Bethany Hamilton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bethany Hamilton
Bethany Hamilton 20070311.jpg
Informasi pribadi
Nama lahir Bethany Meilani Hamilton
Panggilan B-Ham, Bethy, Beth
Tanggal kelahiran 8 Februari 1990 (umur 24)
Tempat kelahiran Kauai, Hawaii, Amerika Serikat
Tempat tinggal Kauai, Hawaii
Tinggi 5 ft 11 in (1.8 m)
Berat 130 lb (59 kg)
Situs web BethanyHamilton.com
Olahraga

Bethany Meilani Hamilton (lahir di Kauai, Hawaii, 8 Februari 1990; umur 24 tahun) adalah seorang peselancar profesional dari Amerika Serikat. Ia dikenal karena selamat dari serangan ikan hiu yang menyebabkannya kehilangan lengan kirinya, dan kemudian kembali untuk bertanding selancar bertaraf profesional dengan satu lengan. Pengalamannya dituliskan dalam buku otobiografinya "Soul Surfer: A True Story of Faith, Family, and Fighting to Get Back on the Board" yang terbit tahun 2004. Pada bulan April 2011, sebuah film Soul Surfer mulai ditayangkan, berdasarkan bukunya dan wawancara tambahan. Hamilton telah muncul dalam berbagai pertunjukan sejak kehilangan lengannya.

Karier selancar[sunting | sunting sumber]

Placings in surf competitions
Tahun Pertandingan dan prestasi Negara
1998 Rell Sun Menehune: Juara 1  Amerika Serikat
2002 Open Women's Division of the National Scholastic Surfing Association: Juara 1  Amerika Serikat
2004 NSSA Regional Event: Juara 5  Amerika Serikat
2005 NSSA National Competition: Juara 1  Amerika Serikat
2005 O'Neill Island Girl Junior Pro tournament: Juara 1  Amerika Serikat
2006 NSSA National Championship: 18-and-under Finalist: Juara 5  Amerika Serikat
2006 Hawaii Team Highlights: 4th at Brazil event and 5th at World Games event in USA.  Amerika Serikat
2007 NSSA Regionals: Juara 5  Amerika Serikat
2007 Women's Pipeline Championship: Juara 4  Amerika Serikat
2008 US Open of Surfing - Huntington Beach, CA: Juara 5  Amerika Serikat
2008 Roxy Pro Surf Festival - Phillip Island, AUS: Juara 3  Australia
2009 Rio Surf International in Rio de Janiero, Brazil: Juara 3  Brasil
2009 Billabong ASP World Junior Championship - AUS: Juara 2  Australia

Serangan ikan hiu dan kepulihan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 31 Oktober 2003 pagi, pada usia 13 tahun, Hamilton pergi bermain selancar di sepanjang Tunnels Beach, Kauai dengan teman akrabnya Alana Blanchard, ayah dan saudara laki-laki Alana. Sekitar pukul 7:30 pagi, dikitari banyak kura-kura di daerah itu, ia berbaring di atas surfboard (papan selancar) dengan lengan kirinya menggantung bebas di dalam air, ketika seekor ikan hiu yang panjangnya 14–15 foot (5 meter) menggigit lengan kirinya sehingga putus sampai di dekat pundaknya.[1] Keluarga Blanchard membantu mengayuhnya kembali ke pantai, kemudian ayah Alana membuat balutan dari sebuah pengikat surfboard untuk dibalutkan di sekitar pangkal lengan, sebelum melarikannya ke rumah sakit Wilcox Memorial Hospital. Sesampai di sana Hamilton sudah kehilangan darah lebih dari 60%. Ayahnya seharusnya menjalani operasi pinggul pagi itu, tetapi Hamilton menggantikan tempatnya di meja operasi. Selanjutnya ia melewatkan 7 hari di rumah sakit tersebut.

Meskipun dibayangi trauma kejadian tersebut, Hamilton bertekad untuk bermain selancar lagi dan kembali ke dalam air. Kurang dari sebulan setelah peristiwa serangan, Hamilton sudah mulai bermain selancar lagi. Awalnya ia bermain di atas papan yang dirancang khusus, lebih panjang dan tebal, untuk memudahkannya mendayung. Ia mengamati bahwa dibutuhkan kayuhan lebih banyak untuk mengatasi kehilangan lengan kiri. Setelah berlatih sendiri untuk main selancar dengan satu lengan, pada tanggal 10 Januari 2004, ia mulai berlaga dalam pertandingan utama. Sekarang ia bertanding dengan papan pendek untuk pertandingan.

Pada bulan Juli 2004, Hamilton memenangkan Best Comeback Athlete ESPY Award (Atlit terbaik yang bertanding kembali).[2] She was also presented with a special "courage award" at the 2004 Teen Choice Awards.

Pada tahun 2005, Hamilton meraih juara pertama dalam National Scholastic Surfing Association (NSSA) National Championships, satu sasaran yang hendak dicapainya sebelum serangan ikan hiu. Pada tahun 2008, ia mulai bertanding penuh dalam Association of Surfing Professionals (ASP) World Qualifying Series (WQS). Dalam kompetisi pertamanya melawan banyak peselancar wanita terkemuka di dunia, ia meraih juara ke-2.

Media[sunting | sunting sumber]

Sejak serangan ikan hiu itu, Hamilton menjadi bintang tamu dalam berbagai pertunjukan televisi, termasuk The Biggest Loser, 20/20, Good Morning America, Inside Edition, The Oprah Winfrey Show, The Ellen DeGeneres Show, The Today Show dan The Tonight Show. Juga muncul dalam sejumlah majalah People, Time dan American Girl serta menjadi cerita sampul dalam edisi perdana majalah niNe.[3]

Pada tahun 2004, MTV Books menerbitkan buku otobiografinya "Soul Surfer: A True Story of Faith, Family, and Fighting to Get Back on the Board" (ISBN 0-7434-9922-0), yang menceritakan perjuangannya. Kisahnya juga diceritakan dalam satu film dokumentasi pada tahun 2007, Heart of a Soul Surfer, disutradarai oleh Becky Baumgartner. Digolongkan sebagai "dokumentasi berdasarkan iman", film itu menunjukkan keberanian dan iman Hamilton kepada Yesus Kristus setelah serangan ikan hiu serta mengikuti perjalanan rohaninya untuk mencari makna spiritual.[4][5]

Pada tanggal 7 Agustus 2009, ia menjadi salah satu kontestan dalam Are You Smarter Than a Fifth Grader? dan memenangkan $25,000. Pada tanggal 16 Mei 2010, ia muncul pada episode produksi ABC Extreme Makeover: Home Edition.

Pada bulan Maret 2011, Bethany membuat video untuk organisasi Kristen, "I Am Second", menceritakan pergumulannya setelah serangan ikan hiu dan bagaimana ia percaya kepada Allah untuk melewatinya.

Pada tanggal 8 April 2011, sebuah dokudrama film Soul Surfer, berdasarkan bukunya tahun 2004, diedarkan. Hamilton diperankan oleh AnnaSophia Robb— bersama bintang-bintang film Dennis Quaid, Helen Hunt, Craig T. Nelson, Carrie Underwood dan Kevin Sorbo. Hamilton melakukan semua adegan selancar bertangan satu di film itu.

Pada akhir pekan tanggal 20 Agustus 2011, Bethany menjadi pembicara tamu di Fellowship Church di Grapevine, Texas yang disaksikan oleh lebih dari 25.000 orang dalam 3 kali kebaktian yang ditayangkan di 5 kampus sekitar Dallas/Fort Worth metroplex dan di Miami, Florida.[6]

Pada tanggal 11 Oktober 2011, ia muncul dalam seri TLC 19 Kids and Counting, dalam episode berjudul "Duggars Under the Sea", di mana keluarga Duggar mengunjunginya di Atlanta, Georgia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About". Bethany's General Biography. BethanyHamilton.com. 2003. Diakses 2007-09-17. 
  2. ^ 2004 ESPY Awards: Best Comeback, ESPN.com, March 1, 2007
  3. ^ "Shark attack survivor discusses products and jewelry lines in new mag" Lanaly Cabali, The Garden Island, June 30, 2006.
  4. ^ "Heart of a Soul Surfer". Walking on Water. Diakses 2007-06-08. 
  5. ^ "Heart of a Soul Surfer: The Bethany Hamilton Movie". Diakses 2007-06-08.  Carrie Inderwood and AnnaSophia Robb star in the Soul Surfer (the movie dedicated to Bethany Hamilton and her story)
  6. ^ Video wawancara Pastor Ed Young dengan Hamilton dapat dilihat di situs gereja itu

Pranala luar[sunting | sunting sumber]