Boeing Model 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Model 2
Modelc.jpg
Model 3, nomor konstruksi C-5
Jenis Pesawat latih
Pembuat Boeing
Perancang Wong Tsu
Penerbangan perdana 15 November 1916
Pengguna utama AL AS
Penerbangan AD AS
Jumlah 56

Boeing Model 2 dan turunannya adalah pesawat terbang laut Amerika Serikat untuk latihan dengan dua tempat, desain pertama "Boeing seluruhnya", dan kesuksesan pertama bagi Boeing secara finansial.

Desain dan pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pacific Aero-Products, pendahulu dari perusahaan Boeing, membangun pesawat pertamanya (dengan seluruh proses dilakukan sendiri), yaitu pesawat latih angkatan laut Model C. Pesawat Model C komersial pertama didesain oleh seorang Tionghoa lulusan MIT, Wong Tsu. Sebanyak 56 pesawat pelatih tipe C dibangun, 55 di antaranya menggunakan sepasang ponton. Model C-1F memiliki ponton utama tunggal dan pelampung tambahan kecil di bawah setiap sayap dan menggunakan tenaga mesin Curtiss OX-5.

Riwayat operasional[sunting | sunting sumber]

Kesuksesan Model C menghasilkan kontrak militer pertama bagi Boeing pada April 1917 dan mendorong pembentukan Boeing Airplane Company dan perpindahan dari Danau Union, Washington ke bekas galangan kapal di Sungai Duwamish, juga di Washington. Angkatan Laut Amerika Serikat membeli 51 unit pesawat latih Model C, termasuk C-1F, dan Angkatan Darat Amerika Serikat membeli dua unit pesawat darat dengan versi kursi berdampingan.

Model C terakhir dibangun untuk William Boeing dan disebut C-700 (pesawat AL terakhir bernomor seri 699). Pada 3 Maret 1919 Boeing dan Eddie Hubbard menerbangkan C-700 untuk layanan pos internasional pertama, membawa 60 surat dari Vancouver, British Columbia, Kanada, ke Seattle, Washington.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Bowers, Peter M. Boeing aircraft since 1916. London: Putnam Aeronautical Books, 1989. ISBN 0-85177-804-6.
  • Pedigree of Champions: Boeing Since 1916, Third Edition. Seattle, WA: The Boeing Company, 1969.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]