Bill Skate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sir William Jack Skate KCMG (lahir 26 September 1953 – meninggal 3 Januari 2006 pada umur 52 tahun) adalah seorang politisi dan negarawan Papua Nugini. Ia adalah putra dari seorang ayah dan ibu Australia PNG asli. Meskipun kariernya bergejolak dan sering ditandai oleh kemunduran, ia bertugas di posting tertinggi di negaranya: Perdana Menteri, Pembicara dari Parlemen Nasional, dan bertindak Gubernur-Jendral.

Skate menjadi manajer ibukota kabupaten komisi pada tahun 1987. Dia terpilih ke Parlemen pada tahun 1992 dan menjabat sebagai Pembicara 1992-1994, Paias Wingti. Mendukung pemerintah

Skate menjabat sebagai Gubernur Distrik Ibu Kota Nasional 1995-1997. Dia menjadi Perdana Menteri 1997-1999 dan mengundurkan diri setelah 18 bulan, takut bahwa ia akan kehilangan tantangan. Pada tahun 2002, partai politiknya yang Kongres Rakyat Nasional Partai (PNC) menjadi mitra koalisi dalam pemerintahan Michael Somare dan Skate menjadi Parlemen Nasional. Dia diangkat bertindak Gubernur Jenderal pada November 2003, persyaratan konstitusional saat kantor yang jatuh kosong. Sir Pato Kakeraya dijadwalkan untuk mengambil kantor pada tanggal 20 Januari 2004, namun Skate terus bertindak dalam kantor karena tantangan pengadilan untuk pemilu Kakeraya itu. Pada tanggal 3 Maret 2004, Skate diskors sebagai penjabat Gubernur umum karena tuduhan bahwa ia menyalahgunakan dana selama tahun 1990-an. Dia kemudian menyarankan Perdana Menteri untuk menunjuk seorang menteri kabinet sebagai penjabat gubernur jenderal. Keesokan harinya, bagaimanapun, ia dibebaskan dari tuduhan keuangan di pengadilan, dan ia menjadi gubernur jenderal bertindak lagi. Pada Mei 2004, rombongan meninggalkan koalisi ketika ia dan anggota lain menolak untuk mendukung amandemen konstitusi yang didukung oleh Somare yang akan memberi pemerintah lebih banyak waktu untuk kebal tidak ada suara kepercayaan. Sebagai hasilnya, PNC menjadi partai oposisi terbesar. Pada 28 Mei 2004, Skate berhenti menjadi Pembicara ketika parlemen terpilih kandidat pro-pemerintah, Jeffrey tengkuknya. Kantor Gubernur Jenderal masih kosong pada tahap itu, sehingga tengkuk Skate otomatis berhasil sebagai penjabat gubernur jenderal.

Bill Skate gelar kebangsawanan pada Januari 2005 untuk layanan ke parlemen, menjadi Sir William Skate.

Dia meninggal di rumah sakit pada tanggal 3 Januari 2006, dalam Brisbane, Australia, tempat ia diterbangkan setelah menderita stroke pada akhir Desember 2005. Ia dimakamkan di Port Moresby. Dia adalah Perdana Menteri Papua Nugini pertama yang meninggal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

See also: List of national leaders.

Didahului oleh:
Sir Julius Chan
Perdana Menteri Papua Nugini
1997–1999
Diteruskan oleh:
Sir Mekere Morauta
Didahului oleh:
Sir Silas Atopare
Gubernur Jenderal Papua Nugini (acting)
2003–2004
Diteruskan oleh:
Jeffrey Nape (acting)
Didahului oleh:
Sir Silas Atopare
Ketua Parlemen Nasional Papua Nugini
2002–2004
Diteruskan oleh:
Jeffrey Nape