Bu Tinah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Foto udara pulau Bu Tinah di lepas pantai barat Abu Dhabi

Bu Tinah (Arab: بوطينة, Būṭīnah, pelafalan [ˈbuːtˤiːnæ]) adalah kepulauan kecil di tengah formasi karang yang luas dan padang lamun yang terletak sekitar 25 km selatan Zirku dan 35 km di utara Marawah, Uni Emirat Arab.[1] Terletak di perairan Abu Dhabi, kawasan ini dilindungi sebagai cagar alam pribadi. Pulau Bu Tinah, kaya akan keanekaragaman hayati, terletak di dalam Cagar Biosfer Laut Marawah dengan luas lebih dari 4.000 km2. Cagar biosfer ini adalah cagar biosfer laut pertama dan terbesar yang ditetapkan UNESCO di kawasan ini. Daerah ini telah menjadi situs UNESCO yang diakui sejak tahun 2001.[2] Daerah ini ditutup untuk pengunjung, selain itu terdapat larangan memancing dan mengumpulkan telur penyu di Pulau Bu Tinah; larangan itu ditegakkan dengan patroli. Sebuah Badan Lingkungan Hidup-Stasiun Ranger Abu Dhabi terletak di pulau itu.

Bu Tinah sebenarnya adalah gugusan pulau dan beting, bergabung dan hampir menyatu di perairan rendah, dengan ketinggian tidak lebih dari dua atau tiga meter di atas permukaan laut. Pulau utama memiliki pembukaan laguna terlindung di selatan dengan lingkungan yang memungkinkan tegakan bakau dewasa untuk berkembang. Bahkan burung-burung seperti kormoran Socotra ditemukan di sini. Ada juga habitat terumbu karang yang dengan sebanyak 16 jenis karang tercatat di daerah tersebut. Perairan Teluk Persia termasuk yang paling asin di dunia, serta di antara yang terpanas. Karang hidup di air dengan suhu antara 23 °C dan 28 °C tetapi di UEA suhu air mencapai 35 °C di musim panas.

Habitat Bu Tinah merupakan laboratorium hidup yang unik, yang menjadi lokasi penelitian penting mengenai perubahan iklim. Habitat alami yang khas ini dengan perairannya yang dangkal, padang lamun, dan hutan bakau yang tinggi, terletak di tengah terumbu karang yang luas, menampung kehidupan laut yang langka dan terancam punah secara global. Burung laut seperti flamingo dan osprey, beragam spesies lumba-lumba, dan penyu sisik yang langka ditemukan di Bu Tinah. Perairan pulau ini juga merupakan rumah bagi populasi dugong terbesar kedua di dunia, mamalia laut besar yang terancam secara global. Sekitar 600 dari perkiraan 3.000 duyung di negara itu hidup di perairan sekitar Bu Tinah dan makhluk itu terdaftar sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan oleh IUCN. Sumber daya alam yang berharga ini adalah bagian dari kawasan lindung terbesar di Abu Dhabi. Komunitas karangnya yang signifikan dan kesehatan habitat dan spesiesnya meskipun suhu dan tingkat salinitasnya tinggi membuat pulau ini menarik minat berbagai penelitian ilmiah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-07-13. Diakses tanggal 2009-09-11.  UAE Interact site
  2. ^ Bu Tinah Abu Dhabi: TimeOut Bahrain

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Butinah.ae - official Bu Tinah website by Environment Agency of Abu Dhabi
  • Visitabudabi.ae - general info about Bu Tinah Shoals

Koordinat: 24°36′06″N 53°04′49″E / 24.60167°N 53.08028°E / 24.60167; 53.08028