Bobby Kool

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
I Made Putra Budi Sartika
Bobby kool.jpg
Latar belakang
Nama lain Bobby Kool
Genre Punk Rock
Instrumen Gitar
Tahun aktif 1995 - present
Label Sony Music Indonesia
Sony BMG Indonesia
Artis terkait Superman Is Dead
Situs web http://www.supermanisdead.net
Instrumen khusus
Gitar

I Made Putra Budi Sartika (lahir di Denpasar, 8 September 1977; umur 36 tahun; nama asli dari Bobby Kool) adalah personel dari grup musik asal Bali, Indonesia, Superman Is Dead. Di grup Superman Is Dead, Bobby memainkan instrumen gitar dan sekaligus sebagai vokalis.

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Nama panggilannya ketika masa kanak-kanak adalah Bobby Bikul (bikul berarti tikus dalam bahasa Bali). Ketika karirnya dalam musik dimulai ia mengganti namanya menjadi Bobby Kool. Masa kanak-kanaknya dihabiskan di Denpasar. Ia menyelesaikan kuliahnya di Sastra Inggris, Fakultas sastra Universitas Warmadewa Denpasar. Pada masa perkenalannya dengan musik ia lebih tertarik memainkan alat musik drum. Ketika ia mulai membentuk sebuah kelompok musik ia baru tertarik pada alat musik gitar. Selain ketertarikannya dalam musik ia dikenal juga sebagai penggemar sepeda dan seorang disainer. Ia kerap merakit sebuah sepeda dari rongsokan sepeda yang tidak terpakai atau rusak[1]. Hobinya terhadap sepeda kelak menjadi salah satu citra khusus pada dirinya ketika mendirikan kelompok musik Superman Is Dead di mana ia memperkenalkan kepada para penggemarnya tentang slogan "lebih baik naik sepeda". Profesi lainnya adalah sebagai disainer grafis, Ia sempat bekerja sebagai disainer untuk sebuah perusahaan majalah kartun di Bali, sebuah koran surfing di Bali dan pada akhirnya bergabung bersama Rizal Tanjung seorang peselancar nasional mendirikan perusahaan Electrohell yang bergerak dalam bidang pembuatan desain pakaian surfing dan mendirikan studio rekaman. Semua sampul albumnya dirancang sendiri oleh Booby Kool.

Perjalanan Karier[sunting | sunting sumber]

1995: Superman Silver Gun[sunting | sunting sumber]

Pertemuan dirinya dengan Jerinx (drum) dan Lolot (gitar bass) pada tahun 1995 di Kuta di mana mereka memiliki minat sama pada musik dilanjutkan dengan pembentukan kelompok musik bernama Superman Silver Gun, nama ini diambil dari sebuah lagu milik Stone Temple Pilots. Bobby Kool mengambil posisi sebagai pemain gitar dan penyanyi dalam kelompok musik ini. Pada awalnya mereka kerap membawakan lagu-lagu dari Green Day dan mengisi acara pada panggung-panggung lokal di Bali.

1995-2002: Superman is Dead (indie)[sunting | sunting sumber]

Pada perkembangan Superman Silver Gun, mereka menemukan sebuah konsep tentang bahwa tak ada manusia yang sempurna. Konsep ini menyebabkan pergantian nama kelompok mereka menjadi Superman Is Dead yang dianggap cocok. Nama Superman Is Dead biasa disingkat menjadi SID. Pada masa tersebut kelompok SID sempat berganti pemain gitar bass dari Lolot kemudian terakhir Eka Rock. Pada masa ini mereka telah menciptakan lagunya sendiri menghasilkan tiga album indie: Case 15 (1997), Superman Is Dead (album) (1998/1999), dan Bad Bad Bad (2002)

2001: Croto Chip[sunting | sunting sumber]

Pada masa merebaknya pengaruh musik ska di Indonesia, Bobby membuat sebuah proyek kelompok musik indie yang mengusung aliran ska bernama Croto Chip dan melahirkan sebuah album bertajuk "Percuma".

2003-sekarang: Superman is Dead (mayor label)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003 Superman Is Dead secara resmi berada dalam naungan label Sony Music Indonesia, ditandai dengan dirilisnya album Kuta Rock City. Album pertama mereka menuai kesuksesan yang dilanjutkan dengan rilisnya album-album Superman Is Dead yang lain, The Hangover Decade (2005), Black Market Love (2006), Angels & the Outsiders (2009), Aku Anak Indonesia (Single) (2011),dan The Early Years, Blood, Sweet and Tears (2012) dalam format vinyl.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Superman Is Dead[sunting | sunting sumber]

Croto Chip[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.balebengong.net/kabar-anyar/2011/02/16/tiga-tukang-di-balik-jutaan-penggemar.html Tiga Tukang di Balik Jutaan Penggemar, diakses 26 Juli 2012

Pranala luar[sunting | sunting sumber]