Blitzmegaplex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Blitzmegaplex
Motto beyond movies
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Ketersediaan Nasional
Pendiri
Kantor pusat Jakarta
Pemilik PT. Graha Layar Mitra
Situs web resmi www.blitzmegaplex.com//

Blitzmegaplex merupakan salah satu jaringan bioskop di Indonesia yang menawarkan konsep baru untuk memberikan pengalaman yang berbeda saat menonton film. Blitzmegaplex membuka jaringan bioskop pertamanya di Paris Van Java, Bandung. Kehadiran Blitzmegaplex menghilangkan kesan monopoli yang terjadi dalam jaringan bisnis bioskop di Indonesia karena sebelumnya didominasi oleh Bioskop 21 yang telah lebih dahulu sukses dalam pasar sinema di Indonesia.

Blitzmegaplex hadir dengan minimal 8 layar (untuk blitzmegaplex) dan 4 layar (untuk blitztheater) di setiap lokasi bioskop. Jumlah layar yang banyak tersebut memberikan kesempatan untuk menonton berbagai macam genre film, bukan hanya film-film Hollywood, namun juga Film Festival, Arthouse, Film India, Animasi dan berbagai film yang berasal dari seluruh dunia dengan berbagai bahasa.

Blitzmegaplex telah meraih penghargaan dari MURI sebagai bioskop dengan layar terbesar di tanah air[1] yaitu di auditorium 1 di blitzmegaplex Grand Indonesia.

Tipe Auditorium[sunting | sunting sumber]

Velvet Class[sunting | sunting sumber]

Velvet class merupakan tipe bioskop first class yang telah hadir di blitzmegaplex Pacific Place, blitzmegaplex Mall of Indonesia, blitzmegaplex Central Park Jakarta, dan blitzmegaplex Paris Van Java Bandung. Velvet Class dilengkapi layar yang lebar dan sound yang maksimal, sofa bed mewah untuk 2 orang yang dilengkapi bantal pilihan dan selimut yang lembut.

Pelayanan yang maksimal juga diberikan dengan menghadirkan fitur service button, yaitu sebuah tombol yang ada di setiap sofa bed, yang memungkinkan para penonton untuk memesan makanan dan minuman tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Velvet Class pun didukung dengan suasana lounge ekslusif yang berbeda dari biasanya dengan menampilkan unsur retro yang hangat dan personal.

Satin Class[sunting | sunting sumber]

Satin class merupakan tipe bioskop VVIP yang telah hadir di blitzmegaplex Grand Indonesia, blitzmegaplex Mall of Indonesia, dan blitztheater The Plaza Balikpapan. Tipe ini memungkinkan penonton untuk mendapatkan pengalaman menonton film yang lebih nyaman dengan kursi yang memiliki sandaran kaki dan fasilitas service button yang memungkinkan pemesanan makanan dan minuman dari dalam auditorium. Satin Class dilengkapi dengan 52 reclining seats, dan lounge ekslusif.

RealD 3D[sunting | sunting sumber]

RealD 3D merupakan teknologi proyeksi stereoskopik yang dibuat dan dimiliki oleh RealD Inc. Sampai saat ini, teknologi RealD 3D adalah teknologi yang paling banyak digunakan untuk menonton film 3D di berbagai bioskop di seluruh dunia. Kelebihan dari teknologi ini dibandingkan dengan teknologi serupa adalah kacamata 3D yang digunakan menggunakan circular polarized (proyeksi gelombang yang berputar) sehingga memungkinkan kepala kita bergerak bebas saat menyaksikan film dalam format 3D. Perbedaan teknologi ini dari teknologi 3D lainnya adalah pengalaman lebih melihat gambar tersebut ke dalam layar, bukan seolah-olah muncul di depan layar. Blitzmegaplex telah mengadopsi sistem ini di seluruh cabangnya.

4DX[sunting | sunting sumber]

4DX merupakan teknologi film pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dimiliki dan dikembangkan oleh perusahan asal Korea Selatan CJ 4DPLEX, anak usaha CJ Group. Format film 4D dilengkapi dengan sensor khusus seperti gerakan, udara, aroma, percikan air dan efek khusus lainnya.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

blitzCard[sunting | sunting sumber]

blitzCard adalah kartu keanggotaan blitz yang berfungsi sebagai alat identifikasi saat melakukan transaksi di lokasi blitzmegaplex dan secara online, dengan menggunakan semua metode pembayaran baik Tunai, Kartu Debit / Kredit, Saldo & Poin di dalam blitzCard itu sendiri.

Fasilitas lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Coffee corner
  • Smoking lounge
  • Box office & Consession
  • Waiting Room (Party Room dan Seating Lounge)

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Paris Van Java, Bandung, Jawa Barat[sunting | sunting sumber]

Menyasar segmen remaja, cabang blitz yang pertama dibuka pada 16 Oktober 2006 di area seluas 7000 m di Mall Paris Van Java Bandung, lifestyle mall. Hadir dengan 9 layar, dengan total kapasitas 2200 kursi. Bioskop ini dilengkapi dengan Blitzgamesphere, studio RealD 3D dan juga Outdoor Cafe yang dilengkapi dengan panggung.

Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat[sunting | sunting sumber]

Blitmegaplex membuka cabang keduanya di Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Dibuka pada 21 Maret 2007 di area seluas 8900m2, bioskop ini hadir dengan 11 layar. Dilengkapi juga dengan dua auditorium Satin (pertama di Grand Indonesia, selanjutnya di Balikpapan Plaza), ruang tunggu khusus Satin, dan studio RealD-3D . Sejak Desember 2009 hadir blitzIcon, photo-box/studio eksklusif, dan juga D-BOX MOTION: Realistic Motion Game.

Pacific Place, SCBD, Setiabudi, Jakarta Selatan[sunting | sunting sumber]

Cabang ketiga ini dibuka pada 21 November 2007 di area seluas 6000 m2 di kawasan bisnis Jakarta, tepatnya di Pacific Palce Mall. Hadir dengan 8 layar, dengan total kapasitas 1200 kursi. Satu gebrakan baru dibuat blitz yaitu dengan menghadirkan Velvet Class, yang merupakan bioskop first class, dengan sofa bed untuk dua orang. Auditorium Velvet dilengkapi dengan ruang tunggu yang ekslusif dengan kursi dan sofa bed yang empuk, cocok digunakan sambil menunggu film diputar.

Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara[sunting | sunting sumber]

Cabang blitz yang selanjutnya ini dibuka pada 24 Juli 2008 di area seluas 6400 m2 di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Hadir dengan 10 layar, dengan total kapasitas 1.768 kursi. Dilengkapi dengan RealD-3D Cinema, dining cinema yang eksklusif, kafe yang dilengkapi dengan panggung, satu auditorium Velvet dengan ruang tunggu khusus, beat box dan blitzGameSphere. Dining CInema menggabungkan konsep fine dining dengan menonton film ini merupakan yang pertama di Indonesia. Auditorium Velvet ini adalah yang kedua setelah Pacific Place, Jakarta.

Teras Kota, Serpong, Tangerang Selatan, Banten[sunting | sunting sumber]

Kali ini Blitz mulai menyasar kota selain Jakarta dan Bandung, tepatnya di Tangerang Selatan. Cabang ini dibuka pada 17 Juli 2009 di area seluas 4750m2 di kawasan strategis BSD City, Serpong. Hadir dengan 9 layar, dengan total kapasitas 1.800 kursi serta satu auditorium dengan konsep stadium setting. Bioskop ini dilengkapi dengan Blitzgamesphere, Smoking Area, serta satu studio RealD 3D.

Central Park, Grogol Petamburan, Jakarta Barat[sunting | sunting sumber]

Pada bulan april 2010, Blitzmegaplex membuka cabang barunya di Central Park Mall. Dengan 10 auditorium, 5 diantaranya dengan stadium seating. Bioskop ini dilengkapi dengan Velvet Class dan bioskop jenis baru yaitu Velvet Suite. Blitzmegaplex Central Park ini juga dilengkapi dengan BlitzGamesphere dan Blitzshoppe.

Bekasi Cyber Park, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat[sunting | sunting sumber]

Blitzmegaplex membuka gerai ke 7 yang berlokasi di Bekasi Barat, yaitu Bekasi Cyber Park di lantai 3 (parkir mobil di P3 & P3A) dan dibuka pada tanggal 3 Juni 2011.[2]

The Plaza Balikpapan, Balikpapan, Kalimantan Timur[sunting | sunting sumber]

Blitztheater yang berlokasi di The Plaza Balikpapan ini adalah site pertama yang berada di luar pulau Jawa. Memiliki 6 auditorium dan 1 satin class, serta 1 auditorum RealD 3D. Blitztheater Balikpapan merupakan site ke 8 blitz juga merupakan konsep Blitztheater pertama di Indonesia.

Kepri Mall, Batam, Kepulauan Riau[sunting | sunting sumber]

Blitztheater di Batam yang berlokasi di Mal Kepri terdiri dari 4 auditorium dan 1 RealD 3D auditorium. Dibuka sejak bulan Desember 2012, blitztheater ini menjadi site ke 9 dari seluruh blitz dan site ke 2 yang berlokasi di luar pulau Jawa.

Grand Galaxy Park, Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat[sunting | sunting sumber]

Cabang ke 10 Blitzmegaplex berada di Grand Galaxy Park, Bekasi. Memiliki 3 auditorium dan 1 auditorium RealD 3D. Dengan total kapasitas 642 seats, blitz Grand Galaxy Park resmi dibuka pada tanggal 1 November 2013.

Harbour Bay Mall, Batam, Kepulauan Riau[sunting | sunting sumber]

Cabang ke 11 Blitztheater juga berada di Batam, tepatnya di Harbour Bay Mall, dengan 4 Auditorium dan RealD 3D Auditorium, Blitz menghadirkan konsep baru yaitu dengan menghadirkan Love Seat, yaitu sofa kecil yang digunakan untuk yang berpasangan agar dapat lebih nyaman menonton film yang ditayangkan. Pembelian tiket Love Seat dapat dilakukan seperti biasa dengan pembelian langsung untuk 2 tiket. Harga tiket mengikuti harga jenis dan hari dimana film ditayangkan, dikalikan 2 kursi. Love Seat hadir disetiap auditorium.

Rencana dibuka[sunting | sunting sumber]

Daftar Blitzmegaplex[sunting | sunting sumber]

Blitzmegaplex Alamat Studio Reguler Velvet Class Satin Class 4DX Cinema
Paris Van Java Mall Jl. Sukajadi 137-139, Bandung, Jawa Barat 40162 8 2 1
Grand Indonesia Jl. MH. Thamrin No. 1, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10 2 1
Pacific Place SCBD, Jl. Jend Sudirman kav 52-53, Setiabudi, Jakarta Selatan 6 2
Mall of Indonesia Kelapa Gading Square, Jl. Boulevard Barat Raya. Kelapa Gading, Jakarta Utara 7 1 1 1
Teras Kota BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Banten 9
Central Park Podomoro City, Jl.Let.Jen.S.Parman Kav 28, Grogol Petamburan, Jakarta Barat 8 2
Bekasi Cyber Park Jl. KH Noor Alie No. 17, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat 9
The Plaza Balikpapan Jl. Jendral Sudirman No. 1, Klandasan Ilir, Balikpapan, Kalimantan Timur 5 1
Kepri Mall Jl. Jend Sudirman, Simpang Mukakuning - Sukajadi, Batam, Kepulauan Riau 4
Grand Galaxy Park Jl. Boulevard Raya Timur, Komp Taman Galaxy, Bekasi Selatan, Bekasi 4
Harbour Bay Mall Jl. Duyung-Batu Ampar, Kompleks Harbour Bay, Batam, Kepulauan Riau 4 + Love Seat

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]