Bosaso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kota Bosaso

Bosaso ( بوساسو ) adalah sebuah kota di pesisir utara Somalia . Kota ini terletak di sebelah selatan Teluk Aden , itu adalah ibukota komersial dari wilayah Bari dalam wilayah otonomi Puntland.

Kota ini sebelumnya dikenal sebagai Bandar Qasim penduduk kota ini diperkirakan sekitar 433.471 penduduk. Sementara Bosaso adalah tempat pertemuan dengan penduduk yang berasal dari semua klan utama Somalia, sebagian besar penduduknya adalah dari Harti konfederasi Darod . Kota ini relatif damai dibandingkan dengan bagian selatan Somalia.

sejarah[sunting | sunting sumber]

Bosaso itu sebelumnya dikenal sebagai Bandar Qasim , nama yang diambil dari seorang pedagang Somalia yang dikatakan pertama kali menetap di daerah ini selama abad ke-14. Hal ini diyakini bahwa unta favorit Qasim disebut Boosaas, yang kemudian dijadikan nama kota ini. Kota itu dengan demikian pertama kali disebut Bandar Qassim ("Kota Qasim"), kemudian dijuluki Bosaso setelah unta pendirinya . Cerita ini, Namun, murni spekulatif. Secara historis, Bosaso telah menjadi Harti Darod kubu, dan berkembang sebagai sebuah pos pantai kesultanan . [1]

Pada pertengahan abad 18 sampai abad ke-20, kota itu antara daerah yang dikuasai oleh Kesultanan Majeerteen (Migiurtinia). Kemudian membentuk bagian dari Somaliland Italia , Bosaso diwakili di parlemen dari berhasil Wilayah Dipercaya Somalia oleh anggota parlemen Haji Ismail Yusuf Bashir dan Ugaas Yassin Ugaas Abdirahman.</ref>[2] .

Dengan dimulainya Perang Saudara Somalia dan pembentukan selanjutnya dari Puntland pada tahun 1990-an, Bosaso telah menjadi kota besar dari daerah timur laut Somalia. Dalam beberapa tahun terakhir, telah menjabat sebagai stasiun pengisian bahan bakar untuk transportasi maritim antara Laut Merah dan Teluk Persia , dan juga menjadi titik komersial yang penting .

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee V. Cassanelli, The shaping of Somali society: reconstructing the history of a pastoral people, 1600-1900, (University of Pennsylvania Press: 1982), p.75.
  2. ^ H. E. Hagi Bashir Ismail Yousuf

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]