Bilangan hampir sempurna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam matematika, sebuah bilangan hampir sempurna (kadang-kadang juga disebut bilangan sedikit cacat) adalah bilangan asli n sedemikian sehingga bilangan semua pembagi dari n (fungsi pembagi σ (n)) adalah sama dengan 2n - 1, jumlah dari semua tepat pembagi n, s (n) = σ (n) - ​​n, maka menjadi sama dengan n - 1. Bilangan hampir sempurna hanya dikenal merupakan pangkat 2 dengan non-negatif eksponen (urutan A000079 dalam Oei). Oleh karena itu bilangan hampir sempurna ganjil hanya dikenal adalah 20 = 1, dan nomor bahkan hampir sempurna hanya dikenal adalah dari bentuk 2k untuk beberapa bilangan k positif, namun belum menunjukkan bahwa semua bilangan hampir sempurna adalah dari formulir ini. Bilangan hampir sempurna juga dikenal sebagai bilangan kekurangan sedikit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Guy, R. K., Almost Perfect, Quasi-Perfect, Pseudoperfect, Harmonic, Weird, Multiperfect and Hyperperfect Numbers. §B2 in Unsolved Problems in Number Theory, 2nd ed. New York: Springer-Verlag, pp. 16 and 45-53, 1994.
  • Singh, S., Fermat's Enigma: The Epic Quest to Solve the World's Greatest Mathematical Problem. New York: Walker, p. 13, 1997.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]