Bonita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bonita
Lahir7 Mei 1977 (umur 46)
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Pekerjaanpenyanyi
Orang tuaKoes Hendratmo
Herdawati Bakrie
Karier musik
Genrejazz, pop, folk, soul, akustik
Tahun aktif2003 - sekarang
LabelUniversal Music Indonesia (2003)
Demajors (2009)
Independen (2009-sekarang)
AnggotaBonita & the Hus Band
Situs webwww.rumahbonita.com

Bonita (lahir 7 Mei 1977) adalah penyanyi Indonesia yang besar dalam keluarga yang musikal. Ayahnya (Koes Hendratmo) adalah seorang penyanyi profesional, dan Ibunya (Herdawati) adalah juga seorang penyanyi jazz sebelum ia menikah. Bonita banyak menghabiskan masa kecil dan mudanya untuk mendengarkan musik, bernyanyi, dan berlatih. Abangnya (yang juga seorang musisi dan penyanyi – Anda Perdana) menjadi teman bermusiknya dalam keluarga. Bonita pertama kali menimba pengalaman bernyanyi secara formal dari Yashir Syam.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Saat ini Bonita telah menikah dengan Adoy yang juga musisi dan kini menjadi personel bandnya. Pasangan ini telah dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Pram.

Perjalanan karier[1][sunting | sunting sumber]

Keinginan dan kecintaannya yang besar untuk bernyanyi serta pergaulannya yang cukup luas dengan sesama musisi membuat Bonita banyak mengantongi jam terbang untuk rutin tampil bernyanyi maupun ikut mengisi atau membantu album rekaman audio sebagai vokal tamu, backing vocals dan vocal director.

Tahun 2003, Bonita merilis album self titled. Album itu tidak begitu sukses di pasaran, tetapi mempunyai segmen penggemarnya sendiri dengan hits Merah dan Aku.

Di awal tahun 2009, Bonita terpilih untuk tampil di acara On the Waterfront Series – IndieAsia yang berlangsung di Outdoor Theater, Esplanade, Singapura. Dalam event ini, BONITA & the hus BAND menuai sukses besar. CD BONITA & the hus BAND vol.1 yang diproduksi hanya sebanyak 50 keping, terjual habis selama tiga hari event berlangsung. CD ini memuat rekaman live BONITA & the hus BAND membawakan lagu-lagu karya mereka sendiri. BONITA & the hus BAND yang saat itu terdiri atas Bonita, Petrus Briyanto Adi, dan Bharata Eli Gulo menjadi produser album ini.

Di akhir tahun 2009, Bonita berhasil merilis album solonya yang kedua berjudul …LAJU. Album yang berisikan 16 lagu ini bertutur tentang episode-episode perjalanan hidup Bonita dari tahun 2004 hingga 2006. Warna akustik dan folk kental terdokumentasi dalam lagu-lagu di album ini.

Album[sunting | sunting sumber]

Bersama Bonita & the Hus Band[sunting | sunting sumber]

  • Bonita & the Husband (2009)
  • Small Miracles (2014)

Bersama Bonita Adoy Pram[sunting | sunting sumber]

  • Tala (2020)

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya yang dinominasikan Hasil
2017 Anugerah Musik Indonesia Artis Jazz Vokal Terbaik "Tiga Dara" (bersama Aimee Saras & Aprilia Apsari) Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) "Profil Bonita di indonesiaselebriti.com" (HTML). Diakses tanggal 2013-05-07. [pranala nonaktif permanen]