Benjamin Glazer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Benjamin Glazer (7 Mei 1887 – 18 Maret 1956) adalah seorang penulis latar, produser, artis foley, dan sutradara pada film-film Amerika dari 1920an sampai 1950an. Ia membuat terjemahan pertama dari sebuah permainan panggung buatan Ferenc Molnár yang berjudul Liliom ke dalam bahasa Inggris pada 1921. Terjemahannya digunakan dalam produksi Broadway asli, dalam versi film 1930, dan dalam setiap produksi dalam bahasa Inggris dari permainan panggung tersebut sampai sekarang. Film tersebut juga menjadi dasar pada libretto Carousel buatan Rodgers dan Hammerstein, serta permainan latar Phoebe dan Henry Ephron pada versi film 1956 dari musikal klasik tersebut.

Glazer lahir di Belfast, Irlandia, dalam sebuah keluarga Yahudi Hungaria.[1] Setelah berpindah ke Amerika Serikat, ia belajar di Sekolah Hukum Universitas Pennsylvania dan mengambil ujian kelulusan untuk menjadi pengacara pada 1906.

Glazer adalah salah satu anggota pendiri Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Ia dikenal karena memenangkan Oscar untuk film Seventh Heaven (1927) dan Arise, My Love (1941). Karya penulisan latar lainnya juga terdapat pada film The Merry Widow, Flesh and the Devil, Mata Hari, A Farewell to Arms, We're Not Dressing, dan Tortilla Flat.

Glazer juga menyutradarai satu film, Song of My Heart pada 1948, sebuah biografi dari Tchaikovsky yang sangat difiksionalisasikan.

Glazer menikah dengan aktris Sharon Lynn. Ia meninggal gagal jantung di Hollywood, pada usia 68 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The forgotten career of an Ulster Oscar winner". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-09-21. Diakses tanggal 2015-07-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]