Biz Markie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Biz markie)
Biz Markie
Markie pada 2018
Markie pada 2018
Informasi latar belakang
Nama lahirMarcel Hall
Nama lainThe Diabolical Biz Markie, The Clown Prince of Hip Hop
Lahir8 April 1964 (umur 60)[1]
AsalHarlem, New York City,
Amerika Serikat
Genrehip-hop
Tahun aktif1985-sekarang
LabelCold Chillin', Warner Brothers
Artis terkaitJuice Crew, Beastie Boys

Marcel Theo Hall (8 April 1964 – 16 Juli 2021)[1] atau populer dengan nama panggung Biz Markie adalah penyanyi rap, disc jockey, dan komedian Amerika Serikat. Ia dikenal dengan singel "Just a Friend".

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Markie memulai kariernya pada awal tahun 1980-an sebagai artis beat-box. Ia termasuk salah seorang artis yang membantu produser Marley Marl mendirikan Cold Chillin' Records. MC Shan dan Roxanne Shante adalah artis yang pertama kali diorbitkan Marley Marl dan Cold Chillin' Records. Markie memainkan beat-box untuk lagu Roxanne Shante yang laris, "Def Fresh Crew" (1986). Singel perdana Biz Markie adalah "Make the Music With Your Mouth, Biz" yang diedarkan Prism Records, diikuti album Goin' Off yang menghasilkan lagu hit "bawah tanah" Nobody Beats The Biz, The Vapors, dan Pickin' Boogers.

Tahun berikutnya, nama Biz Markie mencuat dengan singel Just a Friend yang masuk ke dalam urutan 10 teratas tangga lagu. Lagu tersebut dimasukkan ke dalam album The Biz Never Sleeps. Di dalamnya terdapat lagu The Dragon, Spring Again dan "Things Get a Little Easier" yang memakai sampling lagu antiobat terlarang, "Once You Understand" dari Bobby Susser.

Album I Need a Haircut[sunting | sunting sumber]

Angka penjualan album Biz yang berikutnya, I Need a Haircut ternyata mengecewakan. Di dalamnya terdapat lagu Alone Again yang memakai sampling lagu Alone Again (Naturally) dari Gilbert O'Sullivan. Biz dituntut karena memakai lagu Gilbert O'Sullivan secara ilegal. Pengadilan memenangkan tuntutan O'Sullivan dalam kasus Grand Upright Music, Ltd. v. Warner Bros. Records, Inc. yang menjadi salah satu keputusan tonggak dalam peradilan hak cipta di Amerika Serikat.[2] Berdasarkan keputusan tersebut, semua sampling untuk lagu hip-hop harus dimintakan izinnya lebih dulu dari musisi asli. Sebagai akibatnya, album I Need a Haircut ditarik dari peredaran. Pada tahun 1993, Biz membalas dengan mengeluarkan album berjudul All Samples Cleared!. Namun masa keemasannya sudah lewat akibat tuntutan pengadilan. Hingga akhir tahun 1990-an, ia hanya berada di balik layar seperti membuat rap untuk iklan MTV2, dan menjadi bintang tamu dalam lagu Beastie Boys, "Check Your Head" (1992), "Ill Communication" (1994), "Hello Nasty" (1998), dan antologi The Sounds of Science (1999). Selain itu, Biz membantu Canibus untuk lagu pertama musik film Office Space.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Album kompilasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Biz Markie: Biography". All Music. Diakses tanggal 10 Oktober 2008. 
  2. ^ Grand Upright Music, Ltd. v. Warner Bros. Records, Inc., 780 F. Supp. 182 (S.D.N.Y. 1991)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]