Bolesław I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bolesław I (sang Pemberani)
Raja Polandia
Bolesław seperti yang digambarkan di gerbang Gniezno
BerkuasaAdipati: 992 – 18 April 1025
Raja: 18 April 102517 Juni 1025
Penobatan18 April 1025
Katedral Gniezno, Polandia.
PendahuluMieszko I
PenerusMieszko II Lambert
Pemakaman
AyahMieszko I
IbuDoubravka Přemyslovna
Istri
AnakDengan istri kedua: Bezprym
Dengan Enmilda: Regelinda, Mieszko II Lambert, Otto Bolesławowic
Dengan Oda: Matilda

Bolesław I Chrobry (aka Bolesław I yang Berani atau yang Gagah) (bahasa Polandia: Bolesław I Chrobry, bahasa Ceska: Boleslav Chrabrý) (967 – 17 Juni 1025), kurang sering dikenal sebagai Bolesław I yang Agung (Wielki), merupakan seorang Adipati Polandia dari tahun 992-1025 dan Raja Polandia pertama dari tanggal 19 April 1025 sampai kematiannya. Ia juga memerintah sebagai Boleslav IV, Adipati Bohemia selama tahun 1002-1003. Ia merupakan putra pertama Mieszko I dengan istri pertamanya, Doubravka, putri Boleslav I, Adipati Bohemia. Ia dinamakan sama seperti kakek maternalnya. Menurut teori ilmiah, Bolesław memerintah Małopolska pada tahun-tahun terakhir pemerintahan ayahandanya. Mieszko I, yang meninggal pada tahun 992, membagi Polandia di antara putra-putranya, tetapi Bolesław mengusir istri terakhir ayahandanya, Oda dari Haldensleben, dan saudara-saudara tirinya dan mempersatukan kembali Polandia di antara tahun 992 dan 995.

Ia mendukung pandangan-pandangan misionaris seperti Adelbertus, Uskup Praha, dan Brun dari Querfurt. Kemartiran Adalbertus pada tahun 997 dan kanonisasi yang akan segera digunakan untuk mengkonsolidasikan otonomi Polandia dari Kekaisaran Romawi Suci. Hal ini mungkin terjadi paling jelas selama Kongres Gniezno (11 Maret 1000), yang berakibat pembentukan struktur gereja Polandia dengan sebuah Tahta Metropolis di Gniezno. Tahta ini tidak tergantung pada Keuskupan agung Magdeburg, Jerman yang mencoba menuntut yuridiksi atas gereja Polandia. Setelah Kongres Gniezno, Keuskupan juga didirikan di Kraków, Wrocław dan Kołobrzeg, dan Bolesław secara resmi menolak membayar upeti kepada Kekaisaran Romawi Suci. Setelah kematian Otto III, Kaisar Romawi Suci pada tahun 1002, Bolesław melancarkan serangkaian pertempuran melawan Kekaisaran Romawi Suci, sepupu dan ahli waris Otto, Heinrich II, mengakhirinya di dalam Perjanjian Bautzen (1018).

Pada musim panas tahun 1018, di dalam salah satu ekspedisinya, Bolesław I menangkap Kiev, di mana ia menempatkan menantunya Sviatopolk I sebagai penguasa. Menurut legenda, Bolesław menggores pedangnya saat menyerang Zoloti vorota. Kemudian, untuk memperingati legenda ini, pedang yang disebut Szczerbiec ("Pedang bergerigi") akan menjadi pedang penobatan raja-raja Polandia.

Bolesław I adalah seorang politikus, ahli strategi dan negarawan yang luar biasa. Ia tidak hanya mengubah Polandia menjadi sebuah negara yang sebanding dengan monarki barat yang lebih tua, tetapi ia mengangkatnya ke peringkat depan negara-negara Eropa. Bolesław melakukan kampanye militer yang berhasil di barat selatan dan timur. Ia mengkonsolidasikan tnaah Polandia dan wilayah yang dikuasai di luar perbatasan Polandia modern, termasuk Slowakia, Moravia, Rutenia Merah, Meißen dan Lausitz dan juga Bohemia. Ia adalah seorang mediator yang kuat dalam urusan-urusan Eropa Tengah.

Akhrinya, sebagai puncak pemerintahannya, pada tahun 1025 ia menobatkan dirinya sendiri sebagai Raja Polandia. Ia adalah penguasa Polandia pertama yang menerima gelar rex (bahasa Latin: "raja").

Ia adalah seorang administrator handal yang menciptakan "Hukum Pangeran" dan membangun banyak benteng, gereja, biara dan jembatan. Bolesław I memperkenalkan Sistem keuangan Polandia yang pertama, grzywna dibagi menjadi 240 denarii, dan mencetak koinnya sendiri.

Bolesław I secara luas dianggap sebagai salah satu penguasa dari Wangsa Piast Polandia yang paling cakap dan berprestasi .

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Two bearded men, one of them wearing a sword
Patung Bolesław I dan ayahandanya, Mieszko I dari Polandia, oleh Christian Daniel Rauch di dalam Kapel Emas Katedral Poznań

Bolesław lahir pada tahun 966 atau 967,[1] putra pertama Mieszko I dari Polandia dan istrinya putri Bohemia, Dobrawa.[2][3] Epitafnya, yang ditulis pada pertengahan abad ke-11, menekankan bahwa Bolesław telah lahir dari seorang ayahanda "yang kafir" dan seorang ibunda "yang beriman", menunjukkan bahwa ia lahir sebelum pembaptisan ayahandanya.[3][4] Bolesław dibaptis segera setelah kelahirannya.[5] Ia dinamai sama seperti nama kakek maternalnya, Boleslav I dari Bohemia.[6] Tidak banyak yang diketahui tentang masa kecil Bolesław. Epitafnya mencatat bahwa ia menjalani upacara pemotongan rambut tradisional pada usia tujuh tahun dan kotak rambutnya dikirim ke Roma.[5] Tindakan terakhir menunjukkan bahwa Mieszko ingin menempatkan putranya di bawah perlindungan Tahta Suci.[5][7] Sejarahwan Tadeusz Manteuffel mengatakan bahwa Bolesław membutuhkan perlindungan itu karena ayahandanya telah mengirimnya ke istana Otto I, Kaisar Romawi Suci untuk membuktikan kesetiaannya kepada Kaisar.[7] Namun sejarahwan Marek Kazimierz Barański mencatat bahwa Bolesław dikirim sebagai sandera ke istana kekaisaran diperdebatkan.[8]

Ibunda Bolesław, Dobrawa meninggal pada tahun 977; ayahandanya yang menduda menikahi Oda dari Haldensleben yang telah menjadi seorang suster.[9][10] Pada sekitar waktu itu, Bolesław menjadi penguasa Małopolska, meeskipun hal tersebut tidak jelas di dalam situasi apa. Jerzy Strzelczyk mengatakan bahwa Bolesław menerima Małopolska dari ayahandanya; Tadeusz Manteuffel menyatakan bahwa ia merebut provinsi tersebut dari ayahandanya dengan dukungan dari para bangsawan pribumi; dan Henryk Łowmiański menulis bahwa pamandanya, Boleslav II dari Bohemia, menyerahkan wilayah itu kepadanya.[11]

Penobatan[sunting | sunting sumber]

Boleslaw I ketika dimahkotai, minyak di atas kanvas, oleh Jan Matejko

Keadaan di mana Bolesław I mengambil kendali negara diikuti dengan kematian ayahnya, Mieszko I, diperkirakan apa yang kemudian akan menjadi praktik yang umum dikalangan Dinasti Piast. Ini terdiri dari perjuangan untuk dominasi, biasanya militer, di antara keturunan monarki yang mangkat di dalam Dinasti Piast. Bolesław I tidak berbeda, tak lama setelah kematian Mieszko I (25 Mei 992), ia membuang ibu tirinya dan kedua saudara tirinya, karena mereka dinaggap sebagai saingan atas perebutan tahta, terutama atas cahaya Dagome Iudex. Keadaan pasti aksesi Bolesław I atas tahta keadipatian tidak diketahui, tetapi diketahui bahwa pada bulan Juni, ia tidak diragukan lagi merupakan pemimpin Polandia - karena Otto III, Kaisar Romawi Suci meminta bantuan militernya pada musim panas pada tahun 992. Juga dengan segera mendapatkan kendali penuh atas Polandia, Bolesław I mengatasi tentangan dari para Baron dengan membutakan dua dari pemimpin mereka, jutawan Odylen dan Przybywoj. Dengan kekejaman kalimat itu, terbukti paling efektif karena memicu ketaatan rakyat sejak saat itu tidak muncul adanya tentangan mengenai posisinya atau apapun juga.

Jangkauan wilayah kekuasaannya[sunting | sunting sumber]

Polandia pada awal pemerintahan Boleslaw I
Patung Boleslaw I Chrobry di Wrocław

Bolesław I mewarisi dari ayahandanya sebuah kerajaan yang dekat di dalam dimensi yang modern Polandia. Berpusat di jantung negara Polandia, kemudian Wielkopolska. Wielkopolska mencakup lembah sungai Warta, membentang ke utara ke sungai Notec dan selatan mencakup Kalisz. Di luar jantung Polandia termasuk area sekelilingnya yang ditundukkan oleh ayahanda Bolesław I, Mieszko I yang termasuk: bagian-bagian Pommern ke utara, termasuk Kolobrzeg di barat dan Gdańsk di timur, Masovia dengan ibu kotanya di Płock ke timur dan Silesia ke selatan-barat. Diragukan apabila Małopolska, yang berpusat disekitar Kraków, telah dimasukkan ke dalam wilayah Kerajaan Polandia oleh Mieszko I sebelum tahun 992 atau jika ini ditambahkan oleh Bolesław I pada tahun 999. Sebaliknya pada tahun 1000 Bolesław I merupakan maharaja wilayah yang lebih besar daripada kontemporer Inggris, Denmark, León atau Bourgogne.

Adipati Polandia[sunting | sunting sumber]

Tahun-tahun pertama (992-1000)[sunting | sunting sumber]

Tampaknya, dari tidak adanya catatan kegiatan internasional, bahwa Bolesław I menghabiskan tahun pertama sebagai penguasa lebih peduli tentang mendapatkan takhta dan sisa di atasnya daripada mencoba untuk meningkatkan ukuran kekuasaannya. Selama periode konsolidasi kekuasaan ini ia bersekutu dengan Otto III, Kaisar Romawi Suci, Kaisar Jerman, ketika pada tahun 995 ia membantu Otto III, Kaisar Romawi Suci di dalam ekspedisinya melawan bangsa Lusatia.

Berusaha untuk memperluas pengaruhnya di wilayah bangsa Prusia, Bolesław I mendukung misi Kristiani di wilayah-wilayah Prusia. Yang paling terkenal dari misi tersebut adalah Vojtěch dari pangeran Bohemia klan Slavník, bekas uskup Praha. Dikenal sebagai Adalbert dari Praha atas kematian Adalbert dari Magdeburg pada tahun 981, Misi Adalbert terjadi pada tahun 997 dan berakhir dengan martirdom misionaris di tangan pagan Prusia, yang terjadi pada bulan April 997 di pesisir Laut Baltik daerah sekitar Truso (abad pertengahan emporia di dekat kota modern Elbląg). Sisa dari misionaris dipegang untuk tebusan oleh bangsa Prusia dan Bohemia pemimpin Dinasti Přemyslid menolak untuk membayar jenazah Adalbert (Vojtech), akhirnya dibeli oleh Adipati Bolesław I dengan emas, dan dimakamkan di Gniezno. Pada tahun 999 Uskup Adalbert dikanonisasikan sebagai Santo Adelbertus oleh Paus Sylvester II. Ia kemudian dibuat menjadi santo pelindung Bohemia, Polandia, Hungaria, dan Prusia. Kanonisasi Vojtěch meningkatkan gengsi gereja Polandia di Eropa dan gengsi negara Polandia di arena internasional.

Pertemuan Gniezno dan persekutuan dengan Kaisar Romawi Suci (1000-1002)[sunting | sunting sumber]

Patung Bolesław I dan Mieszko I oleh Christian Daniel Rauch di dalam Golden Chapel, Katedral Poznań

Pada tahun 1000, Bolesław I mengkonsolidasikan posisinya sebagai Adipati (Dux) Polandia. Ia tidak hanya lolos dari tentangan internal, tetapi ia juga berhasil mendapatkan respek Kaisar Romawi Suci Otto III (980-1002). Akhirnya pada tahun 1000, Otto III mengunjungi Polandia di bawah preteks sebuah ziarah ke makam sahabatnya, yang baru saja dikanonisasi Uskup Adalbert (Vojtěch). Sebagai tambahan motivasi religius, perjalanan Otto III juga membawa sebuah agenda politik yang kuat: ia memiliki niat untuk memperbaharui Kaisar Romawi Suci berdasarkan pada konsep negara federal yang disebut "Renovatio Imperii Romanorum".

Perbincangan politik lainnya juga dilaksanakan. Otto III memutuskan bahwa Polandia tidak lagi perlu membayar upeti kepada Kekaisaran. Gniezno dikonfirmasikan sebagai sebuah Keuskupan Agung dan Pemandangan Metropolitan untuk area Polandia. Tiga Keuskupan yang baru dibuat dan dikonfirmasikan dengan persetujuan paus. Mereka ditempatkan di Kraków, Wrocław dan Kolobrzeg. Misionaris Poznań dikonfirmasikan sebagai subyek langsung kepada Vatikan. Bolesław I dan para pewarisnya berhasil mendapatkan hak pentahbisan uskup. Pernikahan mendatang putra Bolesław I Mieszko dengan Richeza (bahasa Polandia: Rycheza), keponakan Otto III, juga kemungkinan disetujui atas dasar tersebut.

Kematian Otto III yang terlalu cepat pada usia 22 pada tahun 1002 mengganggu ambisi rencana-rencana renovatio, yang tidak pernah sepenuhnya dilaksanakan. Henry II, pengganti Otto III yang kurang ideal, membalik arah kebijakan Kekaisaran ke arah timur.

Perang Polandia-Jerman (1002–1018)[sunting | sunting sumber]

Patung Boleslaw I Chrobry di Gniezno, oleh Jerzy Sobocinski

Bolesław I mengambil kendali barisan Lausitz, Sorbian Meißen, dan kota-kota Budziszyn (Bautzen) dan Meißen pada tahun 1002, dan menolak untuk membayar upeti kepada Kekaisaran dari wilayah-wilayah yang diduduki.

Heinrich II, bersekutu dengan Lutici, membalasnya dengan sebuah serangan setahun kemudian. Meskipun serangan pertama tidak berhasil, di musim semi tahun 1004 pasukan Jerman menggulingkan Bolesław I dari tahta Bohemia. Bolesław I tidak berhasil menjaga Moravia dan Slowakia, tetapi, wilayah yang dikendalikannya sampai tahun 1018. Selama bagian serangan berikutnya Heinrich II merebut kembali Meißen dan pada tahun 1005 pasukannya maju sejauh kota Poznań, Polandia di mana sebuah perjanjian damai ditandatangani. Menurut perjanjian damai Bolesław I kehilangan Lausitz dan Meißen dan sepertinya menyerahkan tuntutannya atas tahta Bohemia. Juga pada tahun 1005, sebuah pemberontakan pagan di Pommern memporak porandakan pemerintahan Boleslaw dan mengakibatkan kehancuran hanya melaksanakan keuskupan lokal.

Pada tahun 1007 Heinrich II mengumumkan kedamaian Poznań, menghasilkan serangan Bolesław I atas Keuskupan Agung Magdeburg dan juga pendudukan kembali barisan Lausitz dan Sorbian Meißen termasuk kota Bautzen. Serangan balasan Jerman dimulai 3 tahun kemudian, pada tahun 1010. Tidak ada konsekuensi yang signifikan, di luar beberapa menjarah di Silesia. Pada tahun 1012 sebuah perjanjian damai selama 5 tahun ditandatangani.

Namun Bolesław I memecahkan perjanjian itu dan sekali lagi menyerang Lausitz. Pasukan Bolesław I menjarah dan membakar kota Lubusz (Lebus). Pada tahun 1013 sebuah perdamaian ditandatangani di Merseburg. Sebagai bagian dari perjanjian Bolesław I membayar upeti kepada Heinrich II, sebagai gantinya ia menerima Barisan Lusatia dan Sorbian Meißen sebagai wilayah fief. Juga, dilangsungkan pernikahan putranya Mieszko dengan Richeza dari Lotharingia, putri pangeran Pfalz Ezzo, Lotharingia dan cucu perempuan Kaisar Otto II.

Pada tahun 1014 Bolesław I mengirimkan putranya Mieszko ke Bohemia dengan upaya untuk membentuk sebuah persekutuan dengan adipati Oldrich melawan Kaisar Heinrich II. Bolesław I juga menolak untuk membantu Kaisar secara militer di dalam ekspedisi Italianya. Hal ini menyebabkan intervensi kekaisaran di Polandia dan sehingga dalam perang tahun 1015 meletus sekali lagi. Perang dimulai dengan baik untuk Kaisar karena ia mampu mengalahkan pasukan Polandia di Ciani. Ketika pasukan kerajaan menyeberangi sungai Oder, Bolesław I mengirimkan detasemen ksatria-ksatria Moravia di dalam serangan pengalihan melawan Barisan Timur kekaisaran. Segera setelah itu pasukan Jerman mundur dari Polandia tanpa berhasil mendapatkan keuntungan permanen apapun. Diikuti dengan ini pasukan Bolesław I mengambil inisiatif. Markgraf Meißen, Gero dari Lausitz, dikalahkan dan dibunuh di dalam pertikaian dengan pasukan Polandia pada akhir tahun 1015.

Penobatan dan Kematian (1025)[sunting | sunting sumber]

Polandia pada akhir pemerintahan Boleslaw I.
boleslaw I Chrobry memasuki Kiev yang diduduki. Lukisan oleh Jan Matejko

Setelah kematian Henry pada tahun 1024, Bolesław I mengambil keuntungan interregnum di Jerman dan memahkotai dirinya sendiri raja pada tahun 1025, kemudian membesarkan Polandia ke ranking kerajaan setelah tetangganya Bohemia. Ia merupakan raja Polandia pertama (rex), para pendahulunya dianggap sebagai adipati-adipati (dux) oleh Kaisar Romawi Suci dan kepausan. Bolesław I wafat tak lama kemudian setelah penobatan, kemungkinan karena sebuah penyakit.

Lokasi tepatnya di mana Boleslaw dimakamkan tidak diketahui. Dipercaya bahwa baru-baru ini ditemukan sisa dari sebuah makam ganda di katedral Poznań yang kemungkinan adalah makam kedua pemimpin Polandia yang pertama: Boleslaw I dan ayahnya Mieszko. Putra Bolesław I, Mieszko II, memahkotai dirinya sendiri sebagai raja segera setelah kematian ayahnya di Poznań.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Militer[sunting | sunting sumber]

Bolesław I yang Berani, Dilukis oleh Aleksander Lesser.

Pada saat kematiannya Bolesław I meninggalkan Polandia lebih besar daripada yang ia wariskan, ditambah domeinnya batasan panjang Lusatia dan Sorbian Meissen dan juga Rutenia dan mungkin Polandia Kecil. Secara militer, pada saat itu, Polandia merupakan kekuatan besar Bolesław I dapat memerangi kampanye yang sukses melawan baik Kaisar Romawi Suci dan Kievan Rus. Di pihak lain harus disorot bahwa keterlibatannya jangka panjang di dalam perang melawan Jerman memperbolehkan Pomerania Barat untuk mendapatkan kebebasan dari Polandia aegis. Sisi negatif lain Bolesław I menarik keluar militer kampanyenya merusak pengaruh ekonomi kerajaannya. Dengan berlalunya waktu, Bolesław I membutuhkan jumlah besar untuk membiayai perang-perangnya, terutama ketika melawan di dua barisan depan; Di Jerman dan Kiev. Gencarnya perang telah menempatkan kewajiban fiskal yang semakin meningkat di pundak rakyat, yang pada akhirnya menyebabkan sentimen negatif, sentimen yang akan meningkat di sepanjang pemerintahannya, dan ini akan meletus menjadi pemberontakan yang populer tak lama setelah kematiannya.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Bolesław I merupakan seorang administrator yang berbakat dan terorganisir. Ia bertanggung jawab besar atas penerapan penuh "Hukum Pangeran" melalui wilayah-wilayah Polandia. Hukum Pangeran membuat sejumlah ekonomi nasionalisasi, yang dikendalikan oleh negara, yang tugas utamanya adalah untuk membiayai kebutuhan pangeran. Kebutuhan ini besar, karena Adipati bertanggung jawab di dalam seluruh proyek-proyek bangunan. Fondasi "Hukum Pangeran" diletakkan di dalam sebuah jaringan kota-kota berbenteng yang disebut grody, tetapi pemimpin juga ditugasi membangun gereja, biara-biara, jalan-jalan, jembatan dsb., singkatnya pengembangan sebuah infrastruktur. Proyek bangunan dibiayai dengan mengumpulkan pajak-pajak dalambentuk uang atau barang. Juga petanidiharuskan menampung monarki atau menyediakan pangeran dengan cara yang berbeda dari barang dan jasa yang meliputi komunikasi, berburu, militer dan lainnya. Untuk memproduksi barang yang diperlukan Bolesław I mengatur sebuah jaringan wilayah masing-masing layanan yang khusus di bidang manufaktur sekitar 30 barang yang berbeda, seperti: barel, lengkungan,logam, tombak serta pemukiman yang bertanggung jawab atas peternakan, antara lain, babi, kuda atau sapi. Sehingga ratusan desa khusus dan diberi nama untuk mencerminkan pekerjaan tertentu mereka. Sampai hari ini orang dapat menemukan sejumlah permukiman di Polandia dengan nama yang tersisa dari masa itu, seperti: Szewce, Kuchary atau Kobylniki. Sistem yang cukup mengesankan itu berfungsi cukup baik untuk mendukung Bolesław I selama 33 tahun pemerintahannya.

Politik[sunting | sunting sumber]

Peningkatan kedua kekuatan internal dan eksternal dari dunia ini adalah sangat penting bagi Bolesław I, terutama dalam menghadapi meningkatnya tekanan dari jutawan. Jutawan menuntut bagian yang lebih besar dalam administrasi negara sementara Bolesław I berusaha untuk memperkuat otoritas pusat penguasa. Penobatan Bolesław I, sekitar tahun 1025, justru bertujuan untuk memperkuat posisi terdepannya. Secara umum integrasi keseluruhan negara ini terjadi selama masa pemerintahannya.

Bolesław I dapat mendirikan struktur gereja Polandia dengan pemandangan Metropolitan di Gniezno, dengan kepausan dan sangsi kerajaan. karyanya meletakkan dasar penggunaan sebutan "Polandia" yang menyatukan seluruh wilayah kerajaan, serta untuk penggunaan satu simbol untuk mewakili otoritas tertinggi sang pangeran. Simbol itu adalah tanda kelas ksatria Gniezno: elang putih.

Pernikahan dan Keturunan[sunting | sunting sumber]

Pernikahan pertama: 984 - 985

Seorang puteri yang tidak diketahui, putri Rikdag, Margrave dari Meissen, mungkin bernama Hunilda atau Oda. Setelah kematian Rikdag pada tahun 985, ia ditolak oleh suaminya dan dikembalikan.

Keturunan:

  1. Seorang putri (lahir tahun 985 - wafat setelah tahun 997), menikah tahun 996/97 dengan seorang Pangeran Pomerania yang tidak teridentifikasi.[12]

Pernikahan kedua: 986 - 987/89

Seorang puteri Hungaria yang dipercaya sebagai Judith, putri Géza, Adipati Agung Hungaria. Sekitar tahun 987, sebagai konsekuensi kemerosotan hubungan politik antara Polandia dan Hungaria, ia ditolak.

Keturunan:

  1. Bezprym (lahir 986 - wafat 1032).

Pernikahan ketiga: 987/89 - 1013

Emnilda, putri Dobromir, pangeran Lusatia.

Keturunan:

  1. Seorang putri (lahir 988 - wafat setelah 1013), seorang biarawati.
  2. Regelinda (lahir 989 - wafat 21 Maret setelah tahun 1014), menikah pada tanggal 30 April 1002 dengan Herman I, Margrave Meissen.
  3. Mieszko II Lambert (lahir 990 - wafat 10/11 Mei 1034).
  4. Seorang putri (lahir 991 - wafat setelah 14 Agustus 1018), menikah sebelum 15 Juli 1015 dengan Sviatopolk I, Pangeran Agung Kiev.
  5. Otto (lahir 1000 - wafat 1033).

Pernikahan keempat: 1018 - 1025

Oda (lahir 996 - wafat setelah 1025), putri Eckard I, Margrave Meissen.

Keturunan:

  1. Matilda (lahir 1018 - wafat setelah 1036), dijodohkan (atau menikah) pada tanggal 18 Mei 1035 dengan Otto dari Schweinfurt, sejak tahun 1048 Adipati Otto III dari Swabia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tymieniecki Kazimierz, Bolesław Chrobry. In: Konopczyński Władysław (ed): Polski słownik biograficzny. T. II: Beyzym Jan – Brownsford Marja. Kraków: Nakładem Polskiej Akademii Umiejętności, 1936. ISBN 83-04-00148-9. Page 248
  2. ^ Wiszewski 2010, hlm. xliii.
  3. ^ a b Vlasto 1970, hlm. 115.
  4. ^ Wiszewski 2010, hlm. 57, 60.
  5. ^ a b c Wiszewski 2010, hlm. 63.
  6. ^ Barford 2001, hlm. 163.
  7. ^ a b Manteuffel 1982, hlm. 51.
  8. ^ Barański 2008, hlm. 51, 60–68.
  9. ^ Manteuffel 1982, hlm. 52.
  10. ^ Wiszewski 2010, hlm. xliii, 35.
  11. ^ Wiszewski 2010, hlm. 8–9.
  12. ^ According to one theory, they were probably parents of Zemuzil, Duke of Pomerania.
Bolesław I
Lahir: 966 atau 967 Meninggal: 17 Juni 1025
Didahului oleh:
Mieszko I
Adipati Polandia
25 Mei 992 – 17 Juni 1025
Raja Polandia (sejak 18 April, 1025)
Diteruskan oleh:
Raja
Mieszko II Lambert
Didahului oleh:
Vladivoj
Adipati Bohemia
1003–1004
Diteruskan oleh:
Jaromir