Bina Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bina Nusantara
BinaNusantaraLogo.gif
Singkatan Binus
Slogan Membangun Bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.
(Establishing the future through science and technology.) (sejak 1 Juli 1981)[1]
Pembentukan 21 Oktober 1974 (1974-10-21) (39 tahun lalu)
Jenis NGO
Badan hukum Yayasan
Tujuan Pendidikan
Pendiri Joseph Wibowo Hadipoespito
Situs web http://www.binus.edu

Bina Nusantara adalah sebuah organisasi swasta yang bergerak di bidang pendidikan. Salah satu divisi yang terkenal adalah Universitas Bina Nusantara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bina Nusantara pada awalnya berasal dari sebuah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974. Seiring dengan perkembangan, Modern Computer Course kemudian berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) pada 1 Juli 1981. Akademi ini menawarkan pendidikan manajemen informatika dan teknik informatika. Tiga tahun kemudian pada 13 Juli 1984 ATK mendapatkan status terdaftar dan berubah menjadi AMIK Jakarta. Pada 1 Juli 1985, AMIK membuka kursus di bidang komputerisasi akuntansi. AMIK mulai menggunakan nama Bina Nusantara pada 21 September 1985.

AMIK mendapatkan penghargaan akademi komputer terbaik dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Maret 1986. AMIK Bina Nusantara kemudian membentuk STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Bina Nusantara pada 1 Juli 1986. Institusi ini kemudian menawarkan program studi sarjana (S1) di bidang manajemen informatika dan teknik informatika.

Pada 9 November 1987 AMIK Bina Nusantara bergabung dengan STMIK Bina Nusantara membentuk satu institusi pendidikan yang menawarkan program studi diploma (D3) dan strata 1 (S1). STMIK Bina Nusantara memperoleh status disamakan untuk semua program studi pada 18 Maret 1992. STMIK Bina Nusantara kemudian membuka program studi pascasarjana manajemen sistem informasi, pertama di Indonesia pada 10 Mei 1993.

Universitas Bina Nusantara kemudian didirikan pada 8 Agustus 1996. STMIK Bina Nusantara kemudian bergabung dengan Universitas Bina Nusantara pada 20 Desember 1998.

The Joseph Wibowo Center for Advanced Learning (JWC) didirikan pada tahun 2001. JWC ini terdiri dari 3 bagian, yaitu Binus Business School (BBS), Binus International (BI), dan Executive Development Program (EDP).

Pada tahun 2002, Bina Nusantara mendirikan pula Binus Center yang merupakan pusat pelatihan kursus tambahan. Pada tahun yang sama, Bina Nusantara juga mendirikan Binus Career yang telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan terkenal yang bertujuan untuk memudahkan para mahasiswa lulusan Universitas Bina Nusantara untuk memperoleh pekerjaan.

Perkembangan selanjutnya, Bina Nusantara mendirikan pula sekolah. Pada tahun 2003, didirikanlah Binus School di Simprug. Melihat kesuksesan tersebut, pada Juli 2007, didirikanlah kembali Binus School di Serpong.

Pendiri[sunting | sunting sumber]

Bina Nusantara didirikan oleh:

  • Joseph Wibowo Hadipoespito[2] (lahir 21 Oktober 1918 – meninggal 15 Juli 2001 pada umur 82 tahun). Penghargaan yang didapat antara lain "Anugerah Bintang Gerilya Sultan Yogyakarta" (1950) dan "Anugerah Bintang Veteran" (1996).
  • Theresia Widia Soerjaningsih[2] (lahir 19 Oktober 1950 – meninggal 24 Desember 2004 pada umur 54 tahun). Penghargaan yang didapat antara lain "Famous Business Woman" dari Majalah SWA dan MarkPlus (2002).

Bagan Grup Bina Nusantara[sunting | sunting sumber]

  1. Binus International School
    1. Simprug
    2. Serpong
  2. Binus University
    1. Binus University
      1. Kampus Anggrek
      2. Kampus Syahdan
      3. Kampus Kijang
      4. Kampus Alam Sutera
    2. Binus International
    3. Binus Graduate Programme
    4. Binus Online Learning
  3. Binus Business School
  4. Binus Center dan Binus Career
  5. Kalbis Institute (bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Kalbe)[3]

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama "Bina Nusantara" diberikan oleh Rudy Poerwana. Nama ini mengandung suatu harapan untuk membangun seluruh wilayah Nusantara melalui pendidikan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BINUS University | Greetings from Rector
  2. ^ a b c History of Bina Nusantara
  3. ^ KALBIS INSTITUTE ::: Education for A Better Life

Pranala luar[sunting | sunting sumber]