Big Fat Liar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Big Fat Liar
Big Fat Liar film.jpg
Big Fat Liar film poster
Sutradara Shawn Levy
Produser Brian Robbins
Dan Schneider
Penulis Dan Schneider
Brian Robbins
Pemeran Frankie Muniz
Paul Giamatti
Amanda Bynes
Amanda Detmer
Donald Faison
Musik Christophe Beck
Douglas Romayne (source music)
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis 8 Februari 2002 (USA)
Durasi 88 min.
Bahasa English
Anggaran US$15,000,000


Big Fat Liar adalah film bergenre komedi Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2002. Film ini dibintangi oleh Frankie Muniz, Paul Giamatti, Amanda Bynes, Amanda Detmer, dan Donald Faison serta Lee Majors.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Berawal dari seseorang yang bernama Jason Sheperd yang mencoba menipu gurunya karena dia datang terlambat, tetapi akhirnya ketahuan karena guru itu memanggil orang tuanya ke sekolah. Jason pun dihukum dan dia diberi tugas untuk membuat makalah sebelum jam yang ditentukan kalau dia tidak mau mengikuti sekolah musim panas.
Jason berpikir keras karena ia tidak mempunyai ide apa-apa, tetapi menjelang tenggat waktu ia mempunyai ide untuk membuat makalah berdasarkan dirinya sendiri yang berjudul BIG FAT LIAR. setelah selesai karena hampir terlambat ke sekolah, Jason menaiki sepeda yang dulu milik Janie, kakak perempuanya.
Saat sedang mengayuh sepeda, Jason bertabrakan dengan mobil yang ternyata itu milik produser film terkenal yang bernama Marty Wolf. Jason pun membujuk supaya Marty mengantarnya ke sekolah dengan segala tipu dayanya karena dia sudah terlambat. Akhirnya ia pun diantar, dan ketika sudah sampai di sekolah, apesnya makalahnya ketinggalan di mobil. Marty mengambilnya dan berniat untuk mengembalikannya, tetapi saat tertarik membaca makalah itu ia pun membawanya. Di sekolah, Jason kebingungan karena makalahnya hilang, dan ia pun bercerita alasannya, tetapi karena guru itu sudah sering dibohongi oleh Jason, maka ia tidak bisa percaya lagi, apalagi saat mendengar cerita Jason itu seperti kebohongannya yang biasa.
orangtuanya pun tidak percaya saat mendengar ceritanya. akhirnya Jason dihukum dan harus mengikuti sekolah musim panas. saat itu Kaylee,sahabat perempuannya, mengajak Jason ke bioskop dan menonton film. tetapi film yang diputar di bioskop itu sama persis dengan pekerjaan makalah PR miliknya.
Jason pun akhirnya mengetahui bahwa makalahnya dibuat menjadi film oleh Marty Wolf. Ia pun membuktikan ke orangtuanya dengan mengajak mereka menonton wawancara Marty Wolf di televisi tentang film itu, tetapi Marty Wolf berkata bahwa dia menciptakan film itu tanpa bantuan siapapun. karena itu ayah Jason tidak bisa percaya lagi kepada Jason.
Suatu hari pada waktu akhir pekan orang tua Jason pergi ke luar kota. Setelah itu, Janie dijemput pacarnya yang suka nge-rap. Dan waktu itu juga Jason dan Kaylee sedang menyiapkan tas yang akan mereka bawa ke Los Angeles dengan tujuan untuk bertemu langsung dengan Marty Wolf.
Saat di Los Angeles mereka berdua menipu seorang sopir pribadi yang ternyata adalah seorang aktor yang membenci Marty Wolf. Ketika berhasil sampai ke tempat tujuan, mereka dilarang masuk ke kantor Marty Wolf, tetapi dengan akal cerdik Jason akhirnya dia dapat menyusup masuk, sementara Kaylee diminta untuk mengawasi di luar.
Saat bertemu dengan Marty, Jason segera minta supaya Marty menelpon ayahnya dan menceritakan yang sebenarnya bahwa BIG FAT LIAR adalah karya nya, tetapi Marty menolak dan mereka berdua malah ribut. disela keributan itu Marty sempat mengambil kertas tugas Jason dan menghanguskannya.

Tepat saat itu dia ketahuan oleh penjaga dan dia serta Kaylee diusir keluar. Pada akhirnya, saat Jason dan Kaylee sudah berputus asa karena tidak ada harapan, mereka berdua bertemu dengan orang-orang yang ingin membantu Jason dan menyusun rencana untuk mengembalikan kepercayaan ayahnya.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]