Birmingham Blitz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tugu peringatan Tree of Life ditujukan pada korban Blitz di Birmingham. Dipahat Lorenzo Quinn, dan dipajang di Bull Ring oleh Anggota Dewan John Hood tanggal 8 Oktober 2005.

Birmingham Blitz adalah pengeboman besar oleh Luftwaffe Nazi Jerman terhadap kota Birmingham di Britania Raya, dimulai pada 9 Agustus 1940 dan berakhir 23 April 1943.

Terletak di Midlands, Birmingham adalah wilayah industri dan manufaktur penting dan juga padat, menjadi kota terbesar kedua Britania. 2,241 orang tewas, dan 3,010 luka parah. 3,682 lainnya mengalami luka ringan. 12,391 rumah, 302 pabrik dan 239 bangunan lain hancur, dengan banyak lainnya rusak.

Kematian pertama dalam pengeboman Birmingham adalah seorang tentara di Erdington, yang sedang meninggalkan satuannya. Malam itu, delapan bom dijatuhkan oleh satu pesawat Jerman. Dipercayai bahwa target yang dituju adalah Fort Dunlop atau Bromford Tubular Rolling Mills.

Kerusakan besar akibat pengeboman terhadap perumahan sipil di Birmingham menghasilkan pembangunan banyak estat perumahan besar di seluruh kota selama 20 tahun setelah Perang Dunia Kedua. Wilayah tersebut meliputi Castle Vale dan Chelmsley Wood. Beberapa wilayah dalam kota yang hancur seperti Ladywood dan Highgate dibangun kembali dengan perumahan modern setelah perang.

Target industri penting[sunting | sunting sumber]

Name Lokasi Produksi
Aerodrome Factory Castle Bromwich 1,200+ Spitfire & Lancaster
Austin "Shadow Factory" Longbridge 2,866 Fairey Battle, Hurricane, Stirling & Lancaster
Austin Works Longbridge 500 Kendaraan militer
Rover Solihull Mesin Bristol Hercules
Fisher and Ludlow Birmingham Sayap Lancaster, Shell Casings, Bom
Reynold Birmingham Sayap Spitfire, Light Alloy Tubing
GEC Birmingham Komponen Plastik
SU Carburettors Birmingham Karburator pesawat
Birmingham Small Arms Factory Birmingham Senapan

Target lainnya meliputi: Dunlop, Lucas, Metro-Cammell, Morris Commercial, British Timken, Hudson's Whistles dan Monitor Radio Company.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  • The Story of Erdington - From Sleepy Hamlet to Thriving Suburb, Douglas V. Jones, 1989, Westwood Press (ISBN 0-948025-05-0)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]