Bumi, juga merujuk ke dua satelit dari Planet Mars. Cerita pendek Voltaire diyakini dipengaruhi oleh Swift. Dari pengakuan 'prediksi' tersebut, dua kawah di Deimos dinamakan Swift dan Voltaire

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Asaph Hall, penemu 2 satelit Mars
Teleskop yang digunakan untuk menemukan satelit Mars

Hall menemukan Deimos pada 12 Agustus, 1877 sekitar 07:48 UTC dan Phobos pada 18 Agustus, 1877, pada Observatorium angkatan laut Amerika Serikat di Washington, DC, sekitar 09:14 GMT (sumber kontemporer, dengan menggunakan pra-konvensi astronomi 1925 yang dimulai pada siang hari, yang memberikan waktu penemuan sebagai 11 Agustus, 14:40 dan 17 Agustus 16:06 masing-masing Waktu lokal Washington). Pada saat itu, ia sengaja mencari satelit Mars. Hall sebelumnya melihat adanya satelit Mars pada 10 Agustus, namun karena cuaca buruk, ia tidak dapat mengidentifikasi mereka dengan definitif sampai nanti.

Hall itu merekam penemuan Phobos di buku catatan sebagai berikut:

Saya mengulang pemeriksaan pada awal bagian dari malam 11 Agustus, dan tidak ditemukan lagi, tapi saya mencoba lagi beberapa jam kemudian saya menemukan objek kusam berikut di sisi dan sedikit ke utara dari planet. Aku baru saja kehabisan waktu untuk mengamankan pengamatan yang posisinya ketika kabut dari sungai berhenti. Hal ini terjadi pada jam dua setengah pada malam hari pada 11 Agustus. Cuaca berawan terjadi beberapa hari.
Pada tanggal 15 Agustus cuaca terlihat lebih menjanjikan, saya tidur di Observatorium. Langit telah dihapus dengan hujan badai pada tanggal 11 dan pencarian dilanjutkan. Namun atmosfer yang ada dalam kondisi sangat buruk dan Mars sangat terik dan tidak stabil tidak ada objek yang dapat dilihat, yang kita tahu sekarang adalah pada saat itu begitu dekat planet akan kelihatan transparan.
Pada 16 Agustus objek ditemukan lagi di samping planet, dan observasi malam itu menunjukkan bahwa ia bergerak dengan planet, dan jika satelit, adalah salah satu di dekat pemanjangan. Sampai saat ini saya tidak pernah mengatakan kepada siapapun di Observatorium bahwa saya mencari satelit di Mars, tetapi setelah meninggalkan observatorium ini pada tanggal 16. Observasi, sekitar jam tiga di pagi hari, saya memberitahu asisten saya, George Anderson , kepada siapa saya harus menampilkan objek tersebut, yang saya pikir saya telah menemukan satelit di Mars. Dia juga mengatakan kepada saya untuk tetap tenang karena saya tidak ingin berkata apa-apa sampai hal itu terbukti dengan pasti. Ia tidak berkata apa-apa, tapi hal itu terlalu baik untuk menjaga dan saya membiarkan hal itu keluar dengan sendirinya. Pada 17 Agustus antara jam satu dan dua, ketika saya telah mengurangi pengamatan saya, Profesor Newcomb datang ke kamar saya untuk makan siang itu dia dan saya menunjukkan langkah-langkah saya tentang objek kusam dekat Mars yang terbukti mengelilingi planet itu.
Pada tanggal 17 Agustus ketika menonton dan menunggu bagian luar satelit, bagian dalamnya telah ditemukan. Dari pengamatan tanggal 17 & 18 menempatkan dengan pasti karakter ini objek, dan penemuan itu diumumkan ke publik oleh Admiral Rodgers.

Nama, awalnya masing-masing dieja Phobus dan Deimus, yang diusulkan oleh Henry Madan (1838-1901), Master of Science Eton, dari Buku Ke 16 dari Iliad , di mana Ares dan bertakwalah ;;Fear and Fright.

Survei barusan[sunting | sunting sumber]

Pencarian yang telah dilakukan untuk tambahan satelit. Baru-baru ini, Scott S. Sheppard dan David C. Jewitt yang disurvei Hill Sphere dari Mars untuk satelit yang tidak umum. Pencarian itu meliputi hampir seluruh Hill sphere, tetapi sebaran cahaya Mars dikecualikan dari dalam arcminutes di beberapa tempat dimana satelit Phobos dan Deimos berada. Tidak ada satelit baru yang ditemukan yang jelas untuk membatasi besarnya dari 23,5 jarak merah, yang berkaitan dengan radii sekitar 0,09 km menggunakan albedo dari 0,07.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Jika dilihat dari permukaan Mars yang dekat dengan khatulistiwa, tampak penuh Phobos sekitar sepertiga besar satelit Bumi. Phobos memiliki diameter pancung antara 8 ' (rising) dan 12' (overhead). Akan terlihat lebih kecil jika pengamat jauh dari khatulistiwa-nya Mars, dan benar-benar tidak kelihatan (selalu melampaui cakrawala) dari kutub es Mars. Deimos terlihat lebih terang seperti bintang atau planet untuk pengamat di Mars, hanya sedikit lebih besar dari Venus jika terlihat dari Bumi, dengan memiliki tajam diameter sekitar 2 '. The Sun's diameter tajam seperti yang terlihat dari Mars, dengan kontras, sekitar 21 '. Dengan demikian tidak ada Gerhana Matahari total pada Mars, karena satelit Mars terlalu kecil untuk menutupi Matahari. Di sisi lain, Gerhana Bulan dari Phobos sangat umum, terjadi hampir setiap malam.

Gerakan dari Phobos dan Deimos akan tampak sangat berbeda dengan Bulan kita sendiri. Phobos yang cepat, terbit di wilayah barat, tenggelam di sebelah timur, dan terbit lagi dalam sebelas hari, sedangkan Deimos, yang hanya berada di luar orbit sinkronis, seperti yang diharapkan terbit di timur tetapi sangat lambat. Walaupun waktu orbitnya 30 jam, dibutuhkan 2,7 hari untuk tenggelam di sebelah barat sampai perlahan tenggelam di belakang rotasi dari Mars, dan membutuhkan waktu lama lagi untuk terbit.

Kedua satelit adalah terkunci secara pasang, selalu memasang wajah yang sama terhadap Mars. Sejak Phobos mengorbit Mars lebih cepat daripada planet berputar itu sendiri, adalah kekuatan pasang perlahan tapi terus menurun dengan radius orbital. Di beberapa titik di masa depan, jika pendekatan dengan Mars cukup dekat (lihat batas Roche), Phobos akan rusak oleh tenaga pasang. Beberapa hubungan dari kawah di permukaan Mars, cenderung jauh dari khatulistiwa yang tua mereka, menunjukkan bahwa ada mungkin telah ada satelit kecil lainnya yang mengalami nasib yang diharapkan dari Phobos, dan juga bahwa kerak Mars bergeser secara keseluruhan antara kejadian ini. Deimos, di sisi lain, cukup jauh dimana edarannya sedang perlahan didukung, seperti dalam kasus kita sendiri (Bulan).