Buchnera americana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Buchnera americana
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
B. americana
Nama binomial
Buchnera americana

Buchnera americana, atau yang sering dikenal sebagai Hatibiru Amerika, atau sebagai bupleurum, adalah tanaman yang hampir punah dan biasanya ditemukan di Amerika dan sekitar Provinsi Ontario di Kanada.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Buchnera americana ditemukan mekar sepanjang tahun tetapi puncak bunga ungu muncul di antara bukan Juni dan September.[1] Selama sisa bulan setahun, bunga itu masih dianggap hidup walaupun daun bunganya menggelap dan mengering.[2] Tumbuhan ini merupakan bunga yang abadi yang memiliki rizhoma bawah tanah dan batang yang berada ditanah. Batang itu biasanya memiliki trikoma (rambut kecil seperti proyeksi) yang melindunginya, dan dapat tumbuh di mana pun dengan panjang 40 cm sampai 80 cm. Bentuk daun berkembang dengan corak yang berlawanan, yang berarti daun itu tumbuh berpasang-pasangan, tumbuh tepat di berlawanan dari satu sama lain. Bunga dari Buchnera americana adalah dicot ungu muda. Buah yang dihasilkan merupakan ungu tua dan dari kapsulnya yang memiliki panjang 7mm.

Penyebaran dan habitat[sunting | sunting sumber]

Tempat yang biasa untuk mencari hatibiru ini berada di Missouri dan Tennesse dimana sangat melimpah karena lingkungan yang lembap yang memungkinkan bunga ini untuk tumbuh dan hidup. di Amerika bunga ini terdapat di 11 negara bagian dari Ohio sampai Georgia. Bunga ini juga dapat ditemukan di sebelah tenggara Ontario yang berlokasi secara spesifik di Danau Huron dengan radius 10 km di danau itu.[3]

Buchnera americana paling banyak ditemtukan di tepi dari tempat basah, di batu kapur, rerumputan, tanah berpasir, dan dihutan terbuka.[3] Seringkali membentuk hubungan hemiparastik dengan pohon (banyak macam dari pohon), dengan menempelkan dirinya sendiri pada sistem akar.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Buchnera americana sampai saat ini belum ditemukan kegunaanya pada tujuan pengobatan apapun bagaimanapun penelitian tetap berlanjut. Fitur yang paling berbeda dari tumbuhan ini adalah dia dapat menempel dengan yang lain yang berarti dia tetap pada satu tempat selama pertumbuhannya. Ini menjadi keuntungan dengan tumbuhan vaskular dikarenakan faktanya dia dapat meningkatkan jumlah sinar matahari untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya dan dapat mengubah tinggi dan lebarnya untuk lebih mudah mencari makanan dan mangsa.[4] Juga tumbuhan ini sangat disukai oleh lebah, kupu-kupu, dan burung.[5]

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Hatibiru atau Bluehearts di Kanada hanya dapat ditemukan di Provinsi Ontario dengan jangkauan 10 km dari garis pantai Danau Huron di Ontario tenggara.[3] hanya enam populasi yang ada dan mereka dipertimbangkan sebagai tumbuhan yang hampir punah secara provinsi dan nasional.[3] Bluehearts juga ditemukan di 11 negara bagian di Amerika dari Ohio dan Indiana sampai Georgia dan Missouri.[3] secara negara bagian tumbuhan ini dirangkingkan dari S1 sampai S5 menurut derajat dari peristiwa: S1 merupakan sangat jarang terlihat dan S5 dianggap aman. Di Georgia dan Virginia bluehearts didaftarkan sebagai S1; didaftarkan S2 di Ohio dan Texas; S3 di Illionis, Kansas, Tennessee, dan bagian dari Kentucky; dan S4 di Arkansas, Missouri dan bagian dari Kentucky.[3]

Di Ontario habitat asli mereka sekarang dirusak karena pembangunan perumahan, perpondokan, dan area rekreasi, seperti taman dimana bunga ini dipijak dan diambil.[3] DiAmerika Bluehearts hidup di habitat rerumputan dimana api menjadi gangguan yang pasti ada untuk menyebarkan benih dan pertumbuhan dari tumbuhan lain,[3] dan itu merugikan bluehearts. Sejak siklus pembakaran terjadi selama 3-4 tahun di Indiana, Illinois, Missouri, dan Ohio. Bluehearts sangat terpengaruh dengan kehilangan habitat di area ini di Amerika.[3]

Kepentingan ekologikal[sunting | sunting sumber]

Bluehearts merupakan semiparasit, yang berarti mereka dapat tumbuh secara independen tanpa memerlukan inang tetapi tumbuh dengan kuat jika memiliki inang. Mereka menempelkan diri pada inang mereka dengan akar parasit yang disebut haustorial. Selama kondisi yang tertekan (seperti masa kemarau), bluehearts dapat meningkatkan efek parasit mereka pada titik dimana kelompok mereka dalam jumlah yang besar dapat merusak pepohonan yang kecil. Pohon inang yang biasa digunakan oleh Bluehearts adalah Pohon Ek Putih, Pohon Pinus Putih, Pohon Abu hijau, dan Pohon kapas.[6] Ulat buckeye juga merupakan makanan umum bagi blueheart.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Missouri Plant Company. "Buchnera americana". Diakses tanggal 20 October 2011. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ Brown, Addison H. (1970) [1913]. Illustrated Flora of the Northern United States and Canada. 3. Dover Publications, New York. hlm. 205. 
  3. ^ a b c d e f g h i Brownell, V.R. 1998. Update COSEWIC status report on the bluehearts Buchnera americana in Canada, in COSEWIC assessment and update status report on the bluehearts Buchnera americana in Canada. Committee on the Status of Endangered Wildlife in Canada. Ottawa. 1–15 pp.
  4. ^ University of Maryland. "Adaptations to Sessility". Dept of Geology. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-27. Diakses tanggal 1 December 2011. 
  5. ^ a b Gann, G.D., M.E. Abdo, J.W. Gann, G.D. Gann, Sr., S.W. Woodmansee, K.A. Bradley, E. Grahl and K.N. Hines. (2011). "Natives for Your Neighbourhood: American bluehearts". Miami, Florida: The Institute for Regional Conservation. Diakses tanggal 22 December 2011. 
  6. ^ Musselman, L.J. (1977). "Host Plants of some Rhinanthoideae (Scrophulariaceae) of Eastern North America". Plant Systems Evolution. 127: 45–53.