Bill Steer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bill steer)
Bill Steer
Penampilan Bill Steer bersama Carcass pada Gods of Metal
Informasi latar belakang
Nama lahirWilliam Geoffrey Steer
Nama lainSteer, W.G. Steer, W.G. Thorax Embalmer
Lahir3 Desember 1969 (umur 54)
AsalStockton-on-Tees, Inggris
GenreGrindcore
Death metal
Melodic death metal
Blues-rock
PekerjaanGitaris, Musisi, Penulis lagu
InstrumenGitar, vokal, Harmonika
Tahun aktif1985 - sekarang
Artis terkaitNapalm Death
Carcass
Firebird

Bill Steer (terlahir William Geoffrey Steer; lahir 3 Desember 1969) adalah seorang gitaris berkebangsaan Inggris dan merupakan pendiri grup musik beraliran Grindcore yaitu Carcass. Setelah kematian Carcass, Bill mulai membentuk band Firebird, yang terinspirasi dari musik rock tahun 1970-an. Bill sekarang menetap di London, UK.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Bill Steer pertama kali belajar gitar pada umur 12 tahun. Untuk pertama kalinya, ia selalu mendengarkan musik dari band Deep Purple, Led Zeppelin dan Jimi Hendrix. Beberapa tahun kemudian ia pernah bermain dengan Napalm Death dari Midlands. Pada tahun 1989, ketika ia masih remaja, Steer hengkang dari Napalm Death, setelah ia menyelesaikan album kedua Napalm Death dan bermain bersama teman-temannya dari sebelah utara, yaitu Carcass, terhitung dari tahun 1985-1995.

Carcass tetap dikenal sebagai salah satu band death metal dan grindcore paling berpengaruh sampai saat ini. Mereka telah mengeluarkan album LP sebelum berpisah pada tahun 1995 dan pada saat itu Steer telah siap untuk memainkan kembali musik rock. Kemudian ia menetap di Sydney Australia dan ide tentang pembuatan band bernama Firebird mulai terbentuk, sebagai poin awal, ia memiliki keinginan besar untuk bermain musik seperti Johnny Winter, Cream dan Terry Reid, Steer menyelami dirinya dalam musik beraliran blues, ia kembali mempelajari Blind Lemon Jefferson, Charley Patton dan Junior Kimbrough, ia mulai belajar secara mandiri bermain slide guitar dan harmonika.

Bill pernah juga tampil bersama dengan Jeff Walker (bass/vokalis Carcass) di komedi sains fiksi Red Dwarf, disitu ia tampil sebagai seorang drummer Smeg and the Heads bernama Dobbin di seri 3 episode 5 "Timeslides".

Untuk mengetahui sejumlah kemahirannya dalam memainkan gitar, Bill dikenal selalu menamai solo/ melodi gitarnya di album-album awal Carcass (contoh: "Maim to Please" by W.G. Steer from Tools of the Trade).

Pada tahun 2008, Carcass dikabarkan akan melakukan reuni dan akan bermain di beberapa festival di Eropa seperti Wacken Open Air|Wacken '08. Bill mengatakan bahwa untuk album Carcass kemungkinan besar bisa saja akan dibuat.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Carcass interview at Voices from the Darkside". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-16. Diakses tanggal 2008-11-18. 

Referensi[sunting | sunting sumber]