Bondol peking

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bondol Peking)
Langsung ke: navigasi, cari
?Bondol Peking
Bondol peking. Darmaga, Bogor.
Bondol peking.
Darmaga, Bogor.
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Estrildidae
Genus: Lonchura
Spesies: L. punctulata
Nama binomial
Lonchura punctulata
(L., 1753)

Bondol peking atau pipit peking (Lonchura punctulata) adalah sejenis burung kecil pemakan padi dan biji-bijian. Nama punctulata berarti berbintik-bintik, menunjuk kepada warna bulu-bulu di dadanya.

Orang Jawa menyebutnya emprit peking, prit peking; orang Sunda menamainya piit peking atau manuk peking, meniru bunyi suaranya. Di Malaysia burung ini disebut pipit pinang, dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Scaly-breasted Munia --lagi-lagi terkait dengan bintik di dadanya yang mirip gambaran sisik.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Belum dewasa (Kolkata, India)
Lonchura punctulata

Panjang bondol peking adalah 11–12 cm. Parub burung dewasa pendek dan gemuk, dan berwarna gelap bagian atas berwarna coklat dan kepalanya berwarna coklat gelap. Bagian atas putih dengan tanda sisik hitam. Jantan dan betina sama, tapi jantan memiliki tanda yang lebih gelap pada sisi samping dan tenggorokan yang lebih gelap daripada betina. Burung yang belum dewasa memiliki bagian atas yang berwarna coklat pucat, dan kepala yang kurang gelap ditemukan pada dewasa, dan memiliki pantat bagian atas yang rata yang disalahartikan dengan bondol lain yang belum dewasa seperti Bondol triwarna.[1]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rasmussen PC and JC Anderton (2005). Birds of South Asia. The Ripley Guide. Volume 2. Smithsonian Institution and Lynx Edicions. hlm. 673. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]