Bogø

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bogø ialah sebuah pulau milik Denmark di Laut Baltik, tepat di barat Møn.

Panjang pulau ini sekitar 7 km dan lebarnya 3 km di titik terbesar, dengan luas wilayah 13 km². Penduduknya berjumlah sekitar 1000, yang 700 tinggal di kota terbesar, Bogø By. Ketinggian maksimum di atas permukaan laut ialah 32 m.

Di barat Bogø ada pulau kecil, Farø, yang membawa jalur E47/E55 dari Kopenhagen ke pulau utama Lolland dan Falster. Jalur motor itu berlanjut dengan feri ke Jerman. Bogø dihubungkan dengan causeway ke Farø dan Møn, dan membawa salah satu dari 2 jalur untuk kendaraan yang mengelilingi Møn, yang kini bagian kotamadya Møn, namun digabungkan dengan yang lainnya pada Januari 2007 untuk membentuk Region Sjælland

Lanskap pulau ini bervariasi, termasuk daerah hutan dan desa tradisional. Ke barat laut pulau ini di Skåninge ada sebuah pelabuhan kecil dan dermaga permandian. Ke tenggara ada pelabuhan besar dengan sebuah feri yang beroperasi selama bulan-bulan musim panas ke Stubbekøbing di Falster. Ada sebuah kincir angin yang dilestarikan di dekat pusat pulau, yang kini sedang direstorasi untuk membentuk sebuah museum kerja. Di timur laut pulau ini, di daerah hutan, ada sebuah kuburan laluan yang terlestarikan baik di Hulehøj. Panjang bilik pemakaman itu sekitar 6,3 m, awalnya terjangkau melalui terowongan sepanjang 5,5 m.

Selama beberapa waktu pulau ini menjadi bagian tanah mahkota. Pada 1769 ditawarkan untuk dijual, dan dibeli penduduk pulau itu sebanak 18.456 rigsdaler. Untuk membayarnya, para penduduk menebang banyak hutan.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]