BlackBerry Torch 9860

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Blackberry Logo.svg
Blackberry Torch 9860.jpg
Pembuat Research In Motion (RIM)
Jaringan Tri-band 3G HSDPA UMTS network:2100/1900/850/800 MHz atau 2100/1700/900MHz Quad band GSM/GPRS/EDGE/ network: 850/900/1800/1900 MHz
Dimensi 120 mm x 62 mm x 11.5 mm
Berat 135 g
Memori RAM 768MB
Kartu memori MicroSD 4 GB (sudah termasuk) dan dapat ditambah hingga 32GB
Baterai 1230 mAh removable/rechargeable cryptographic lithium cell
Input “Track pad” QWERTY on screen keyboard
Layar 3.7” (diagonal) ; TFT ; LCD
Kamera 5 Mega Pixel

BlackBerry Torch 9860 merupakan sebuah telepon genggam pintar yang dikeluarkan oleh BlackBerry yang merupakan model terbaru pada tahun 2011 ini. telepon genggam pintar ini merupakan model kelanjutan dari model BlackBerry torch terdahulu. Perbedaannya secara fisik dapat dilihat dari bentuknya yang tidak lagi menggunakan sistem slide tetapi menggunakan sistem layar sentuh dengan ukuran layar 3.7” yang merupakan layar sentuh terbesar pertama yang pernah dibuat oleh BlackBerry

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

  • Panjang: 4.72in/120mm
  • Lebar: 2.44in/62mm
  • Ketebalan: 0.45in/11.5mm
  • Berat: 4.76oz/135gr
  • Layar: 3.7” (diagonal) ; TFT ; LCD
  • Resolusi: high resolution 800x480 WVGA pixel; 253ppi; 24 bit display
  • Kamera: 5MP; Flash; Continuous auto-focus; Face detection; image stabilization; geo tagging; 4x digital zoom
  • Video: 720p HD video-recording
  • Input: “Track pad” QWERTY on screen keyboard
  • Processor: QC 8695 1.2GHz
  • Sensor: accelerometer; digital compass
  • Memori: 768MB RAM memory; 4GBeMMC
  • Baterai: 1230mAH removeable/rechargeable cryptographic lithium cell
  • Waktu bicara: 6.8hrs
  • GPS: built in A-GPS
  • Konektivitas: WiFi Bluetooth
  • Jaringan: Tri band 3G [1] HSDPA [2] UMTS [3] network:2100/1900/850/800 MHz atau 2100/1700/900MHz Quad band GSM/GPRS/EDGE/ network: 850/900/1800/1900 MHz
  • Sistem operasi: BlackBerry OS 7.0

Fitur dan Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Selain spesifikasi yang disebutkan di atas, BlackBerry torch 9860 juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang sudah terinstalled di dalamnya seperti:

  1. BBM: BlackBerry Messenger (BBM) merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Research In Motion BBM yang digunakan oleh BlackBerry ini adalah BBM versi 6 yang lebih canggih daripada generasi yang sebelumnya. BBM adalah suatu aplikasi yang memungkinkan si pengguna untuk saling mengirimkan pesan singkat kepada pengguna BBM lainnya, dimana saja, dan kapan saja. Selain pesan singkat BBM juga dapat digunakan untuk bertukar pesan, suara, video dan juga gambar.
  2. BlackBerry Application World: aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang diluncurkan Research In Motion untuk memudahkan para pengguna BlackBerry dalam mengunduh aplikasi-aplikasi tambahan, baik itu aplikasi yang gratis atau pun yang dikenakan biaya.
  3. Docs to go: merupakan aplikasi yang dapat membuka document seperti Word, Excel dan Power points. Selain itu aplikasi ini juga dapat membuka dokumen yang berupa PDF , dimana saja dan kapan saja dan melalui telepon genggam pintar BlackBerry
  4. Blackberry news: adalah sebuah aplikasi yang memuat tentang berita-berita dari daerah kita dan dari seluruh dunia.
  5. Blackberry traffic: sebuah aplikasi yang memberikan estimasi waktu berapa lama kita akan sampai ke suatu tujuan dan apakah ada kemacetan di daerah sekitarnya atau tidak. Dengan cara memasukan alamat yang akan kita tuju.
  6. Mail: merupakan aplikasi yang memungkinkan si pengguna untuk membuka, menerima, dan mengirim surat elektronik
  7. IM messenger: merupakan aplikasi mengirim pesan singkat melalui website seperti Yahoo Messenger , MSN , Google talk dan sebagainya.
  8. Social networking: merupakan fitur yang memberikan akses kepada pengguna untuk membuka situs jejaring sosial yang mereka inginkan seperti Facebook , Twitter dan Foursquare.
  9. Browser: merupakan aplikasi yang memberikan akses kepada si pengguna untuk melakukan penjelajahan di internet. Contohnya mencari informasi di Google , bing , Wikipedia

Selain aplikasi-aplikasi di atas, BlackBerry Torch 9860 ini juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi tambahan yang dapat kita unduh dari BlackBerry Application World. Aplikasi itu antara lain adalah:

  1. Wikitude: [4] sebuah aplikasi terbaru yang menggunakan kamera sebagai alatnya, sehingga memungkinkan si pengguna untuk menjelajahi daerah sekitarnya wikitude juga merupakan salah satu dari apa yang disebut dengan Augmented Reality [5] teknologi.
  2. Amazon music store: [6] aplikasi tambahan yang menyediakan musik atau lagu-lagu tertentu dan memungkinkan si pengguna untuk mengunduh lagu yang mereka sukai.
  3. Slacker radio: [7] aplikasi yang memungkinkan si pengguna untuk mendengarkan radio melalui BlackBerry

Aksesoris[sunting | sunting sumber]

BlackBerry juga menyediakan aksesori tambahan yang dapat melengkapi BlackBerry Torch 9860 ini. Aksesori tersebut berupa BlackBerry soft shell yang merupakan sarung pelindung BlackBerry supaya aman dari goresan atau pun benturan, BlackBerry premium stereo handset yang merupakan handset pendengar yang digunakan untuk mendengar lagu, radio dan menerima panggilan pada waktu sedang mengendarai kendaraan dan yang terakhir adalah BlackBerry sync pod shuffle yang merupakan alat sinkronisasi data dari BlackBerry ke PC atau pun laptop. Semua aksesoris BlackBerry tersebut dijual secara terpisah.

Sistem Operasi[sunting | sunting sumber]

Pada BlackBerry Torch 9860 ini, BlackBerry OS yang digunakan adalah sistem operasi OS7. Sistem ini merupakan sistem operasi generasi terbaru dari BlackBerry yang dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya karena, sistem operasi ini mempunyai kemampuan multi tugas yang super lancar dan navigasi yang sangat mudah. Kemampuannya untuk mengunduh data 40% lebih cepat dari sistem operasi yang terdahulu dilengkapi dengan Liquid graphics yang terbaru pada layarnya menyebabkan tampilan foto, video game dan berbagai aplikasi yang ada dalam BlackBerry ini tampak nyata dengan detail yang jernih. Melalui terobosan teknologi terbaru OS7 memungkinkan kita untuk selalu terhubung dengan dunia baru yang lebih canggih dan perkembangan teknologi terbaru yang kita sebut dengan Augmented Reality [5] yang artinya teknologi ini mengintegrasi kemampuan design grafis komputer ke dunia nyata. OS 7 juga menawarkan kemampuan pencarian universal yang dapat diaktifkan melalui suara.

Prosesor dan Memori[sunting | sunting sumber]

BlackBerry Torch 9860 ini didukung pula dengan prosesor 1.2GHz yang terintegrasi secara sempurna dengan OS7, sehingga kita dapat menonton video, berinternet, dan bersosialisasi secara lancar. Alat ini juga dilengkapi dengan memori internal 768MB RAM dan tambahan micro SD card sebesar 4GB yang dapat di upgrade sampai 32GB.

Baterai[sunting | sunting sumber]

BlackBerry Torch 9860 ini dilengkapi dengan baterai 1230 mAH lithium-ion yang dapat dilepas dan dicharge ulang. Dengan masa waktu bicara sampai dengan 6.8jam (CDMA) dan 6.1jam (UMTS), sementara dalam keadaan standby baterai dapat bertahan sampai dengan 13.4 hari (CDMA) dan 11.8hari (UMTS). Kemampuan baterai dalam mendengarkan music sampai dengan 50.2 jam dan pada video sampai dengan 6.6 jam.

Multimedia, layar dan kamera[sunting | sunting sumber]

BlackBerry Torch 9860 ini dilengkapi dengan kamera 5MP yang didukung dengan deteksi wajah, 4x zoom dan stabilisasi gambar sehingga foto yang dihasilkan tampak lebih nyata. Dengan kemampuan merekam video setajam 720p HD recording membuat hasil rekaman jernih dan tampak seperti asli.

Pengadaptasian teknologi informasi BlackBerry terhadap Masyarakat[sunting | sunting sumber]

Teknologi BlackBerry yang semakin lama semakin canggih, membuat dampak yang besar bagi masyarakat. Dimana masyarakat dapat memilih type BlackBerry apa yang sesuai dengan keperluan mereka. Meskipun pada kenyataannya perkembangan teknologi tidak dapat dibendung, tetapi pasti masih ada sekelompok masyarakat yang memilih untuk tidak menggunakan teknologi tersebut. Hal ini dapat kita analisis dengan menggunakan Perspektif Payung Grant [8] dimana, ada empat faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam beradaptasi dengan teknologi baru.

Faktor-faktor itu adalah:

  1. Faktor enabling merupakan faktor yang dapat mengukur kemampuan dari teknologi tersebut. Contohnya dalam BlackBerry yang merupakan sebuah telepon genggam pintar yang dapat kita gunakan dimana saja dan kapan saja. Kita dapat menerima dan mengirimkan surat elektronik gambar, pesan singkat, bahkan menonton video dengan kualitas gambar dan suara yang cukup baik.
  2. Faktor limiting merupakan faktor yang mengukur adanya keterbatasan dalam teknologi tersbut. Faktor limiting ini selalu bertolak belakang dengan enabling. Pada BlackBerry Torch 9680 ini salah satu faktor limitingnya adalah keterbatasan pada daya tahan baterai yang sering kali cepat habis.
  3. Faktor motivating yang merupakan faktor yang digunakanuntuk mengukur kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan teknologi terbaru BlackBerry Torch 9680 ini, contohnya saja dengan menggunakan BlackBerry OS 7 yang lebih canggih daripada OS sebelumnya, tentu kita harus belajar terlebih dahulu, terutama dengan banyaknya fitur-fitur baru seperti pencarian dengan menggunakan suara, dan juga aplikasi-aplikasi yang mendukung teknologi augmented reality seperti wikitude dan lain sebagainya.
  4. Faktor inhibiting merupakan faktor yang terakhir dari perspektif payung Grant ini. Faktor ini merupakan faktor yang bertolak belakang dengan faktor motivating di atas, karena masyarakat belum tentu bisa menerima teknologi terbaru dari BlackBerry ini. Apalagi masyarakat yang tinggalnya jauh dari kota-kota besar. Tentu mereka belum banyak yang menggunakan telepon genggam pintar seperti BlackBerry ini. Dan bagi pengguna BlackBerry yang sudah terbiasa dengan tombol QWERTY belum tentu mau untuk berpindah ke teknologi on screen keyboard seperti yang dimiliki oleh BlackBerry Torch 9680 ini. Dan juga pilihan pribadi dari manusianya itu sendiri, dengan banyaknya telepon genggam pintar yang beredar di Indonesia seperti Iphone dan telepon pintar lainnya yang berbasis android tentunya akan susah bagi BlackBerry untuk menghadapi persaingan seperti ini. Dikarenakan semua pilihan ada di tangan si pemakai. [9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]