Bertrade dari Laon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Makam Bertrade dari Laon dan Pippin yang Pendek, Basilika Santo Denis.

Bertrade dari Laon, yang juga disebut Bertha yang Berkaki lebar (cf. Latin: Regina pede aucae i.e. ratu dengan kaki angsa), (antara 710 dan 727 – 12 Juli 783) merupakan seorang Ratu dari Kerajaan Franka. Ia dilahirkan di Laon, yang sekarang ada di Aisne, Perancis, putri Caribert. Ia menikah dengan Pippin yang Pendek, putra Charles Martel, "Majordomo" Suku Franka, pada tahun 740, meskipun serikat itu tidak kanonik sampai beberapa tahun kemudian. Sebelas tahun kemudian, pada tahun 751, Pippin dan Bertrade menjadi Raja dan Ratu Franka, diikuti oleh suksesnya Pippin merebut kekuasaan melawan raja suku Franka Merovingia.

Bertrade dan Pippin diketahui memiliki 4 orang anak, 3 putra dan 1 putri : yang di antaranya, Charles (Charlemagne), Carloman I, dan Gisèle hidup sampai dewasa, namun Pippin mati muda. Charlemagne dan Carloman akan mewarisi dua setengah dari kerajaan ayah mereka setelah wafat, dan Gisèle menjadi seorang biarawati.

Bertrade tinggal di istana putranya yang lebih tua Charles, dan menurut Einhard hubungan mereka sangat bagus. Ia merekomendasikannya untuk menikah dengan istri pertamanya, Desiderata, putri Raja Lombardia Desiderius, tapi ia segera menceraikannya. Einhard menyatakan bahwa ini hanya sebuah episode yang pernah menegang di antara ibu dan anak. Bertrade tinggal dengan Charlemagne sampai ia meninggal pada tahun 783; raja memakamkannya di Basilika Santo Denis dengan kehormatan besar.

Didahului oleh:
Clotilde
Ratu Franka
751–768
Diteruskan oleh:
Desiderata dan Gerberge