Bhoi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bhôi

Bhoi adalah bolu khas dari Aceh. Penganan ini memiliki bentuk aneka ragam. Ada yang berbentuk Bunga, Bintang, Hewan dan sebagainya, namun bentuk paling umum yang sering dijumpai ialah ikan sehingga kue ini seringkali disebut juga sebagai bolu ikan. Ciri khas Kue boi ini adalah teksturnya yang kasar dan ukurannya yang lebih kecil serta padat jika dibandingkan dengan kue yang lainnya.

Bhoi dibuat dari campuran tepung terigu, gula dan telur serta minyak makan. setelahnya akan dimasukan dalam cetakan kuningan dengan beragam bentuk dan kemudian dibakar dalam tungku atau oven.

Adat Istidat[sunting | sunting sumber]

Dulu, Kue Boi ini biasa dijadikan seserahan yang diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita pada acara pernikahan. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, Kue ini beralih fungsi menjadi buah tangan jika berkunjung ke rumah sanak saudara, Khitanan maupun Kelahiran. Kue ini merupakan makanan yang selalu ada tatkala lebaran.

Harga[sunting | sunting sumber]

Harga yang dikeluarkan bisa dibilang cukup murah. Untuk satu bungkus kue boi berkisar Rp.8.000,namun jika pembeli ingin membeli 2 bungkus sekaligus harga yang ditawarkan akan mendapat diskon menjadi Rp.15.000.