Biyu dari Baekje

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Biyu dari Baekje (?-455, bertahta tahun 427-455) adalah raja kedua puluh dari kerajaan Baekje, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea. Menurut riwayat Samguk Sagi, ia adalah putra tertua dari raja kesembilan belas kerajaan Baekje Guisin.

Biyu dari Baekje
Hangul
비유왕
Hanja
毗有王
Alih AksaraBiyu-wang
McCune–ReischauerPiyu-wang


Tanggal tradisional masa pemerintahan Biyu berdasarkan riwayat Samguk Sagi. Atas dasar catatan Cina yang lebih kontemporer, Yang Terbaik (1979) menganjurkan tahun 428 atau 429–455 lebih masuk diakal. Pada tahun 430, di dalam riwayat Cina mencatat seorang misi upeti tiba di istana Dinasti Song dari Raja Biyu. Istana kemudian mengkonfirmasikan Biyu dalam gelar yang diajukan kepada ayahnya. Misi upeti tambahan dikirimkan pada tahun 440, 443, dan 450.

Di antara Semenanjung Korea, Biyu mencari upaya untuk menguatkan hubungan Baekje dengan Silla, bertukar duta besar pada tahun 433 dan 434. Meskipun Silla merupakan protektorat Goguryeo pada saat itu, Silla dan Baekje bersekutu melawan Goguryeo (Naje Dongmaeng Hangul:나제동맹 Hanja:羅濟同盟).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Best, J.W. (1979). "Notes and questions concerning the Samguk sagi's chronology of Paekche's kings Chonji, Guishin, and Piyu". Korean Studies 3, 125–134.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]