Biosphere 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Biosphere 2

Biosphere 2 adalah sebuah sistem ekologikal tertutup buatan manusia di Oracle, Arizona dibangun oleh Edward P. Bass, Space Biosphere Ventures, dan lainnya. Dibangun antara 1987 dan 1989, dia digunakan untuk mengetes apakah dan bagaimana manusia dapat hidup dan bekerja dalam sebuah biosphere tertutup, selagi melakukan eksperimen ilmiah. Dia digunakan untuk meneliti kemungkinan penggunaan biosphere tertutup dalam kolonisasi angkasa, dan juga mengizinkan untuk penelitian dan manipulasi sebuah biosphere tanpa merugikan Bumi. Nama ini berasal dari Biosphere 1, Bumi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Misi[sunting | sunting sumber]

Proyek ini melakukan dua misi tertutup; pertama dari 26 September 1991 sampai 26 September 1993, dan yang kedua selama enam bulan pada 1994. Pada misi pertama, tingkat oksigen mulai menurun pada kecepatan yang stabil sekitar 0,5% per bulan. Hal ini berlanjut sampai atmosfer di dalamnya menyerupai sebuah komunitas pada ketinggian melebihi 4.000 kaki (1.200 m). Dan akhirnya, oksigen jatuh sampai ke tingkatan yang membahayakan, dan oksigen dipompa dari luar ke dalam.

Biosphere 2

Banyak yang mencurigai jatuhnya tingkat oksigen dikarenakan mikroorganisme di tanah. Seksi pertanian, savana, dan hutan hujan telah diberikan mikroba untuk membantu pertumbuhan tanaman. Akhirnya dirasakan bahwa mikroba tersebut mengonsumsi terlalu banyak oksigen.

Sebuah masalah dengan teori tersebut adalah bila mikroba bernapas menggunakan oksigen sebanyak itu akan menyebabkan jumlah karbon dioksida yang banyak pula. Namun peningkatan jumlah karbon dioksida ini tidak terbaca dalam pengecekan atmosfer. Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa konkrit di dasar fasilitas telah menyerap karbon dioksida tersebut. Efek ini menyerap sebagian besar karbon dioksida yang diproduksi oleh mikroba tersebut dan mengakibatkan habisnya persediaan oksigen dalam fasilitas ini.

Kesulitan menciptakan biosphere buatan yang sukses[sunting | sunting sumber]

Konsekuensi menarik dari eksperimen ini adalah sulitnya mengkopi fungsi dari modal alam biosfer Bumi dengan modal infrastruktural yang dibangun oleh manusia dengan teknologi sekarang ini. Meskipun menggunakan pengeluaran lebih dari AS$150 juta, percobaan biosphere baru ini tidak dapat menunjang delapan manusia untuk waktu yang lama, sedangkan yang alami dapat menampung delapan miliar manusia, termasuk organisme lainnya.

Universitas Columbia[sunting | sunting sumber]

Pada 1995 pemilik Biosphere 2 memindahkan manajemen kepada Universitas Columbia. Sejak 1996, lebih dari pelajar "graduate" telah menghabiskan setahun dalam Biosphere 2 Center (data pada 2003). Situs ini memiliki hotel sendiri dan pusat konferensi. Columbia sendiri juga telah melepas tanggung jawab terhadap Biosphere 2 ini.

Untuk dijual[sunting | sunting sumber]

Pada 10 Januari 2005 Decisions Investments Corporation, pemilik dari Biosphere 2, telah mengumumkan bahwa kampus Biosphere-2 untuk dijual. Mereka akan lebih tertarik bila riset digunakan dalam kompleks tersebut, tetapi juga mencari pembeli dengan maksud lainnya, seperti universitas, gereja, resort, spa, dll.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]