Bratukhin B-11

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Bratukhin B-11 adalah helikopter transportasi prototipe Soviet twin- rotor dan desain terakhir dari biro desain pesawat Bratukhin yang akan dibangun.

B-11 mirip dengan biro desain sebelumnya B-5, helikopter twin- rotor, dengan masing-masing rotor didorong oleh mesin radial Ivchenko AI-26. Setiap mesin bertempat di pod di sebuah cadik dengan terkait rotor di atas. Dirancang untuk kompetisi 1947 angkatan udara desain untuk helikopter untuk keperluan umum. Dua prototip dibangun dan diterbangkan pada Juni 1948, penerbangan tes menunjukkan masalah dengan rotor -blade kios di kecepatan tinggi dan getaran resonansi tinggi di seluruh helikopter. Pada bulan Agustus 1948 prototipe pertama untuk penyelidikan, namun pengujian terbatas dilakukan untuk menemukan penyebab masalah.

Pada 13 Desember 1948 blade pada rotor kanan prototipe kedua pecah, dan kecelakaan berikutnya menewaskan dua awak. Prototipe ini kemudian dirancang ulang dan dibangun kembali untuk mengatasi masalah, tetapi ketika terbang kembali pada tahun 1949 kios terjadi lagi. Bratukhin lanjut memodifikasi helikopter pada bulan Mei 1950 dengan baling-baling baru, tapi pembangunan ini segera ditinggalkan, dan segera setelah biro desain ditutup.

Referensi[sunting | sunting sumber]