Buahan Kaja, Payangan, Gianyar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Buahan Kaja)
Langsung ke: navigasi, cari
Buahan Kaja
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Bali
Kabupaten Gianyar
Kecamatan Payangan
Kodepos 80572

Desa Buahan Kaja adalah salah satu desa di Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar. Desa Buahan Kaja ada semenjak diadakannya pemekaran dari desa induk yaitu Desa Buahan pada tanggal 26 Oktober 1993 dimana disyahkan statusnya Desa Buahan Kaja sebagai Desa Difinitif sejak Tanggal 28 Ferbruari 1996. Mengenai sejarah Desa Buahan Kaja mempunyai keterkaitan dengan Desa Buahan oleh karena Desa Buahan Kaja merupakan pemekaran dari Desa Buahan. Secara fakta sampai saat ini belum diketauhi dengan pasti kapan sesungguhnya adanya Desa Buahan. Nama Buahan Kaja diambil dari nama Desa induknya yaitu Desa Buahan yang dimekarkan menjadi dua dan dari geografis berposisi disebelah utara maka desa Buahan sebelah utara disebut dengan Desa Buahan Kaja.
Desa Buahan Kaja pada awalnya meliputi 6 banjar Dinas yaitu:
1. Banjar Dinas Selat
2. Banjar Dinas Majangan
3. Banjar Dinas Tengipis
4. Banjar Dinas Singeperang
5. Banjar Dinas Gata
6. Banjar Dinas Pausan
Selain banjar dinas tersebut diatas Desa Buahan Kaja mempunyai 2 tempekan yang tergabung dengan Banjar Dinas Manjangan yaitu:
1. Tempekan Bada
2. Tempekan Sriteja
Dengan pesatnya perkembangan penduduk di masing-masing tempekan tersebut akhirnya tempekan tersebut saat ini sudah menjadi banjar Dinas Persiapan.
Potensi Desa
Desa Buahan Kaja membujur dari arah Utara ke Selatan mauang berdakatan dengan sungai Ayung disebelah Timur dan sebelah Barat sungai Ayung, dengan luas welayah : 10,75 Km, dengan batas-batas Desa sebagai berikut:
• Sebelah Utara : Desa Langgahan, Kecamatan Kintamani
• Sebelah Selatan : Desa Buahan, Kecamatan Payangan
• Sebelah Barat : Desa Belok dan Desa Petang, Kecamatan Petang (Sungai Ayung)
• Sebelah Timur : Desa Kerta, Kecamatan Payangan (Sungai Ayung)

Dari Aspek fungsi lahan, wilayah Desa Buahan Kaja terdiri dari:
• Luas Pemukiman : 44,60 ha/m2
• Persawahan : 317,17 ha/m2
• Perkebunan : 610,60 ha/m2
• Kuburan : 4,45 ha/m2
• Perkantoran : 0,93 ha/m2
• Prasarana Umum lainnya : 97,25 ha/m2


Desa Buahan Kaja memiliki arial hutan 12,70 yang tersebar dipinggiran sungai ayung yang ditanami pohon albesia, jati dan taep sehingga dapat berfungsi sebagai arial konservasi alam dan hutan. Tanah-tanah di Desa Buahan Kaja cukup subur dan cocok ditanami berbagai jenis tanaman. Secara Geografis Desa Buahan Kaja terletak pada 8o 19” 4” sampai dengan 8o 29” 38” sampai dengan 115o 15” 18”8 sampai dengan 115” 19”40,8 Bujur timur seperti desa-desa lain di wilayah Kecamatan Payangan, Desa Buahan Kaja termasuk dataran tinggi ketinggian 600 sampai dengan 700 mdl dari permukaan air laut dan beriklim tropis, dimana sepanjang tahun mendapatkan curah hujan 200Mm. Untuk tahun 2006 Di Desa Buahan Kaja mendapat jumlah bulan hujan 6 bulan suhu rata-rata harian 25 – 32 oC, sedangkanuntuk tahun 2007 curah hujan di Desa Buahan Kaja tidak berubah sama dengan tahun 2006. Hampir setiap tahun curah hujan besar terjadi sekitar bulan Nopember sampai dengan bulan Maret