Bubut alang-alang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bubut Alang-alang)
Bubut alang-alang
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. bengalensis
Nama binomial
Centropus bengalensis
Gmelin, 1788

Bubut alang-alang (bahasa Latin = Centropus bengalensis) adalah spesies burung dari keluarga Cuculidae, dari genus Centropus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat, laba-laba, belalang, serangga lain dan memiliki habitat di belukar, payau, daerah berumput terbuka serta padang alang-alang, tersebar sampai ketinggian 1.000 m dpl, jarang sampai 1.500 m dpl.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Tubuh bubut alang-alang dapat tumbuh hingga mencapai 42 cm tetapi ukuran tubuhnya lebih kecil dibandingkan dengan bubut besar. Warna tubuh bubut alang-alang ialah coklat kemerahan dan hitam dengan warna yang suram dan tampak kotor. Bubut alang-alang memiliki ekor yang panjang. Tubuh bubut alang-alang memiliki mantel bulu berwarna coklat yang pucat dengan sedikit bulu berwarna hitam.[1]

Burung remaja umumnya memiliki tubuh berwarna coklat muda bergaris-garis.[2]Bulu dengan pola warna peralihan umum ditemukan. Iris berwarna hitam, paruh hitam, kaki hitam. Burung ini mencari makan ditanah, dan umumnya bersembunyi di semak belukar. Terbang jarak pendek dengan mengepak-ngepak pendek di atas vegetasi. Sering berjemur di tempat terbuka pada pagi hari atau setelah hujan.

Sarang bubut alang-alang berbentuk bola rumput tersembunyi dekat permukaan tanah, di antara batang rumput tinggi.

Bubut alang-alang memiliki telur berwarna putih, dengan jumlah 2-4 butir. Berbiak bulan November, Januari, Maret-Juli.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • India, Cina, Asia tenggara, Filipina.
  • Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Budiman, M. Asyief Khasan (2017). Burung-Burung di Kawasan Konservasi Pulai Gading JOB Pertamina - Talisman Jambi Merang Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Jakarta Selatan: PT Indocarbon Nusantara. hlm. 31–32. ISBN 978-602-50308-0-2. 
  2. ^ Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 58.