Kumkuat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Buah Kumquat)
Kimkit
Daun dan buah kimkit malaya
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Subgenus:
Fortunella

(Swingle) Burkill
Species

Lihat teks

Kumkuat atau kimkit (Hanzi: 金橘) adalah pohon renek atau pokok kecil yang lama tumbuh dan malar hijau, dari tinggi 2,5–4,5 meter, berdahan tebal, kadang-kadang berduri halus. Daunnya hijau tua berkilat, dan bunganya putih tulen, serupa dengan bunga sitrus lain, berbuah satu-satu atau secara berkelompok dalam ketiak daun.

Buah kumkuat berasal dari Tiongkok (disebut dalam sastra sejak abad ke-12), dan ditanam di sana dan di Jepang sejak sekian lama. Buah ini diperkenalkan ke Eropa pada tahun 1846 oleh Robert Fortune, seorang pengumpul untuk Persatuan Hortikultur London, dan tidak lama kemudian ke Amerika Utara. Mula-mulanya digolongkan dalam Citrus, limau ini dipindahkan ke genus Fortunella pada tahun 1915, tetapi penelitiam seterusnya (Burkill 1931, Mabberley 1998) mendukung kembalinya Kumkuat ke Citrus.

Kini diterima empat atau lima spesies:

  • Citrus crassifolia (syn. Fortunella crassifolia) - Kumkuat meiwa. Biasanya dimakan segar, tanpa mengupas kulitnya, dan jarang dimasak.
  • Citrus hindsii (syn. Fortunella hindsii) - Kumkuat hong kong
  • Citrus japonica (syn. Fortunella japonica, C. margarita, F. margarita) - Kumkuat marumi atau nagami. Masam, dihargai karena tetap segar di pohon lebih lama, biasanya dimasak atau dikupas.
  • Citrus obovata (syn. Fortunella obovata) - Kumquat jiangsu atau fukushu
  • Citrus polyandra (syn. Fortunella polyandra) - Kumquat malaya

Pohon kumkuat mudah bercampur dengan ahli-ahli lain dalam genus Citrus dan dengan Poncirus yang rapat pertaliannya. Campuran-campuran ini dikenal sebagai Citrofortunella; contoh-contohnya termasuk limequat, orangequat, dan calamondin.

Dari luar, buah kumkuat menyerupai biji jeruk yang bujur, panjangnya 3–5 sentimeter dan lebarnya 2–4 sentimeter. Bergantung kepada jenisnya, warna kulitnya antara kuning hingga merah. Kumquat nagami berbentuk bujur, sementara kumkuat marumi bulat.

Buah kumkuat lazimnya bermusim dari lewat musim gugur hingga pertengahan musim sejuk, dan didapat dalam kebanyakan pasar makanan dengan hasil-hasil pertanian lain.