Brocciu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Brocciu
Brocciu2.jpg
Negara asal Perancis
Kawasan, kota Korsika
Sumber susu Kambing
Domba
Dipasteurisasi Tidak
Tekstur Lembut
Kadar lemak 40%
Waktu pematangan Minimal 15 hari
Sertifikasi AOC[1]

Brocciu atau Broccio adalah keju dari Korsika, Perancis yang dibuat dengan menggunakan campuran susu kambing dan susu domba mentah.[1] [2] Nama keju ini berasal dari kata brousser yang dalam bahasa Korsika memiliki arti "memukul".[1] Hal ini dikarenakan proses pengadukan yang dilakukan dalam pembuatan keju tersebut.[1] Keju Brocciu segar dikenal dengan nama Brocciue frais atau Broccie sec atau Brocciu passu.[1] Susu yang digunakan untuk membuat keju ini adalah susu domba pada musim dingin dan susu kambing pada musim panas.[2] Secara tradisional keju ini dibuat dengan menggunakan air dadih namun saat ini susu skim sudah umum digunakan.[2] Keju Brocciu dengan lambang AOC haruslah berasal dari Corsica dan diproduksi di daerah Corse-du-Sud dan Haute-Corse.[1] Keju ini diproduksi dalam empat ukuran, yaitu 1/2 pon, 1 pon, 2.2 pon dan 7 pon.[1] Keju Brocciu segar dikenal dengan nama Brocciue frais atau Broccie sec atau Brocciu passu.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page70-71.
  2. ^ a b c (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4. Page 22.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]