Brook Mahealani Lee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Brook Lee
LahirBrook Antoinette Mahealani Lee
8 Januari 1971 (umur 53)
Pearl City, Hawaiʻi
Pemenang kontes kecantikan
GelarMiss Hawaii USA 1997
Miss USA 1997
Miss Universe 1997
Warna rambutCoklat
Warna mataCoklat
Kompetisi
utama
Miss Hawaii USA 1997
(Pemenang)
Miss USA 1997
(Pemenang)
Miss Universe 1997
(Pemenang)

Brook Lee (terlahir Brook Antoinette Mahealani Lee di lahir 8 Januari 1971) adalah seorang pembawa acara televisi, model, dan ratu kecantikan asal Amerika Serikat yang menjadi Miss Hawaii USA dan Miss USA sebelum memenangkan gelar Miss Universe pada tanggal 16 Mei 1997. Hingga saat ini, Lee adalah Miss Universe tertua dalam sejarah karena ia memenangkan mahkota Miss Universe di usia 26 tahun.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Nama Korea Lee adalah 이시내 (Lee Shi-nae).[1] Kakeknya dari Korea beremigrasi ke Hawaii pada tahun 1950-an. Ia memiliki keturunan Korea, Hawaii, Tionghoa, Belanda, Portugis, Inggris dan Prancis.[2] Ibu Lee, Toni, merupakan presiden Na Pua Ke Ali'i Pauahi, sebuah asosiasi alumni sekolah yang mempetisi dewan sekolah untuk direformasi.[3]

Sebelum memenangkan mahkota Miss USA dan Miss Universe, ia mengejar studi pascasarjana di bidang Komunikasi di Universitas Hawaii di Manoa. Ia juga bersekolah di Education Laboratory School selama satu tahun, dari kurun 1987-1988. Lee lulus dari Kamehameha Schools pada tahun 1989.

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Brook Lee

Miss USA 1997[sunting | sunting sumber]

Lee dinobatkan sebagai Miss Hawaii USA pada percobaan pertama, kemudian melanjutkan untuk berpartisipasi dalam Miss USA 1997, yang diadakan di Shreveport, Louisiana pada tanggal 5 Februari 1997.

Sebulan sebelum kontes, Miss Universe yang sedang menjabat saat itu, Alicia Machado dari Venezuela, dikritik karena berat badannya meningkat selama masa jabatannya. Ketika 3 kontestan akhir diberikan pertanyaan pamungkas, yang menyinggung kontroversi tersebut, menanyakan kepada para finalis, tentang bagaimana mereka akan menangani berat badan, Lee mengatakan:

Saya pikir saya akan melihat diriku sendiri dengan saksama, dan saya ingin melihat dari dalam ke luar, dan saya tahu bahwa saya adalah gadis yang sama yang dinobatkan hari itu dan saya benar-benar tidak peduli bagaimana penampilan luar saya karena saya menang untuk ini [menunjuk ke hatinya sebagai tanda keberanian]. Jadi jika berat badan saya naik, atau turun, atau jika saya menjadi lebih tinggi, atau lebih pendek, hidung saya lebih besar atau lebih kecil, saya masih sama seperti ketika mahkota itu diletakkan di kepala saya dan saya adalah seorang duta yang baik, tidak peduli suatu apapun.

Jawaban Brook untuk pertanyaan terakhir tersebut sangat membuat juri terkesan dan memberinya gelar dan mahkota Miss USA.

Miss Universe 1997[sunting | sunting sumber]

Tiga bulan kemudian pada usia 26 tahun, Lee mewakili Amerika Serikat di kontes Miss Universe, yang diadakan di Miami Beach, Florida pada tanggal 16 Mei 1997. Sekali lagi, ia berada di antara 3 kontestan akhir, dan ketika ditanya apa yang akan dia lakukan jika dia bisa melakukan sesuatu yang keterlaluan dan tidak harus mengikuti aturan untuk satu hari, ia menjawab,

Aku akan makan segala sesuatu di dunia! Anda tidak mengerti, aku akan makan segalanya... - dua kali!

Ia pun akhirnya menjadi kontestan tertua yang memenangkan gelar Miss Universe. Atas desakan Lee, pada tahun 1998 kontes Miss Universe diadakan di daerah asalnya Hawaiʻi, di Honolulu, untuk pertama kalinya, di mana Wendy Fitzwilliam dari Trinidad dan Tobago dinobatkan sebagai Miss Universe 1998.[2]

Kehidupan setelah Miss Universe[sunting | sunting sumber]

Setelah masa jabatannya sebagai Miss Universe, Lee telah membuat beberapa penampilan cameo dalam film dan acara televisi, dan telah menyelenggarakan berbagai acara televisi di Asia dan Amerika Serikat. Salah satu proyek yang paling terakhir adalah acara televisi regional dikenal sebagai Fusion Pacific, yang berfokus pada gaya hidup Asia-Amerika. Dia menjadi pembawa acara episode "Great Cruises" di Travel Channel, yang menyoroti perjalanan pesiar di seluruh dunia.

Lee menikah dengan Torry Mell dan memiliki anak bernama Fynnegan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "[클로즈업]한국계 97년 미스 유니버스 브룩 리 : 연재 : 뉴스 : 동아닷컴". Donga.com. 13 September 2000. Diakses tanggal 1 September 2012. 
  2. ^ a b Wilson (2000). Reimagining the American Pacific: From South Pacific to Bamboo Ridge and Beyond. Duke University Press. hlm. 16–. ISBN 9780822325239. 
  3. ^ Rath, J. Arthur (2006). Lost Generations: A Boy, a School, a Princess. University of Hawaii Press. hlm. 210–. ISBN 9780824830106. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Venezuela Alicia Machado
Miss Universe
1997
Diteruskan oleh:
Trinidad dan Tobago Wendy Fitzwilliam
Didahului oleh:
Louisiana Ali Landry
Miss USA
1997
Diteruskan oleh:
Idaho Brandi Sherwood
Didahului oleh:
Ku'ualoha Taylor
Miss Hawaii USA
1997
Diteruskan oleh:
Tiffini Hercules
Jabatan media
Didahului oleh:
Ali Landry dan Julie Moran
Miss Universe color commentator
2001 (bersama Todd Newton) dan 2002
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Carson Kressley dan Shandi Finnessey (2006)