Beyond Belief: Fact or Fiction

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Beyond Belief: Fact or Fiction? (dalam bahasa Indonesia: Di luar Kepercayaan: Fakta atau Fiksi?) adalah sebuah tayangan televisi tahun 1997 yang di produksi oleh FOX TV Network. Setiap episode dari tayangan ini menyajikan lima kisah pendek, semuanya didasarkan pada logika. Dari lima cerita tersebut sebagian ada yang berdasarkan kisah nyata, dan sebagiannya lagi berdasarkan imajinasi sang pengarang cerita. Penonton ditawarkan tantangan untuk bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang fiksi. Di akhir acara sang pembawa acara akan memberitahukan pada Anda mana dari lima cerita tersebut yang nyata dan mana yang bohong.

Beyond Belief disiarkan oleh FoxTV dari tahun 1997-2002. Mayoritas cerita dalam setiap episode tayangan ini diadaptasi dari kisah nyata yang dikumpulkan atau cerita fiksi yang dikarang oleh Robert Tralins.

Acara ini dipresenteri oleh James Brolin dan kemudian diambil alih oleh Jonathan Frakes. Narator dalam acara ini adalah Don LaFontaine (dari 1997-2000) dan Campbell Lane (2002).

Tayangan ini kemudian disiarkan ulang di Sci-Fi Channel sampai 22 Agustus 2005. Dan kini disiarkan ulang oleh Zone Reality sejak 6 April 2008.

Format[sunting | sunting sumber]

Cerita-cerita dalam acara ini sangat berhubungan erat dengan supranatural, hantu, kejiwaan, dan apapun yang berhubungan erat dengan kondisi hidup manusia. Setiap cerita akan diberitahukan kebenaran atau kebohongannya di akhir acara oleh sang pembawa acara, disertai keterangan waktu kejadian dan tempat kejadiannya untuk kisah yang nyata. Biasanya kisah yang nyata akan disertai oleh wejangan moral dari sang pembawa acara untuk diperhatikan oleh pemirsa di rumah.

Popularitas[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti acara-acara lain, Beyond Belief tidak disiarkan secara berurutan. Antara musim satu dengan musim kedua selalu dipisahkan oleh jeda waktu beberapa bulan bahkan nyaris setengah tahun. Jarak terpanjang yang pernah dialami oleh Beyond Belief adalah ketika saat jeda era Don LaFontaine (2000) ke Campbell Lane (2002). Beberapa orang percaya bahwa acara tersebut dihentikan produksinya. Namun keputusan untuk menghentikan acara ini akhirnya terjadi setelah season 2002. Namun tayangan ulangnya masih bisa ditonton di Zone Reality.

Acara ini sebetulnya dipresenteri oleh actor James Brolin pada 1997. Namun tahun berikutnya, Jonathan Frakes mengambil alih kursi pembawa acara dan terus bertahan sampai episode terakhir acara ini.

Untuk semua episode di season pertama, pihak FoxTV AS telah memproduksinya dalam bentuk DVD dan bisa Anda beli sejak 28 Agustus 2007.

Acara ini sangat popular di Jerman. Dimana di sana judulnya diganti menjadi X-Factor: Das Unfassbare dan disiarkan di Nonstop Syndication. Kemudian TV free to air Jerman, RTL memutuskan untuk memproduksi acara ini dan mengubah namanya menjadi X-Factor: Wahre Lügen, dimana formatnya sama seperti versi AS, namun ditambahi beberapa cerita aneh yang secara logika sulit dipahami seperti hotel untuk anjing dan rumah pohon raksasa. Acara ini bertahan selama tiga seasons.

Sementara di Indonesia, acara ini masuk pada akhir 2001 melalui stasiun MetroTV. Rating acara ini terbilang cukup baik di Indonesia. Seluruh episode Beyond Belief juga bisa ditayangkan secara lengkap oleh MetroTV. Jadwal tayang acara ini di MetroTV adalah setiap Senin pukul 20.05 WIB setelah program Bisnis Hari Ini.

Kemudian di pertengahan 2003 sampai awal 2004 acara ini diputar ulang oleh MetroTV menjadi acara setiap hari. Jam tayangnya adalah pukul 15.30-16.30 WIB. Saat bersamaan, TPI menayangkan Takeshi Castle, dan jadilah dua acara hebat tersebut mewarnai sore hari pemirsa Indonesia selama hampir satu tahun.

Untuk pemirsa kawasan Amerika Latin, acara ini disiarkan oleh Sci-Fi Channel hingga saat ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]