Bernardo Tolomei

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Saint Bernardo Tolomei
Blessed Bernardo Tolomei, oleh Stefano Bolognini
Lahir 1272, Siena di Tuscany
Wafat 1348
Dihormati di Katolik Roma
Dibeatifikasikan 1634 oleh Pope Urban VIII
Dikanonisasikan 26 April 2009, St. Peter's Square oleh Paus Benediktus XVI
Hari peringatan 19 Agustus (Ordo St. Benediktus)

Saint Bernardo Tolomei (1272 - 1348) adalah seorang teologian dari Italia, pendiri Kongregasi Perawan Terberkati Monte Oliveto. Dalam Martirologi Roma, dia diperingati pada 20 Agustus. Bernardo Tolomei dikanonisasi oleh Paus Benediktus XVI pada 26 April 2009.

Giovanni Tolomei dilahirkan di Siena, Tuscany. Dia mengambil nama "Bernard" (bahasa Italia Bernardo) karena menghargai Abbot dari Clairvaux. Dia dibimbing oleh pamannya, Christopher Tolomeo, seorang Dominikan, dan ingin masuk ke dalam kehidupan keagamaan namun ayahnya menentangnya, dan dia melanjutkan pelajarannya dalam lingkungan sekuler. Setelah menyelesaikan pelajaran filosofi dan matematika dia mendalami bidang hukum kemasyarakatan dan kanon, dan teologi. Untuk beberapa waktu Bernardo bertugas dalam angkatan bersenjata Rudolph I dari Jerman. Setelah dia kembali ke Siena dia ditugaskan oleh penduduk ke dalam posisi tertinggi dalam pemerintahan kota. Selagi bertugas dia mengalami kebutaan. Namun penglihatannnya pulih, ini dipercayai karena intervensi Bunda Maria, dia pensiun pada 1313 ke tempat terpencil sekitar 10 mil dari Siena, di mana dia menjalani hidup sangat sederhana.

Karena pandangan moralnya yang tinggi dia menarik banyak pengunjung, dan Bernardo dituduh menjalani ajaran sesat. Dia pergi ke Avignon untuk membersihkan namanya dari tuduhan tersebut dengan menghadap ke Paus Yohanes XXII tanpa kesulitan. Pada saat dia kembali dia mendirikan kongregasi Perawan Terberkati Monte Oliveto (Olivetan), memberikan Aturan St. Benediktus. Tujuan dari institusi ini adalah devosi terhadap Perawan Maria. Guido, Uskup Arezzo mengkonfirmasi konstitusinya pada 1319, dan banyak permohonan dikabulkan oleh Paus Yohanes XXII, Clement VI (1344), dan Gregorius XI. Pada saat munculnya plak di distrik Arezzo, Bernardo dan para biarawan mendevosikan diri mereka untuk merawat para penderita. Karena aksi mereka ini, Bernardo dan beberapa rekan Olivetian tertular penyakit ini.

Setelah memimpin kongregasinya selama 27 tahun; Bernardo meninggal, pada umur 76. Kematiannya menghasilkan banyak mukjizat dan kongregasinya menjadi sekolah para santo. Pada 1634 dia diBeatifikasi oleh Kongregasi Rite.

Bernardo Tolomei dikanonisasi pada 26 April 2009 oleh Paus Benediktus XVI