Bird in Space

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bird in Space adalah serangkaian patung karya Constantin Brancusi, seorang pematung Rumania. Karya asli dibuat pada tahun 1923. Patung tersebut terjual $27.5 juta pada tahun 2005, memecahkan rekor bagi patung yang terjual di lelang.[1] [2] [3] [4] [5] Judul asli dalam bahasa Rumania adalah Pasarea in vazduh.

Dalam pembuatan "Bird in Space, Brancusi tidak terkonsentrasi pada atribut fisik burung, tetapi pada gerakannya. Sayap Burung dan bulu dihilangkan, lekuk tubuh dibuat memanjang, dan kepala dan paruh direduksi menjadi bidang oval miring.[6]

Tujuh dari patung-patung Bird in Space terbuat dari marmer, sementara sembilan lainnya dari perunggu. Patung pertama dan paling terkenal dari seri tersebut disimpan di Metropolitan Museum of Art di New York City, sementara satu patung perunggu tuang disimpan di Museum of Modern Art. Tiga replika patung ini disimpan di Philadelphia Museum of Art. Satu patung perunggu dipamerkan di Museum Seni Seattle. Dua buah patung perunggu dipamerkan di Los Angeles County Museum of Art.

Referensi[sunting | sunting sumber]