Bill Brandt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bill Brandt alias William Brandt (lahir 3 Mei 1904 – meninggal 20 Desember 1983) adalah fotografer Inggris yang terkenal dengan potret komunitas Inggris, lanskap, dan nudes, dalam imaji hitam putih penuh kontras.


Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Bill lahir di Hamburg, Jerman, dari bapak keturunan Inggris dan ibu keturunan Jerman. Bill sebagai seorang anak kecil tumbuh dalam suasana Perang Dunia ke I. Pada masa mudanya Bill terjangkit Tuberculosis dan dikirim berobat ke sanatorium di Davos, Swiss.

Pada tahun 1927 Bill bertemu dengan Dr. Eugenie Schwarzwald yang memperkenalkan dia kepada Ezra Pound, yang kemudian pada tahun 1930 memperkenalkan dia kepada Man Ray, seorang fotografer Amerika aliran Dada dan Surealis yang terkenal. Bill kemudian menjadi asisten Man Ray selama beberapa waktu sesudahnya.


Awal Karier Fotografi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1933 Bill pindah ke London dan mulai banyak memotret subjek komunitas Inggris dalam format dokumentasi. Dokumentasi jenis ini belum umum pada waktu tersebut. Koleksi foto ini kemudian diterbitkan dalam buku English At Home pada tahun 1936. Subjek di dalam dokumentasi ini berkisar dari lingkungan rumah elit di kota London, sampai rumah di daerah kumuh. Untuk memberikan suatu gambaran yang kontras, Bill memilih suatu potret dari rumah daerah elit untuk sampul depan dan suatu potret dari rumah daerah kumuh di sampul belakang.

Pada masa ini Bill merupakan kontributor rutin pada majalah Lilliput, Picture Post, dan Harper’s Bazaar.

Proyek berikut adalah A Night in London yang terbit pada tahun 1938. Proyek ini bertema imaji-imaji London pada malam hari. Bill banyak bereksperimen dengan photo-floods, sejenis lampu tungsten portable dalam proyek ini.

Satu hal yang sangat berkesan bagi Bill adalah film sinema berrjudul Citizen Kane oleh Orson Welles. Bill terinspirasi oleh teknik "deep focusing" dalam film sinema ini yang di kemudian hari dia gunakan dalam proyek foto nude.

Semasa Perang Dunia ke II, Bill banyak mendapat tugas dari Ministry of Information Inggris untuk mendokumentasikan fasilitas perlindungan anti serangan udara yang terletak dibawah tanah kota London. Hal lain yang dicoba Bill adalah pemotretan dengan hanya mengandalkan sinar bulan atas bangunan-bangunan di kota London terutama saat lampu-lampu kota dimatikan sebab adanya serangan udara Jerman pada malam hari. Bill berujar bahwa bangunan-bangunan kota London terlihat bahkan lebih indah di saat gelap gulita.

"Ketika saya menemukan suatu lanskap yang ingin saya potret maka saya tunggu sampai tiba musim yang tepat, cuaca yang tepat, waktu yang tepat apakah itu siang atau malam, untuk mendapatkan imaji tepat seperti saya mau" ,Bill Brandt.

Bill menunggu beberapa tahun untuk bisa memotret Stonehenge yang tersalut salju. Foto tersebut kemudian dimuat pada sampul depan Picture Post pada 19 April 1947.

Bill semasa karirnya juga banyak membuat potret persona-persona terkenal. Kamera yang dia pakai adalah Rolleiflex dengan film 2,25in x 2,25in, view camera dengan lensa ultra wide, dan Hasselblad dengan lensa wide angle.


Pasca Perang Dunia ke II[sunting | sunting sumber]

Pasca Perang Dunia ke II, Bill banyak membuat potret lanskap dan bangunan-bangunan Inggris yang kemudian diterbitkan pada tahun 1951. Kebanyakan subjek fotonya adalah rumah dari tokoh-tokoh sastra yang tinggal di Inggris.

Selain lanskap, Bill mulai mengeksplorasi foto nude dengan kamera Hasselblad. Lensa wide angle yang digunakan dan sudut pemotretan yang tidak lazim menciptakan imaji-imaji nude yang terdistorsi khas Bill Brandt. Seringkali dalam imaji-imaji nude tersebut bagian tubuh manusia menjelma menjadi seolah-olah sebuah lanskap. Subjek yang dipotret terdiri dari istrinya sendiri dan fotomodel professional.

Buku-buku Bill yang diterbitkan antara lain adalah Perspective of Nude pada tahun 1961 kemudian diikuti oleh kompilasi dari karya terbaik Bill dalam Shadow of Light pada tahun 1966.

Atmosfer yang direkam dalam foto-foto Bill kebanyakan bersifat surealist, melankolis, dan cenderung suram. Secara umum, Bill dipandang sebagai salah satu fotografer Inggris yang terpenting di abad 20.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]