Bernhard II dari Sachsen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bernard II, Adipati Sachsen)
Langsung ke: navigasi, cari
Bernhard II
Adipati Sachsen
Masa kekuasaan 1011–1059
Pendahulu Bernhard I
Pengganti Ordulf


Bernhard II (lahir tahun 99529 Juni 1059) merupakan Adipati Sachsen (1011–1059), yang ketiga dari Wangsa Billung, putra Bernhard I dan Hildegard. Ia memiliki hak-hak seorang comte di Frisia.

Bernhard mengembangkan kekuasaan adipati Sachsen dan dianggap sebagai yang terbaik di Billung. Ia awalnya adalah seorang pendukung Heinrich II, Kaisar Romawi Suci dan ia menemaninya ke Polandia dan menegosiasikan Traktat Bautzen pada tahun 1018. Pada tahun 1019–1020, ia memberontak dan mendapatkan pengakuan dari hukum-hukum suku di Sachsen, sesuatu yang ayahnya gagal mencapainya. Ia kemudian kembali berperang dengan Slavia (Obodrites dan Lutici) dan menarik mereka ke dalam lingkup kekuasaan dan pengaruh lewat pemimpin mereka, Godescalc (Gottschalk).

Ia mendukung Konrad II pada tahun 1024 dan putranya Heinrich III, meskipun ia mulai khawatir akan kedekatannya dengan Uskup Agung Adalbert dari Bremen, musuh bebuyutan adipati Sachsen. Meskipun ia adalah seorang sekutu Dane yang kritikal, begitu mendasar untuk perang Henry di de Lage Landen, Bernard berada di ambang pemberontakan sampai kematian Adalbert. Namun sisa dari pemerintahannya terhitung damai.

Pada tahun 1045, ia membangun Alsterburg di Hamburg. Ia wafat pada tahun 1059 dan digantikan oleh Ordulf. Ia dimakamkan di Gereja Santo Mikail di Lüneburg.

Keturunan Bernhard II, Adipati Sachsen dan Eilika dari Schweinfurt[sunting | sunting sumber]

Bernhard II, Adipati Sachsen menikahi Eilika dari Schweinfurt, putri Heinrich dari Schweinfurt. Mereka memiliki keturunan sebagai berikut :

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • The Royal Ancestry Bible Royal ancestors of 300 American Families By Michel L. Call ISBN 1-933194-22-7 (chart 1557)
  • Per Frederick Lewis Weis' Ancestral Roots of Certain American Colonists Who Came To America Before 1700 (7th ed.), Gertrude is not a daughter of Elica von Schweinfurt, but of an unnamed 2nd wife.
Didahului oleh:
Bernhard I
Adipati Sachsen
1011–1059
Diteruskan oleh:
Ordulf