Bidadari (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bidadari (sinetron))

Bidadari
Genre
PembuatMultivision Plus
Sutradara
  • Sharad Sharan
  • Muchyar Syamas
  • Didit Engkon
Pemeran
Lagu pembuka
Lagu penutup
Penata musik
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim3
Jmlh. episode239 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif
ProduserRaam Punjabi
Pengaturan kameraIik A. Flood
Durasi60 menit
Rumah produksiMultivision Plus
DistributorMedia Nusantara Citra
Rilis asli
JaringanRCTI
Rilis12 November 2000 (2000-11-12) –
17 Juli 2005 (2005-7-17)

Bidadari adalah serial televisi Indonesia produksi Multivision Plus yang ditayangkan perdana 12 November 2000 pukul 19.00 WIB di RCTI. Serial ini disutradarai oleh Sharad Sharan, Muchyar Syamas, dan Didit Engkon, serta dibintangi oleh Marshanda, Marini Zumarnis, Marcelino Lefrandt, Moudy Wilhelmina, dan Cecep Reza.

Bidadari sempat vakum sebulan saat Piala Dunia FIFA 2002 berlangsung sekaligus peralihan dari musim 1 ke musim 2.

Musim[sunting | sunting sumber]

Musim Jumlah

Episode

Awalnya ditayangkan
Pertama ditayangkan Terakhir ditayangkan
1 81 12 November 2000 26 Mei 2002
2 76 7 Juli 2002 21 Desember 2003
3 82 28 Desember 2003 17 Juli 2005

Catatan: Terdapat jeda tayang antara Bidadari musim 1 ke Bidadari season 2 selama bulan Juni saat RCTI menayangkan pertandingan sepak bola Piala Dunia FIFA 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Musim 1[sunting | sunting sumber]

Bidadari Season 1
Jmlh. episode81
Rilis asli
JaringanRCTI
RilisMinggu, 12 November 2000 –
Minggu, 26 Mei 2002

Lala masih sedih atas kematian ibu kandungnya, Ayu. Pak Bagus menenangkan Lala yang sedang menatap bintang-bintang di beranda kamarnya, saat ada bintang jatuh Lala berdoa kepada Tuhan agar memberikan ketenangan kepada mendiang ibundanya. Singkat cerita, Pak Bagus menikah lagi dengan Rika, janda peyot bau tanah yang mempunyai anak yang berusia sepantaran Lala. Namun, Rika bukanlah ibu tiri yang baik bagi Lala.

Setiap hari Lala selalu dijahili oleh saudara tirinya, yaitu Bombom. Pada akhirnya, Lala selalu menjadi korban mereka. Tak berapa lama akhirnya Lala bertemu dengan seorang Peri yang menyamar sebagai merpati putih yang sedang terluka dan diselamatkan oleh Lala.

Disisi lain ada Boyke, dan pacarnya, Gita yang notabene adalah keponakan Rika. Berbeda dengan Rika yang biadab dan kelakuannya tak lebih dari seekor anjing, Gita selalu mendukung, memotivasi dan menemani Lala ke mana ia pergi, serta menyayangi Lala layaknya adik kandung sendiri.

Pada akhir musim pertama di Episode 81, Lala, Bombom dan kawan-kawan lulus dari SD, sekolah mereka pun mengadakan perpisahan kelulusan dengan meriah. Lala dan Bombom kompak untuk memberikan sebuah hadiah kepada wali kelas mereka, akhirnya semua menangis terharu dan saling berpelukan karena mereka akan berpisah dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Musim 2[sunting | sunting sumber]

Bidadari Season 2
Jmlh. episode76
Rilis asli
JaringanRCTI
RilisMinggu, 7 Juli 2002 –
Minggu, 21 Desember 2003

Akhirnya Lala, Bombom dan geng Bombom masuk ke SMP 216. Pada awalnya mereka yang mendapat kelas 1A (kelas unggulan) harus satu kelas kembali dengan Lala yang mutasi dari kelas 1B, itulah yang membuat Bombom dan geng merasa sial dan terawasi oleh kehadiran Lala sama seperti mereka saat SD dulu yang selalu satu kelas. Lala yang beranjak dewasa sudah mulai lepas kendali, sekarang ia mudah sekali terpengaruh oleh lingkungannya. Lala jadi berani berbohong kepada orang tuanya. Akibatnya, Lala membuat kecewa Pak Bagus, ayah kandung Lala serta Rika, ibu tiri Lala juga Bombom. Dan yang paling parah lagi, Lala menjadi tidak bisa melihat teman spesialnya yaitu Ibu Peri.

Di sisi lain, Putri dan Ari baru saja kehilangan ibu kandungnya dan ayah mereka akan menikah kembali. Maka, mereka pun akan memiliki seorang ibu tiri yang dibayangan mereka ibu tiri adalah seorang wanita biadab seperti Rika, suka menyiksa anak-anak, dan mencubit. Tentu saja semua anggapan Putri dan Ari dipengaruhi oleh Della, perawan tua yang hanya numpang tinggal bersama mereka, ia tak setuju apabila Lisa akan menjadi istri adiknya, Rizal sekaligus ibu tiri Putri dan Ari karena ia ingin menguasai seluruh harta Rizal.

Masalah pun bertambah parah saat Lala mendapat musuh baru dan lebih kejam dibandingkan Bombom yang jahil dan Rika yang biadab yaitu Jessicca, Lala dikeroyok oleh kakak kelasnya yang duduk di kelas 3 SMP, Jessica dan gengnya karena iri melihat kedekatan Lala dengan Randy, teman kelas mereka sekaligus merupakan ketua OSIS. Terlebih pada saat Jessica bersekutu dengan bidadari hitam yang terkurung dalam sebungkus cepuk, Ratu Ayu yang pada awalnya cepuk itu ditemukan oleh Randy di vila keramat saat Jessica merayakan ulang tahunnya namun karena membandel dan nekat membuka cepuk, akhirnya Jesika berteman dengan iblis betina sekaligus kekuatan baru yang dimanfaatkan Jessica untuk mencelakakan Lala.

Di saat Lala mulai kembali berubah seperti dirinya sendiri yang semakin dewasa dan aktif dalam kegiatan OSIS, Bombom dan kawan-kawannya mulai bersikap baik terhadap Lala, begitupun Rika yang mulai perhatian terhadap Lala. Namun sayangnya kebaikan hati Rika terhadap Lala tidak berlangsung lama, setelah terjadi sebuah insiden di rumah Jessica yang juga melibatkan Lala, Rika kembali bersikap seperti seekor anjing, dan menunjukan kebiadabannya kepada Lala.

Lala mempunyai musuh baru yaitu Indah teman sekolah Damar yang merupakan ketua OSIS sekolah sebelah, SMP Garuda. Indah bergabung dengan Jesika untuk mencelakakan Lala, terlebih setelah Indah dikeluarkan dari SMP Garuda, lalu pindah ke SMP 216, dan satu kelas pula dengan Lala. Kemarahan Indah memuncak saat kelas mereka mengadakan praktikum pelajaran di laboratorium, Indah menyiram air keras ke muka Lala yang mengakibatkan melepuh dan terbakar. Lala dibawa ke Rumah sakit, tetapi pada akhirnya Lala dilarikan ke RS luar negeri di Singapura untuk dilakukan operasi plastik.

Musim 3[sunting | sunting sumber]

Bidadari Season 3
Jmlh. episode82
Rilis asli
JaringanRCTI
RilisMinggu, 28 Desember 2003 –
Minggu, 17 Juli 2005
Acara terkait
Tangisan Anak Tiri
Anak Pungut

Saat kembali dari luar negeri, Lala menutupi wajahnya dengan kipas pada saat mulai bersekolah, wajahnya masih diperban. Pada Bidadari Season 3, Lala sudah tidak diperankan lagi oleh Marshanda dan digantikan oleh Angel Karamoy. Perubahan peran dimulai saat perban Lala dilepas.

Lala baru saja selesai operasi plastik setelah mukanya disiram air keras oleh Indah. Lala pun memiliki muka yang belum sempurna. Bombom sebagai saudara Lala pun turut bersedih namun bahagia karena Lala tidak mengalami kecacatan yang fatal. Bagus dan Rika mencoba untuk mengembalikan wajah Lala seperti dahulu tanpa kecacatan. Berbagai Operasi pun kembali dilakukan, Ibu Peri turut membantu untuk kesembuhan Lala. Lala yang belum sembuh sempurna wajahnya dijauhi oleh Randy, selain itu banyak orang yang takut terhadap Lala hal ini membuat Lala sedih. Namun, Damar memberikan semangat agar Lala tetap tabah dan tawakal untuk menerima cobaan ini.

Sementara itu, Jessica merasa bahagia karena usahanya berhasil menghasut Indah. Disisi lain, Indah sangat menyesali perbuatannya terhadap Lala dan juga menyesal berteman dengan Jesika, pada akhirnya Indah dijebloskan ke dalam penjara. Wajah Lala kian membaik dan dapat dipulihkan kembali, mendengar kabar itu Jesika meminta bantuan pada Ratu Ayu untuk menggagalkan Operasi Lala. Namun, berkat perlindungan Ibu Peri, Lala terhindar dari niat jahat Jessica sihir Ratu Ayu.

Bombom yang ditinggal Hellen kembali mengusili Lala dan bergabung dengan Jessica. Di rumah, Lala juga kerap diperlakukan secara biadab oleh Rika, terlebih setelah Lala sehat seperti di season 1 dan 2 diperlakukan secara tragis.

Sementara Putri dan Ari harus berpisah dengan ibu tirinya yang mereka sayangi, Lisa. Ayah mereka, Rizal berhasil dihasut oleh Della.

Hari demi hari, kehidupan Lala tetap sulit, terutama saat Randy dan teman-teman Jessica lulus SMP sedangkan Jessica gagal UN yang akhirnya membuat Jesika kecewa terhadap semuanya terlebih Lala, meskipun pada kenyataannya ini semua hasil dari perbuatan Jesika yang hanya mengandalkan kekuatan Ratu Ayu dan ini merupakan tahun kedua Jessica gagal UN. Pada akhirnya, Jesika satu kelas dengan Lala, musuh bebuyutannya sejak awal Lala masuk SMP, teman-teman di kelas tidak ada yang berani terhadap Jessica karena mereka tahu Jessica itu siswi bejat dan mantan kakak kelas mereka yang beda 2 tahun dari kebanyakan murid di kelas. Lala dan Bombom yang kini duduk dikelas 3 SMP, begitu pula Jessica yang semakin jahat setelah sekelas dengan Lala dan hadirnya Rivan, cowok yang menyukai Lala namun membenci Jessica karena sifatnya yang kasar.

Jessica menganggap Lala merebut semua yang disukai Jessica. Ibu Peri pun dihadapkan pada Musuh baru yaitu sekutu Ratu Ayu yang berusaha mencelakai Lala dan Putri yang bernama Ratu Sima dan lebih sakti dari Ratu Ayu yang kini mulai meninggalkan Jessica. Ratu Ayu, Ratu Sima serta kakaknya, Pangeran Sipon sama-sama bermiat jahat untuk memusnahkan Ibu Peri, namun gagal. Ibu Peri pun melawan sekuat mungkin, pada akhirnya ketiganya musnah dan tidak akan lagi kembali.

Ibu Peri memberikan seekor katak untuk Putri untuk menemukan sebuah Timun Emas agar bisa menemukan Ratu Malu didalamnya.

Setelah Ratu Ayu dan Ratu Sima musnah, muncul kejahatan musuh baru yaitu Mr.Dutek sebagai dukun sewaan tercanggih langganan Jessica dan Rika yang ingin menyantet Lala agar Lala dijadikan sasaran fitnah dari Jesika dan Rika dalam sebuah alat untuk mencelakai Lala yang lebih sadis dibanding Ratu Ayu sebelumnya. Kemudian Lala disihir Rika terlebih dulu untuk mencelakai Bagus.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Musim 1 (Episode 1—81)[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Marcelino Lefrandt Bagus Kusuma
Marshanda Lala Indriani
Dea Imut [e]
Ayu Azhari Ibu Peri Ratu [f]
Marini Zumarnis Ibu Peri Baru [g]
Cecep Reza Bombom
Moudy Wilhelmina Rika
Deasy Novianti Gita
Sultan Djorghi Boyke
Erna Libby Ayu [h]
Mira Asmara Ibu Gita [i]
Saipul Jamil Endus [j]
Shenny Andrea Dian
Debby Ganda Tresna Suti [k]
Komalasari Ijah [l]
Gilar Nugraha Pakde Tukul
Pascal Azhar Mas Panut
Dandi Dewa Nanang
Evan Kashogi Jerry
Hendri Cahya Ipul [m]
Nova Try Endarto Erik
Ira Zulfia Vina [n]
T. Bob Vargo Dimas [o]
Gracia Indri Lasmini [p]
Novi Mutia Ratna [q]
Adi Nugroho Frangky [r]
Latief Sitepu Pak Junaidi [s]
Mat Solar Anak buah Pak Junaidi [t]
Ully Artha Tante Lusi [u]
Tb. Maulana Husni Pak Maulana [v]
Tabah Penemuan Pak Maulana muda [w]
Setiawan Bosky Bonang [x]
Aswin Fabanyo Sutradara [y]
Egy Fedly Ayah Angga [z]
Sutan Simatupang Alex [aa]
Husni Raydhan N/A [ab]
Jamilah Chandra [ac]
Arini Astari Santi
Sion Gideon Pak Pera [ad]
Danar Gumilang Anak SMP [ae]
Anak SD [af]
Joko [ag]
Renaldy Tono [ah]
Keterangan
  • N/A: Not Available

Musim 2 (Episode 82—154)[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Marcelino Lefrandt Bagus Kusuma
Marshanda Lala Indriani
Angel Karamoy [ai]
Marini Zumarnis Ibu Peri
Cecep Reza Bombom
Moudy Wilhelmina Rika
Nia Ramadhani Hellen
Rangga Yudha Randy
Irvan Farhad Bobby
Nicky Tirta Damar
Gracia Indri Jessica
Early Azaria Ridha Maya
Ika Merdeka Cindy
Defriansyah Bone
Ira Zulfia Vina
Rosnita Putri Rina
Evan Kashogi Jerry
Dandi Dewa Nanang
Hendri Cahya Ipul
Nova Tri Endarto Erik
Nova Soraya Ratu Ayu [aj]
Farah Hateem Rini
Helsi Herlinda Ira [ak]
Rizal Djibran Rizal
Bintang Maharani Lissa
Dea Imut Putri
Haykal Kamil Ari
Vicky Burky Della
Nadia Raissa Susi
Lidya Lau Yulia
Rio Bhaskara Danang
Aswin Fabanyo Ayah Indah
Angela Prisa Indah
Gilar Nugraha Pakde Tukul
Komalasari Ijah
Aji Yusman N/A
Danar Gumilang Bagong
Keterangan
  • N/A: Not Available

Musim 3 (Episode 155—240)[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Marcelino Lefrandt Bagus Kusuma
Angel Karamoy Lala Indriani [al]
Marini Zumarnis Ibu Peri
Cecep Reza Bombom
Moudy Wilhelmina Rika
Rangga Yudha Randy
Nicky Tirta Damar
Gracia Indri Jessica
Dandi Dewa Nanang
Ira Zulfia Vina
Evan Kashogi Jerry
Hendri Cahya Ipul
Nova Tri Endarto Erik
Nova Soraya Ratu Ayu
Farah Hateem Rini
Rizal Djibran Rizal
Bintang Maharani Lissa
Dea Imut Putri
Haykal Kamil Ari
Vicky Burky Della
Theresya Hertikasari Ratu Sima
Jordi Onsu Sahabat Ari
Gisela Cindy Siska
Georgiana Claudie Wait Annisa
Aty Fathiyah Merry [am]
Kissinger Mae Harum [an]
Dik Doank Ucok [ao]
Aswin Fabanyo Ayah Indah
Angela Prisa Indah
Handika Pratama N/A [ap]
Gilar Nugraha Pakde Tukul
Komalasari Ijah
Ika Merdekawati Cindy
Early Azaria Ridha Maya
Maya Caroline Maya [aq]
Rifki Haidar Rivan [ar]
Aryesh Jianarta Agil [as]
Rommy Sulastyo Herman [at]
Andre Geovano Pangeran Sipon [au]
Danar Gumilang Bagong [av]
Aditya Firmansyah Pangeran Kodok [aw]
Ayudia Bing Slamet Ratu Malu [ax]
Herdin Hidayatu Mister Dutek [ay]
Dinda Kirana Peri kecil [az]
Keterangan
  • N/A: Not Available

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Judul lagu Penyanyi Pencipta Produksi
"Bidadari" [ba] Marshanda Papa T Bob Multivision Plus Music
"Bidadari" [bb] Dyva
"Bidadari" [bc] Nadia Vega
"Ratu Dansa" Marshanda Multivision Plus Music
"Gantungkan Cita-Citamu"
"Surga"
Keterangan
  Lagu tema utama

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Musim 1
  2. ^ Musim 2 — 3
  3. ^ Musim 1
  4. ^ Musim 2 — 3
  5. ^ pemeran kecil, Episode 22
  6. ^ Episode 1—52
  7. ^ Episode 53—selesai
  8. ^ Ibu kandung Lala
  9. ^ Episode 11
  10. ^ Episode 16
  11. ^ Episode 1—16
  12. ^ Episode 20—selesai
  13. ^ Episode 36
  14. ^ Episode 24—selesai
  15. ^ Episode 30
  16. ^ Episode 35
  17. ^ Episode 17
  18. ^ Episode 38
  19. ^ Episode 20
  20. ^ Episode 20
  21. ^ Episode 21
  22. ^ Episode 23
  23. ^ Episode 23
  24. ^ Episode 25—26
  25. ^ Episode 32
  26. ^ Episode 34
  27. ^ Episode 63
  28. ^ Episode 73
  29. ^ Episode 25—26
  30. ^ Episode 25—26
  31. ^ Episode 1—2
  32. ^ Episode 10
  33. ^ Episode 46, 54 dan 71
  34. ^ Episode 62
  35. ^ Setelah Operasi
  36. ^ Pertengahan musim 2
  37. ^ Pertengahan musim 2
  38. ^ Pemeran kedua menggantikan Marshanda
  39. ^ Pendidik Panti Asuhan
  40. ^ Komplotan penculik anak
  41. ^ Pemimpin komplotan penculik anak, Episode 13-17, 19
  42. ^ Episode 17–19
  43. ^ Kepala sekolah baru yang juga bernama Maya, Akhir musim 3
  44. ^ Akhir musim 3
  45. ^ Akhir musim 3
  46. ^ Akhir musim 3
  47. ^ Akhir musim 3
  48. ^ Akhir musim 3
  49. ^ Akhir musim 3
  50. ^ Akhir musim 3
  51. ^ Akhir musim 3
  52. ^ Akhir musim 3
  53. ^ Musim 1
  54. ^ Musim 2, episode 81—98
  55. ^ Musim 2—3

Pranala luar[sunting | sunting sumber]