Bentoel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bentoel
Jenis produkRokok kretek
PemilikBritish American Tobacco
ProdusenPT Bentoel Prima
PT Djirak Bukit Abadi Tembakau
PT Adhitama Sejahtera Abadi
PT Adhitama Sejahtera Alami
PT RAJA
NegaraIndonesia
Diluncurkan1935; 89 tahun lalu (1935)
PasarIndonesia
Pemilik sebelumnyaPT Bentoel Group
JargonA Better Tommorow
Situs webhttp://www.bentoelgroup.com/

Bentoel merupakan sebuah merek rokok kretek di Indonesia yang diproduksi oleh PT Bentoel Group yang dahulu diperkenalkan oleh Ong Hok Liong, sebagai pendiri dari Pabrik Rokok Tjap Bentoel pada tahun 1935, yang sebelumnya menggunakan merk Turki sebagai produk merek mereka. Kala itu, pabrik rokok Bentoel memproduksi rokok kretek merk Bentoel yang berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur. Hingga akhirnya, produk kretek mereka mulai diminati masyarakat secara luas. Mulai dari Bentoel Rawit, Ali, Shinta, dan merk Bentoel lainnya.

Sebelum memasuki tahun 1990-an, Bentoel mencoba menghadirkan produk kretek dengan menggunakan mesin dan menjadi pelopor kretek mesin pertama di Indonesia. Dan hadirlah produk Bentoel Biru yang sebelumnya bernama Bentoel International, yang menjadi produk populer dan sampai saat ini, masih diminati para konsumen.

Tahun 2002, Bentoel meluncurkan ulang Bentoel International dengan nama Bentoel Sensasi dengan menghadirkan dua Sigaret Kretek Mesin Reguler (Bentoel Sensasi Klasik dan Bentoel Sensasi Prima) dan satu Sigaret Kretek Tangan (Bentoel Sensasi Sejati). Pada tahun 2006, Bentoel Sensasi Prima dihentikan penjualannya. Di tahun yang sama, Bentoel Sensasi Sejati berganti nama menjadi Bentoel Sejati (atau yang juga disebut Sejati, pada tahun 2019 namanya diganti kembali menjadi Bentoel SJT). Pada tahun 2007, Bentoel Sensasi Klasik berganti nama menjadi Bentoel Biru.

Hingga pada Juni 2009, PT Bentoel Group diakusisi dan sudah menjadi bagian dari salah satu anggota dari British American Tobacco Group, kelompok usaha tembakau terbesar kedua di dunia berdasarkan pangsa pasar global yang beroperasi di lebih dari 180 negara, yang memiliki berbagai merek rokok putih di dunia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]