Buaran, Pekalongan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Buaran
Peta lokasi Kecamatan Buaran
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPekalongan
Pemerintahan
 • CamatSupriyanto, S.IP., MS.i
Populasi
 • Total49,084 jiwa (2.013) jiwa
Kode Kemendagri33.26.14
Kode BPS3326140
Luas9,54 km²
Desa/kelurahan10

Buaran (Jawa: ꦧꦸꦮꦫꦤ꧀, translit. Buwaran) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar 17 Km dari ibu kota Kabupaten Pekalongan ke arah timur laut melalui Bojong. Pusat pemerintahannya berada di Desa Wonoyoso. Kecamatan Buaran merupakan kecamatan dengan luas wilayah terkecil dan terpadat di Kabupaten Pekalongan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Buaran merupakan salah satu wilayah dari 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan, terletak pada dataran rendah Pulau Jawa di antara 109 0 - 110 0 BT dan 6 0 – 7 0 LS. Luas Wilayah Kecamatan Buaran km² terdiri dari 3 kelurahan dan 7 desa, 41 dusun, 82 RW dan 235 RT. Letak Posisi Kecamatan Dataran Rendah Tinggi dari permukaan laut 24 m dpl. Dengan tingkat / intensitas curah hujan sedang.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Kota Pekalongan
Timur Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang
Selatan Kecamatan Kedungwuni dan Kecamatan Karangdadap
Barat Kecamatan Tirto

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Jumlah Penduduk Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan sampai dengan data akhir bulan Juni tahun 2013 sebanyak 49.084 jiwa terdiri dari laki - laki 24.734 jiwa dan perempuan 24.350 jiwa. Masyarakat Kecamatan Buaran merupakan masyarakat agamais, di mana sebagian besar penduduk beragama islam dengan tingkat ketaatan hukum agama sangat tinggi. Disamping itu Kecamatan Buaran merupakan masyarakat yang dinamis di mana mayoritas penduduk bermata pencaharian pada industri pengolahan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]