Bretislav III dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Henry Bretislaus III (bahasa Ceko: Jindřich Břetislav) (wafat tanggal 15 atau 19 Juni 1197) merupakan seorang Adipati Bohemia dari tahun 1193 sampai kematiannya. Menjadi uskup Praha sejak tahun 1182, ia juga merupakan seorang pangeran Kekaisaran Romawi Suci. Ia adalah putra Henry, putra Vladislaus I.

Setelah studinya yang cemerlang di University of Paris, ia dijadikan rektor di Vyšehrad, di dekat Praha. Pada tahun 1182, ia menerima diakonat dari tangan sepupunya Uskup Agung Salzburg, Adalbert III. Ia terpilih pada tahun yang sama untuk menjadi uskup agung dan pergi ke Mainz untuk menerima afirmasi kerajaan. Ia ditahbiskan sebagai seorang pastor pada tanggal 22 Mei dan dimahkotai sebagai uskup pada hari berikutnya. Pada perselisihan berikutnya atas tahta, ia mendukung Ottokar, putra Raja Vladislaus II. Bretislaus tidak dapat membayar upeti yang diperlukan sebesar 6,000 écu kepada Henry VI, Kaisar Romawi Suci atas mahkota Ottokar dan saudaranya Vladislaus, Margraviate dari Moravia. Ketika berziarah ke Santiago de Compostela, ia ditangkap oleh kaisar dan ditawan di dalam istananya.

Pada tahun 1192, Ottokar I menyerap tahta Ceko dari Wenceslaus II. Wenceslaus mencoba berpetisi kepada kaisar memohon bantuan, malangnya ia ditangkap. Namun Henry perduli akan urusan-urusan Bohemia: pada bulan Juni 1193, ia menggulingkan Ottokar di Kongres Worms. Ottokar diabaikan oleh bangsawan dan Henry mengecualikan Bretislaus dari bayaran dan menunjuknya sebagai adipati.

Bretislaus telah mengamankan wilayah adipatinya dari tekanan pasukan. Pada hari raya Natal, ia ditahan di istana Praha. Pada tahun 1195, ia mengusir Vladislaus keluar dari Moravia dan menanam salah satu pengintai di dalam barisan. Bretislaus juga ambil bagian di dalam sebuah kampanye kerajaan di Meissen, dimana pasukannya merampok beberapa gereja. Ia berencana untuk ambil bagian di dalam Perang Salib pada Kongres Worms bulan Desember 1195, namun tidak pernah terwujud. Ia meninggal pada tanggal 15 atau 19 Juni 1197 setelah menderita sakit yang cukup lama.

Didahului oleh:
Ottokar I
Adipati Bohemia
1193–1197
Diteruskan oleh:
Vladislaus III