Bintang Bhayangkara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bintang Bhayangkara (Sanskerta: bhayangkara berarti garang, hebat; nama pasukan pengawal elit kerajaan Majapahit) adalah bintang penghargaan yang dinugerahkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai bintang kepahlawanan untuk anggota kepolisan yang telah menunjukkan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampaui panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

Bintang Bhayangkara dibagi dalam tiga kelas yaitu :

  1. Bintang Bhayangkara Utama
  2. Bintang Bhayangkara Pratama
  3. Bintang Bhayangkara Nararya

Bentuk bintang[sunting | sunting sumber]

Bintang Bhayangkara berbentuk seperti dilukiskan dalam gambar, ialah sebuah bintang berhias yang bersudut lima dengan garis tengah 45 mm, di sebelah muka terdapat perisai Kepolisian.

Bintang Bhayangkara Utama disertai Patra yang bentuk dan kombinasi warnanya sama dengan bintangnya, berukuran garis tengah 75 mm.

Bintang Bhayangkara Utama mempunyai bintang dan hiasan sinar-sinar yang dibuat dari logam berwarna emas, sedangkan lingkaran yang terdiri dari padi dan kapas, pita dengan tulisan Bhayangkara dan ketiga bintang kecil serta perisai lambang Kepolisian dibuat dari logam berwarna perak.

Bintang Bhayangkara Pratama mempunyai bintang dan hiasan sinar-sinar yang dibuat dari logam berwarna perak, sedangkan lingkaran yang terdiri dari padi dan kapas, pita dengan tulisan Bhayangkara dan ketiga bintang kecil serta perisai lambang Kepolisian dibuat dari logam berwarna emas.

Bintang Bhayangkara Nararya dibuat seluruhnya dari logam berwarna perak.

Di sebelah belakang Bintang terdapat tulisan Republik Indonesia.

Pita untuk Bintang Bhayangkara Utama berupa Pita Kalung sedang untuk Bintang Bhayangkara Pratama dan Bintang Bhayangkara Nararya berupa Pita Gantung, yang mempunyai warna dasar hitam dan 6 lajur yang berwarna kuning untuk Bintang Bhayangkara Utama, 5 lajur berwarna kuning untuk Bintang Bhayangkara Pratama dan 4 lajur yang berwarna kuning untuk Bintang Bhayangkara Nararya.

Pita Kalung tersebut berukuran lebar 35 mm, sedangkan puta gantung berukuran lebar 35 mm dan panjang 40 mm.

Pita harian dari pada Bintang Bhayangkara berwarna sama dengan pita tersebut di atas dengan ukuran panjang 35 mm dan lebar 10 mm.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Indonesia) Bintang Bhayangkara, Sekretariat Negara Republik Indonesia

Lihat pula[sunting | sunting sumber]