BimaTri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

BimaTri adalah layanan teknologi informasi dan komunikasi yang diperuntukkan bagi pengguna operator seluler Tri di Indonesia. BimaTri dirilis oleh Tri Indonesia dan dikembangkan oleh dua perusahaan pengembang aplikasi lokal, yaitu LinkIT dan Altermyth. Layanan BimaTri berusaha membantu pengguna operator Tri di Indonesia untuk bekerja secara lebih efisien. BimaTri memiliki fungsi utama untuk mengingatkan pengguna operator seluler Tri saat kuota layanan internet pengguna akan habis. Fitur ini merupakan fitur pengingat layanan data pribadi yang pertama kali rilis di Indonesia. Selain itu, BimaTri memiliki fungsi untuk membantu pengguna operator seluler Tri untuk melakukan pengisian ulang kuota layanan internet. BimaTri tersedia dan dapat diunduh pada perangkat yang memiliki sistem operasi iOS, Android, BlackBerry OS, serta Mac OS X dan Windows.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Aplikasi BimaTri yang dirilis oleh Tri Indonesia adalah aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang ditujukan untuk mempermudah pengguna operator seluler Tri untuk mengetahui dan mengisi ulang pulsa Tri. Aplikasi ini hadir karena perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat di Indonesia.[1] Perkembangan yang pesat ini tidak memiliki tingkat perkembangan yang sebanding dengan layanan operator seluler terhadap pengguna. Dalam mengakses dunia maya, banyak pengguna operator seluler yang masih memiliki hambatan pada kenyamanan dalam pengalaman melakukan akses internet. Hambatan terhadap kenyamanan yang dimaksud berupa paket data atau layanan kuota internetnya akan habis ketika menggunakan layanan internet. Kekhawatiran akan habisnya paket data atau layanan kuota internet ini karena minimnya pemberitahuan dari pihak operator bahwa paket data atau layanan kuota internet pengguna akan habis. Banyak layanan paket data yang tidak menyediakan pilihan penurunan kecepatan akses internet sehingga layanan internet pengguna akan langsung terputus saat paket data atau layanan kuota internetnya habis. Hal ini memicu pengguna harus melakukan proses cek pulsa secara terus menerus. Hambatan lainnya adalah saat pengguna melakukan pengisian ulang layanan internet. Banyak pengguna layanan operator seluler yang tidak hafal nomor kartu SIM-nya sehingga sangat kesulitan untuk melakukan pengisian ulang. Selain itu, terdapat berbagai perangkat keras teknologi informasi dan komunikasi yang tidak dilengkapi oleh fitur telepon, SMS, dan USSD, seperti modem dan tablet yang membuat pengguna sangat kesulitan dalam hal pengisian layanan internet. Untuk menghilangkan rasa ketidaknyamanan dan kekhawatiran pengguna, operator seluler Tri Indonesia meluncurkan aplikasi BimaTri. Aplikasi ini dikembangkan oleh dua pengembang lokal Indonesia, LinkIT dan Altermyth. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pengguna operator seluler Tri untuk mengetahui informasi layanan kuota internet dan pulsa. BimaTri adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini adalah pengembangan terbaru dari pihak Tri Indonesia disesuaikan dengan kebutuhan akan internet yang semakin kompleks dan semakin mutakhirnya teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Sebelum melakukan akses internet, pengguna dapat melihat status penggunaan internetnya dan melakukan top up paket internetnya melalui selfcare portal internet.tri.co.id dan menerima pemberitahuan melalui SMS.[2]

Ikon[sunting | sunting sumber]

BimaTri memiliki ikon yang dinamakan sebagai Bima. Bima adalah sebuah robot yang memiliki tubuh berwarna putih, hitam, dan jingga. Bima adalah singkatan dari broadband internet mobile assistant. Robot Bima adalah karakter yang dikembangkan oleh perusahaan solusi digital Alpha Salmon.[3]

Slogan[sunting | sunting sumber]

BimaTri memiliki slogan your digital assistant. Kalimat slogan ini menunjukan aplikasi BimaTri seperti asisten pribadi bagi pengguna layanan operator seluler Tri di Indonesia.[4] Pengguna layanan operator seluler Tri akan mendapatkan notifikasi pop-up saat layanan kuota internetnya akan habis. Dengan fungsi ini, pengguna dapat mengetahui waktu dan masa berakhir kuota layanan internetnya sehingga kuota layanan internet tidak secara tiba-tiba habis ataupun mengurangi pulsa pengguna akibat pemakaian pulsa untuk melakukan akses internet karena tidak tahunya pengguna bahwa kuota layanan internetnya telah habis.. Dengan fungsi ini, BimaTri memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman baru dalam melakukan akses internet.

Tempat Unduh[sunting | sunting sumber]

BimaTri adalah aplikasi yang disediakan dan dapat diunduh secara gratis terhadap pengguna layanan operator seluler Tri di Indonesia.[5] Aplikasi BimaTri dapat diunduh di App Store bagi perangkat yang memiliki sistem operasi iOS, Google Play Store bagi perangkat yang memiliki sistem operasi Android, BlackBerry App World bagi perangkat yang memiliki sistem operasi BlackBerry OS, dan perangkat yang memiliki sistem operasi Mac OS X serta Windows.

Rilis dan Pencapaian[sunting | sunting sumber]

BimaTri dirilis oleh Tri Indonesia pada tanggal 12 Desember 2012. Proses pengembangan aplikasi BimaTri dikerjakan oleh dua perusahaan pengembang aplikasi lokal, yaitu LinkIT dan Altermyth.[6] Waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi BimaTri adalah dua setengah bulan, kemudian setelah dikembangkan aplikasi ini mengalami masa uji coba selama enam bulan.[7] Pengembang LinkIT mendapatkan tugas untuk mengerjakan bagian back end. Bagian back end adalah bagian yang menghubungkan sistem utama, termasuk di dalamnya sistem penagihan Tri dengan middleware. Sedangkan, perusahaan pengembang Altermyth mengerjakan bagian tampilan antarmuka (user interface) dan senssai pengalaman pengguna (user experience). Untuk mendukung perilisan aplikasi BimaTri, Tri Indonesia telah membuat sebuah iklan mengenai aplikasi BimaTRI.[8] Sepekan setelah perilisan, BimaTri telah diunduh sebanyak 130 ribu kali.[9] Perangkat yang memiliki sistem operasi Android adalah perangkat yang paling banyak melakukan pengunduhan terhadap aplikasi BimaTri. Tercatat sekitar 60% unduhan berasal dari perangkat yang memiliki sistem operasi Android.[10] Pengunduh terbanyak kedua berasal dari perangkat yang memiliki sistem operasi Mac OS X dan Windows, kemudian diikuti oleh perangkat yang memiliki sistem operasi BlackBerry, dan iOS yang didominasi oleh perangkat berupa iPad.[11] Pada tanggal 12 Desember 2012, BimaTri menempati posisi kedua pada peringkat aplikasi yang paling banyak diunduh di Google Play kawasan Indonesia.[12] BimaTri hanya berada dibawah aplikasi Google Translate. Sementara pada App Store, BimaTri menempati peringkat kelima aplikasi yang paling banyak diunduh pada kategori aplikasi yang bersifat gratis. Pencapaian aplikasi BimaTri memicu Tri Indonesia untuk menyebarluaskan penggunaan aplikasi BimaTri kepada grup Tri lainnya di mancanegara, terutama wilayah Asia. Saat ini, telah tercatat kurang lebih sebanyak 900.000 unduhan BimaTRI dan terdapat 300.000 pengguna BimaTri adalah pengguna aktif.[13]

Pihak pengembang Altermyth memberikan kemungkinan untuk bekerjasama dengan operator seluler lainnya di masa yang akan datang untuk membuat aplikasi yang serupa dengan BimaTri. Pada tahun 2013, pengembang Altermyth tidak hanya merencanakan untuk mengembangkan aplikasi dan permainan untuk kawasan Indonesia saja. Altermyth juga merencanakan untuk menolong pengembang permainan yang memiliki skala Internasional untuk mengembangkan permainannya di Indonesia.[14]

Fitur[sunting | sunting sumber]

BimaTri memberikan fitur-fitur yang relatif baru bagi perkembangan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Fitur-fitur tersebut berfungsi untuk mempermudah pengguna Tri dalam mendapatkan layanan. Fitur-fitur tersebut adalah :

1. Notifikasi.

Push notification atau notifikasi adalah fitur yang akan memberi tahu dan mengingatkan pengguna layanan kuota internet Tri saat layanan datanya akan berakhir. Fitur ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Saat pengguna melakukan pengisian ulang kuota data sebanyak 200 megabyte, maka fitur ini dapat diatur untuk mengingatkan pengguna saat pengunaan kuota data sudah mencapai 150 megabyte. Hal ini membuat pengguna dapat mengetahui kapan waktu layananannya akan berakhir.

2. Pengisian ulang kuota dan pulsa.

Fitur ini adalah layanan yang mempermudah pengguna operator seluler Tri untuk melakukan pengisian ulang kuota internet dan juga pulsa. Pengisian ulang kuota internet dan pulsa dapat dilakukan melalui voucher fisik dengan cara memasukan kode vouchernya. Selain itu, pengisian ulang kuota internet dan pulsa dapat dilakukan juga dengan cara online melalui debit atau kartu kredit.

3. Profil Tri Pengguna.

Fitur ini memberikan informasi mengenai kartu Tri pengguna operator seluler Tri. Informasi yang didapatkan adalah nomor kartu, masa berlaku kartu, sisa pulsa, dan info kuota yang meliputi info kuota data, telepon, SMS, BlackBerry®, dan info akses situs gratis.

4. Informasi Kuota Secara Real Time.

Informasi kuota secara real time ini memberikan kesempatan bagi pengguna layanan operator seluler Tri untuk mengetahui besaran kuota internet pengguna yang tersisa. Informasi ini diberikan dalam tingkat satuan kuota, seperti kilobyte dan megabyte.

5. Analisa dan Rekomendasi Paket.

Fitur ini akan menganalisa penggunaan kuota internet pengguna setiap saat. Analisa yang dihasilkan akan menjadi dasar untuk memberikan rekomendasi paket layanan Tri kepada pengguna operator seluler Tri. Paket yang direkomendasikan adalah paket yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Paket-paket yang direkomendasikan adalah paket data internet, BlackBerry®, telepon, dan SMS. Fitur ini memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi pengguna layanan operator seluler Tri. Fitur ini berusaha meminimalkan kuota internet yang terbuang sia-sia saat masa aktif internet sudah habis.

6. Tips dan Trik.

Fitur tips dan trik adalah fitur yang memberikan informasi aplikasi terkini yang berguna untuk aktivitas internet pengguna layanan operator seluler Tri.

Cara Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Untuk mendapatkan layanan aplikasi BimaTri pengguna operator seluler Tri harus memiliki perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki sistem operasi iOS, Android, BlackBerry OS, Mac OS X, dan Windows. BimaTri hanya tersedia dalam toko aplikasi yang terdapat dalam perangkat yang memiliki sistem operasi tersebut. Untuk mengunduh aplikasi BimaTri, pengguna harus mencari BimaTri terlebih dahulu pada toko aplikasi yang menyediakannya. Setelah ditemukan, BimaTri dapat segera diunduh secara gratis. Kemudian perangkat akan melakukan proses instalasi pada aplikasi BimaTri agar dapat digunakan pada perangkat yang dipergunakan. Setelah proses instalasi selesai, pengguna dapat melihat fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi BimaTri. Untuk melakukan pengisian kuota internet atau pulsa, pengguna dapat mengikuti instruksi yang terdapat dalam BimaTri. Saat kuota internet atau pulsa Tri pengguna akan berakhir atau habis, operator seluler Tri akan memberikan pesan kepada pengguna melalui aplikasi BimaTri. Pesan tersebut adalah pemberitahuan bahwa kuota internet atau pulsa pengguna layanan operator seluler Tri akan berakhir atau habis. Pesan tersebut dapat ditanggapi oleh pengguna dengan cara melakukan pengisian ulang kuota internet atau pulsa melalui aplikasi BimaTri. Pengisian kuota internet atau pulsa tersebut dapat melalui voucher fisik dengan cara memasukkan kode vouchernya dan juga dapat dilakukan dengan cara online melalui debit atau kartu kredit. Pengisian ulang ini akan ditanggapi oleh operator seluler Tri dengan melanjutkan layanan paket kuota internet Tri atau dengan menambah jumlah pulsa pengguna layanan operator seluler Tri. Aplikasi BimaTri membuat pengguna operator seluler Tri dapat mengetahui masa berakhirnya layanan kuota internet dan pulsa sehingga pengguna tidak kehabisan layanan kuota internet dan pulsa secara tiba-tiba.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://news.detik.com/read/2012/12/17/010002/2112319/727/bimatri-aplikasi-pengingat-isi-ulang-kuota-internet-pertama-di-indonesia
  2. ^ http://sg.finance.yahoo.com/news/indonesian-app-bimatri-helps-manage-071049752.html
  3. ^ http://sg.finance.yahoo.com/news/indonesian-app-bimatri-helps-manage-071049752.html
  4. ^ http://www.teknoup.com/news/21230/bimatri-asisten-pribadi-untuk-semua-kebutuhan-internetan-kamu/
  5. ^ http://sg.finance.yahoo.com/news/indonesian-app-bimatri-helps-manage-071049752.html
  6. ^ http://tekno.kompas.com/read/2012/12/20/07390838/Buatan.Lokal..Aplikasi.BimaTri.Laris
  7. ^ http://sg.finance.yahoo.com/news/indonesian-app-bimatri-helps-manage-071049752.html
  8. ^ http://www.youtube.com/watch?v=TDDMqdQ7qFM
  9. ^ http://tekno.kompas.com/read/2012/12/20/07390838/Buatan.Lokal..Aplikasi.BimaTri.Laris
  10. ^ http://tekno.kompas.com/read/2012/12/20/07390838/Buatan.Lokal..Aplikasi.BimaTri.Laris
  11. ^ http://tekno.kompas.com/read/2012/12/20/07390838/Buatan.Lokal..Aplikasi.BimaTri.Laris
  12. ^ http://tekno.kompas.com/read/2012/12/20/07390838/Buatan.Lokal..Aplikasi.BimaTri.Laris
  13. ^ http://tekno.kompas.com/read/2013/02/22/09190013/Tri.Indonesia.Siap.Ekspor.BimaTri
  14. ^ http://sg.finance.yahoo.com/news/indonesian-app-bimatri-helps-manage-071049752.html

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]