Blitzmegaplex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Blitzmegaplex

Blitzmegaplex adalah jaringan bioskop di Indonesia yang membuka jaringan bioskop pertamanya di Paris Van Java, Bandung. Kehadiran Blitzmegaplex menghilangkan kesan monopoli yang terjadi dalam jaringan bisnis bioskop di Indonesia karena hanya ada Bioskop 21 yang sebelumnya telah lebih dahulu sukses dalam pasar sinema di Indonesia.

Setelah hadir di Bandung, Blitzmegaplex masuk ke Jakarta dengan membuka cabangnya di Grand Indonesia disusul kemudian dengan pembukaan di Pacific Place dan bioskop Blitzmegaplex yang terbaru di Mall of Indonesia dengan 11 layar dan studio 3D dengan menggunakan teknologi realD.Dan dipertengahan tahun 2009, Blitzmegaplex membuka lagi cabang barunya di Teraskota dengan 9 layar dan studio 3D. Blitzmegaplex telah meraih penghargaan dari MURI sebagai bioskop dengan layar terbesar di tanah air[1] yaitu di auditorium 1 di blitzmegaplex Grand Indonesia. Fasilitas yang membedakan Blitzmegaplex dengan Bioskop 21 adalah studio BlitzDining Cinema yang memadukan konsep menonton film dan restoran.[2].

Cabang Blitzmegaplex[sunting | sunting sumber]

Paris Van Java, Bandung, Jawa Barat[sunting | sunting sumber]

Menyasar segmen remaja, cabang blitz yang pertama dibuka pada 16 Oktober 2006 di area seluas 7000 m di Mall Paris Van Java Bandung, lifestyle mall. Hadir dengan 9 layar, dengan total kapasitas 2200 kursi. Bioskop ini dilengkapi dengan Blitzgamesphere, studio RealD 3D dan juga Outdoor Cafe yang dilengkapi dengan panggung.

Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat[sunting | sunting sumber]

Blitmegaplex membuka cabang keduanya di Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Dibuka pada 21 Maret 2007 di area seluas 8900m2, bioskop ini hadir dengan 11 layar. Dilengkapi juga dengan dua auditorium Satin (pertama di Grand Indonesia, selanjutnya di Balikpapan Plaza), ruang tunggu khusus Satin, dan studio RealD-3D . Sejak Desember 2009 hadir blitzIcon, photo-box/studio eksklusif, dan juga D-BOX MOTION: Realistic Motion Game.

Pacific Place, SCBD, Setiabudi, Jakarta Selatan[sunting | sunting sumber]

Cabang ketiga ini dibuka pada 21 November 2007 di area seluas 6000 m2 di kawasan bisnis Jakarta, tepatnya di Pacific Palce Mall. Hadir dengan 8 layar, dengan total kapasitas 1200 kursi. Satu gebrakan baru dibuat blitz yaitu dengan menghadirkan Velvet Class, yang merupakan bioskop first class, dengan sofa bed untuk dua orang. Penonton akan merasakan menonton sambil ditemani sofa yang empuk, bantal serta selimut yang hangat, seperti menonton di rumah sendiri. Auditorium Velvet dilengkapi dengan ruang tunggu yang ekslusif dengan kursi dan sofa bed yang empuk, cocok digunakan sambil menunggu film diputar.

Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara[sunting | sunting sumber]

Cabang blitz yang selanjutnya ini dibuka pada 24 Juli 2008 di area seluas 6400 m2 di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Hadir dengan 10 layar, dengan total kapasitas 1.768 kursi. Dilengkapi dengan RealD-3D Cinema, dining cinema yang eksklusif, kafe yang dilengkapi dengan panggung, satu auditorium Velvet dengan ruang tunggu khusus, dan blitzGameSphere. Dining CInema menggabungkan konsep fine dining dengan menonton film ini merupakan yang pertama di Indonesia. Auditorium Velvet ini adalah yang kedua setelah Pacific Place, Jakarta.

Teraskota, Serpong, Tangerang Selatan, Banten[sunting | sunting sumber]

Kali ini Blitz mulai menyasar kota selain Jakarta dan Bandung, tepatnya di Tangerang Selatan. Cabang ini dibuka pada 17 Juli 2009 di area seluas 4750m2 di kawasan strategis BSD City, Serpong. Hadir dengan 9 layar, dengan total kapasitas 1.800 kursi serta satu auditorium dengan konsep stadium setting. Bioskop ini dilengkapi dengan Blitzgamesphere, Smoking Area, serta satu studio RealD 3D.

Central Park, Grogol Petamburan, Jakarta Barat[sunting | sunting sumber]

Pada bulan april 2010, Blitzmegaplex membuka cabang barunya di Central Park Mall. Dengan 10 auditorium, 5 diantaranya dengan stadium seating. Bioskop ini dilengkapi dengan Velvet Class dan bioskop jenis baru yaitu Velvet Suite. Blitzmegaplex Central Park ini juga dilengkapi dengan BlitzGamesphere dan Blitzshoppe.

Bekasi Cyber Park, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat[sunting | sunting sumber]

Setelah membuka cabang di Central Park, Teraskota, Mall Of Indonesia, Pacific Place, Grand Indonesia, dan Paris van Java Blitzmegaplex pun membuka gerai ke 7 yang berlokasi di Bekasi Barat, yaitu Bekasi Cyber Park di lantai 3 (parkir mobil di P3 & P3A) dan dibuka pada tanggal 3 Juni 2011.[3]

The Plaza Balikpapan, Balikpapan, Kalimantan Timur[sunting | sunting sumber]

Blitztheater yang berlokasi di The Plaza Balikpapan ini adalah site pertama yang berada di luar pulau Jawa. Memiliki 6 auditorium dan 1 satin class, serta 1 auditorum RealD 3D. Blitztheater Balikpapan merupakan site ke 8 blitz juga merupakan konsep Blitztheater pertama di Indonesia.

Kepri Mall, Batam, Kepulauan Riau[sunting | sunting sumber]

Blitztheater di Batam yang berlokasi di Mal Kepri terdiri dari 4 auditorium dan 1 RealD 3D auditorium. Dibuka sejak bulan Desember 2012, blitztheater ini menjadi site ke 9 dari seluruh blitz dan site ke 2 yang berlokasi di luar pulau Jawa.

Grand Galaxy Park, Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat[sunting | sunting sumber]

Cabang ke 10 Blitzmegaplex berada di Grand Galaxy Park, Bekasi. Memiliki 3 auditorium dan 1 auditorium RealD 3D. Dengan total kapasitas 642 seats, blitz Grand Galaxy Park resmi dibuka pada tanggal 1 November 2013.

Harbour Bay Mall, Batam, Kepulauan Riau[sunting | sunting sumber]

Setelah sukses membuka cabang di Kepri Mall ,cabang ke 11 Blitztheater kembali hadir di Batam, tepatnya di Harbour Bay Mall, dengan 4 Auditorium dan RealD 3D Auditorium, kembali Blitz menghadirkan konsep baru yaitu dengan menghadirkan Love Seat, yaitu sofa kecil yang digunakan untuk yang berpasangan agar dapat lebih nyaman menonton film yang ditayangkan. Pembelian tiket Love Seat dapat dilakukan seperti biasa dengan pembelian langsung untuk 2 tiket. Harga tiket mengikuti harga jenis dan hari dimana film ditayangkan, dikalikan 2 kursi. Love Seat hadir disetiap auditorium.

Rencana dibuka[sunting | sunting sumber]

Daftar Blitzmegaplex[sunting | sunting sumber]

Blitzmegaplex Alamat Studio Reguler Velvet Class Satin Class 4DX Cinema
Paris Van Java Mall Jl. Sukajadi 137-139, Bandung, Jawa Barat 40162 9 2 1
Mall of Indonesia Kelapa Gading Square, Jl. Boulevard Barat Raya. Kelapa Gading, Jakarta Utara 10 1 1
Pacific Place SCBD, Jl. Jend Sudirman kav 52-53, Setiabudi, Jakarta Selatan 6 2
Teraskota BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Banten 9
Grand Indonesia Jl. MH. Thamrin No. 1, Tanah Abang, Jakarta Pusat 11 2 1
Central Park Podomoro City, Jl.Let.Jen.S.Parman Kav 28, Grogol Petamburan, Jakarta Barat 10 2
Bekasi Cyber Park Jl. KH Noor Alie No. 17, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat 9
The Plaza Balikpapan Jl. Jendral Sudirman No. 1, Klandasan Ilir, Balikpapan, Kalimantan Timur 5 1
Kepri Mall Jl. Jend Sudirman, Simpang Mukakuning - Sukajadi, Batam, Kepulauan Riau 4
Grand Galaxy Park Jl. Boulevard Raya Timur, Komp Taman Galaxy, Bekasi Selatan, Bekasi 4
Harbour Bay Mall Jl. Duyung-Batu Ampar, Kompleks Harbour Bay, Batam, Kepulauan Riau 4 + Love Seat

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]