Benedict Arnold

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Benedict Arnold
Benedict Arnold
Benedict Arnold
Lahir 14 Januari 1741
Norwich, Koloni Connecticut
Meninggal 14 Juni 1801 (umur 60)
London, Irlandia, Britania Raya
Tempat penguburan Gereja Santa Maria, Battersea, London
Dinas/cabang
Lama dinas
  • Milisi koloniak: 1757, 1775
  • Angkatan Bersenjata Kontinental: 1775–1780
  • Angkatan Bersenjata Britania Raya: 1780–1781
Pangkat
Komando
Perang

Perang Revolusi Amerika

Penghargaan Boot Monument
Tanda tangan


Benedict Arnold (14 Januari 1741[1] – 14 Juni 1801) adalah seorang jenderal yang awalnya bertempur untuk Angkatan Bersenjata Kontinental Amerika, namun kemudian berkhianat ke Angkatan Bersenjata Britania Raya. Selama menjadi jenderal Amerika, ia mengomando benteng West Point, New York, dan berencana untuk menyerahkannya ke Britania. Setelah rencananya terbongkar pada September 1780, ia ditugaskan menjadi brigadir jenderal di Angkatan Bersenjata Britania.

Lahir di Connecticut, Arnold adalah seorang pedagang yang mengoperasikan kapal di Samudra Atlantik selama perang pecah pada tahun 1775. Setelah bergabung dengan angkatan bersenjata di luar Boston, ia mampu menunjukkan keistimewaannya melalui kecerdasan dan keberaniannya. Ia merebut Benteng Ticonderoga pada tahun 1775, mempertahankan dan memperlambat musuh meskipun kalah dalam Pertempuran Pulau Valcour di Danau Champlain pada tahun 1776, terlibat dalam Pertempuran Ridgefield, membantu menyelamatkan Benteng Stanwix yang sedang dikepung, dan tindakan-tindakan penting selama Pertempuran Saratoga pada tahun 1777.

Namun, ia tidak dipromosikan oleh Kongres Kontinental, sementara perwira-perwira lain mengklaim bahwa mereka berjasa atas beberapa pencapaian Arnold.[2] Lawan militer dan politiknya menuduhnya melakukan korupsi dan kejahatan jabatan lainnya, namun begitu diperiksa ia biasanya dibebaskan. Kongres memeriksa akunnya dan menemukan bahwa ia berhutang kepada Kongres meskipun telah menghabiskan banyak uangnya selama perang. Karena kesal dan frustrasi, ia memutuskan untuk berkhianat pada tahun 1779, dan melakukan negosiasi rahasia dengan Britania. Pada Juli 1780, ia memperoleh komando atas West Point. Rencana Arnold untuk menyerahkan benteng tersebut kepada Britania terbongkar saat tentara Amerika menangkap Mayor John André yang membawa kertas yang berisi rencana tersebut. Begitu mengetahui bahwa André telah ditangkap, Arnold melarikan diri ke kapal Vulture, dan hampir ditangkap oleh tentara George Washington.

Arnold ditugaskan sebagai brigadir jenderal dalam Angkatan Bersenjata Britania Raya, memperoleh pensiun tahunan sebesar £360, dan uang sebanyak lebih dari £6.000.[3] Ia memimpin serangan ke Virginia, dan hampir menangkap Thomas Jefferson. Arnold juga menyerang New London dan Groton, Connecticut, sebelum perang berakhir akibat kemenangan Amerika di Yorktown. Pada musim dingin tahun 1782, Arnold pindah ke London dengan istri keduanya, Margaret "Peggy" Shippen Arnold. Ia diterima dengan baik oleh Raja George III dan faksi Tories, namun tidak disukai oleh faksi Whigs. Pada tahun 1787, ia memulai bisnis perdagangan bersama dengan anaknya Richard dan Henry di Saint John, New Brunswick, namun kembali ke London untuk menetap secara permanen pada tahun 1791 hingga akhir hayatnya sepuluh tahun kemudian.

Karena ia berkhianat, di Amerika Serikat namanya menjadi pameo untuk pengkhianatan.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]