Borivoj I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bořivoj I, Adipati Bohemia)
Langsung ke: navigasi, cari
Adipati Bořivoj yang dibaptis. Sebuah lukisan sejarah oleh Václav Ignác Leopold Markovský

Bořivoj I (Bahasa Ceska :ˈbɔr̝ɪvɔj) (tahun 852 – 889) merupakan tokoh pertama di dalam sejarah yang didokumentasikan sebagai Adipati Bohemia (870–889) dan pendiri Wangsa Přemyslid.

Sebagai kepala wangsa Přemyslid yang mendominasi sekeliling yang sekarang Praha, di sekitar tahun 870 Bořivoj mengumumkan dirinya sendiri sebagai kníže - yang di dalam bahasa Latin dux, yang berarti penguasa pangeran. Gelarnya kemudian diterjemahkan oleh para sarjana Jerman sebagai "adipati" Bohemia (Cekoslowakia). Meskipun para adipati Jerman memiliki gelar yang sama, sesungguhnya gelarnya sangat berbeda. Dux Cekoslowakia bertentangan dengan penguasa mereka yang berdaulat. Bořivoj diakui seperti itu oleh maharajanya Svatopluk I dari Moravia Raya di sekitar tahun 872 yang mengirim Uskup Metodius untuk mulai mengganti Bohemia Slavia ke Kristiani. Bořivoj dan istrinya Santa Ludmila yang dibaptis oleh Metodius (mungkin pada tahun 883) dan kemudian menjadi penginjil yang antusias, meskipun agama tersebut gagal mengambil akar di antara pengikut Bořivoj.

Pada dalam tahun 883/884 Bořivoj digulingkan oleh sebuah revolusi dengan dukungan kerabatnya Strojmír, dan dipulihkan pada tahun 885 hanya dari wasiat Raja Svatopluk dari Moravia. Ketika Bořivoj wafat 4 tahun kemudian Svatopluk mengambil alih pemerintahan atas Bohemia.

Sebagaimana dengan penguasa awal Bohemia, Bořivoj adalah tokoh bayangan dan tanggal tepat dan fakta untuk pemerintahannya tidak pernah dapat dianggap sebagai benar-benar dapat diandalkan, meskipun beberapa benteng besar dan yayasan agama dikatakan bertanggal dari masa itu. Sebuah legenda di dalam Ceska kuno menyatakan bahwa ia adalah putra seorang pangeran Bohemia yang bernama Hostivít.

Didahului oleh:
_
Adipati Bohemia
tahun 870 – tahun 889
Diteruskan oleh:
Spytihněv I