Betta channoides

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Betta channoides dari Pampang Kalimantan Timur

Betta channoides atau Snakehead Betta termasuk dalam grup albimarginata. Channoides merupakan salah satu cupang alam yang cukup populer karena warnanya yang menarik dan keberadaannya yang mudah didapat. Semaraknya cupang alam dalam percaturan cupang dunia saat ini tidak urung mengangkat nama Betta channoides yang habitat aslinya di Sungai Mahakam dekat Pampang Kalimantan Timur. Popularitasnya tidak kalah dengan Betta macrostoma andalan negara Brunei Darussalam.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Nama Betta channoides berasal dari kata channa yang berarti kepala ular karena kepalanya yang menyerupai kepala ular, oleh sebab itu ada yang menyebut ikan ini Snakehead Betta Jantan berwarna merah kecoklatan dengan adanya garis putih disiripnya, sementara betinanya berwarna lebih pucat. Cupang dewasa berukuran paling panjang 5 cm . Hidup di aliran sungai Mahakam, Kalimantan Timur pada air yang tenang kecoklatan karena pembusukan dedaunan kering dan akar pepohonan. Suhu optimum 24-27 derajat Celsius dengan pH 5-6 dan gH dibawah 1. Betta channoides dewasa hampir tidak dapat dibedakan dengan Betta albimarginata, sehingga sering membingungkan. Namun burayak keduanya berbeda sama-sekali. Burayak betta chanoides berwarna terang seperti burayak guppy sementara burayak betta albimarginata berwarna hitam.

Dalam kontes-kontes cupang hias yang diselenggarakan oleh International Betta Congress (IBC) Betta channoides dikelompokan dalam kategori wild betta – small mouthbrooder. Hampir selalu betta channoides mendapatkan juara dalam setiap keikutsertaannya karena penampilannya yang menarik dan warnanya yang atraktif.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]