Bert Garthoff

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bert Garthoff (1958)

Bert Garthoff (9 September 1913 – 27 Juli 1997) adalah penyiar radio dan pembawa acara televisi Belanda.

Ia memulai karier kepenyiarannya pada tahun 1937 di NIROM, dan bertempat di Hindia Belanda (kini Indonesia). Ialah orang yang - setelah menyerahnya Belanda kepada Kekaisaran Jepang pada tanggal 8 Maret 1942 - memutuskan menyiarkan kata-kata "Kini kita berakhir. Selamat tinggal, sampai saat yang tepat. Hidup sang Ratu."

Hingga bulan September 1945, ia ditawan di kamp konsentrasi Jepang. Setelah perang, ia bekerja selama 5 tahun sebagai penyiar di Jakarta, dengan jeda setahun cuti ke Belanda. Setelah itu, ia sungguh-sungguh kembali ke Belanda. Selama 5 tahun, ia terikat kontrak dengan Radio Nederland Wereldomroep sebelum akhirnya pindah ke VARA pada tahun 1955.

Garthoff dikenal sebagai pembawa acara Dit is uw leven, versi Belanda untuk This Is Your Life, di mana (kurang lebih) seseorang yang terkenal menjadi pusat utama dan bertemu dengan teman dan anggota kerabatnya yang telah lama tidak berjumpa atau hilang. Ia membawakan acara itu di musim pertama versi radionya pada tahun 1957, dan 5 tahun setelahnya di versi TV-nya Anders dan anderen. Program radio itu kemudian tetap ada, dengan pembawa acara Letty Kosterman. Setelah bertahun-tahun, Garthoff menemukan formula baru (di akhirnya, akan datang anggota keluarga yang jauh dari Australia maupun Kanada) dan ia tetap mempertahankannya.

Program terkenal Garthoff antara lain acara alam Weer of geen weer, yang dibawakannya setiap Minggu pagi antara tahun 1955 hingga pensiunnya pada tahun 1978. Hal itu menjadikannya salah satu tokoh pertama yang menyita perhatian dengan mikrofonnya atas nilai alam dan pemandangan dan lingkungan. Oleh Garthoff, sering ditekankan di lingkungan kecil yang disebut "Efek Bert Garthoff". Seorang bintang tamu dalam acara radio ini, yang dihadirkannya bersama Leo de Beer (yang memberikan pilihan musik), adalah biolog Foppe Inne Brouwer dengan rubriknya Wat leeft en groeit en ons altijd weer boeit. Di musim dingin, program tersebut dinamai IJs en weder dienende. Setelah pensiunnya Garthoff, program tersebut digantikan oleh Vroege Vogels.

Sebagai tanda penghargaan atas fakta bahwa ia adalah salah satu tokoh yang meminta perhatian pertama kali lewat mikrofon dan perhatiannya untuk lingkungan, ia dapat meletakkan batu pertama pada tanggal 7 September 1978 di suaka margasatwa untuk anjing laut milik Lenie 't Hart di Pieterburen, De Marne.

Bert Garthoff menerbitkan sejumlah buku, antara lain mengenai alam, seperti Zomaar wat zwerven, Natuur zien-inzien-ontzien, Vogel van de week, dan Weer of geen weer.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]