Berengar dari Gascony

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Berengar (bahasa Perancis: Bérenger atau Bélenger, bahasa Latin: Berengarius atau Belengarius, bahasa Spanyol: Berenguer) merupakan putra sulung Alausia, putri Sancho VI dari Gascony, dan Hilduin, Pangeran Angoulême. Ia menjadi pewaris atas Wilayah Adipati Gascony setelah kematian Sancho pada tahun 1032.

Ia segera ditentang oleh sepupunya Odo atau bertindak sebagai wali atas namanya. Atau, ia sepertinya berkuasa sampai kematiannya pada tahun 1036, ketika Odo menggantikannya.[1]

Di dalam sebuah piagam tanggal pada episkopat dari Geoffrey dari Bordeaux, Berengar muncul sebagai Belengarius comes Vuasconiçe ac burdegalensis provinçie.[2] Beberapa orang berusaha mengidentifikasikannya dengan Berenguer Ramon I, Pangeran Barcelona, yang menikah dengan saudari Sancho Sancha (atau Garcie), namun hal ini tidak mungkin.

Meskipun ia hanya bergelar pangeran dalam hal ini dan di dalam buku catatan Sain-Seurin,[3]piagam itu berisi sebuah tempat berbentuk belah ketupat untuk melampirkan segel di kanan bawah, menyiratkan bahwa ia memerintah dengan haknya sendiri sebagai adipati. Ia mendermakan seluruh wilayah Cadaujac beserta dependensinya pada sebuah gereja di Bordeaux, yang tampaknya masih sebagai bagian dari Gascony pada saat itu.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ FMG
  2. ^ Higounet, p 104. "Berengar, count of Gascony and the province of Bordeaux." Higounet calls him "pseudo-Bérenger."
  3. ^ Higounet, p 107 n93. He appears, out of order, alongside other Gascon dukes — Sancho, Odo, and William — as Vasconie comites.

Sumber[sunting | sunting sumber]